universitas terbaik di Indonesia

8 Universitas Terbaik di Indonesia, Tahukah Kamu?

8 Universitas Terbaik di Indonesia – Apa Whizmate sudah tahu kalau Indonesia punya universitas terbaik? Bulan Juni lalu, Times Higher Education (THE) merilis daftar universitas terbaik dunia untuk tahun 2022 ini melalui THE Asia University Rankings 2022. Ada universitas dari Indonesia, loh!

Pada dasarnya, THE Asia University Rankings 2022 dibuat untuk menyusun nama-nama universitas terbaik di Asia. Mereka menerapkan parameter penilaiannya melalui lima kelompok penilaian dengan bobot tertentu. 

Kelima penilaian tersebut antara lain survei kualitas pengajaran (25%), penerapan penelitian mahasiswa (30%), sitasi sebagai bentuk kontribusi universitas dalam menghasilkan jurnal (30%), penilaian internasional (7,5%), dan capaian di dunia industri (7,5%).

Kita bisa melihat kalau penilaiannya cukup ketat, ya. Kira-kira, apa sajakah universitas terbaik yang berasal dari Indonesia? Untuk selengkapnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 7 Jurusan Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar


8 Universitas Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

universitas indonesia
Sumber: Detikcom

Pada posisi pertama, ada Universitas Indonesia. Kampus yang juga dikenal sebagai kampus Depok. Bahkan, UI mengalahkan King Mongkut’s University of Technology Thonburi dan Vietnam National University. 

Berdasarkan THE Asia University Rankings, bidang yang unggul dari UI yaitu pengajaran. Buktinya, UI berhasil berada di posisi ketiga di Asia Tenggara setelah NUS dan Nanyang Technological University, Singapore.

Banyak orang yang mengatakan bahwa masuk UI merupakan hal yang sulit. Nyatanya memang benar. Sebagai kampus bergengsi, banyak yang berlomba-lomba untuk menjadi mahasiswa UI. Hal itu membuat persaingannya cukup ketat.

Rata-rata skor yang dibutuhkan untuk masuk UI jalur SBMPTN jurusan Saintek yaitu 665,86. Sementara itu, untuk jalur soshum sebesar 690,02.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

institut teknologi bandung
Sumber: itb.ac.id

Setelah UI, peringkat kedua ditempati oleh ITB. Sama seperti UI, ITB juga diunggulkan dalam bidang pengajarannya. ITB juga dikenal sebagai kampus yang memiliki jurusan teknik terbaik.

Dengan keunggulan tersebut, ITB lebih memfokuskan subjek-subjek pengajarannya di bidang teknik. Hal itu membuat banyak orang berlomba-lomba untuk bisa belajar di sana. 

Perguruan tinggi ini juga dikenal sebagai kampus yang menerapkan adanya penilaian tes setelah penetapan sebagai mahasiswa. Hal itu membuktikan bahwa ITB memang menerapkan pengajaran yang ketat dan sistematis. Dengan begitu, kualitas pembelajarannya tidak diragukan lagi.

Untuk masuk ITB, setidaknya kamu harus mencapai nilai 656,61 untuk saintek dan 682,30 untuk jalur soshum. Wah, cukup tinggi ya.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

universitas pendidikan indonesia
Sumber: SINDOnews

Universitas yang berlokasi di Bandung ini peringkatnya kian melesat. Bahkan, kampus ini sudah mengantongi akreditasi A. Tak heran, UPI pernah mendapatkan penghargaan internasional. Salah satunya menjadi top 300 universitas di bidang pendidikan oleh QS World University Ranking 2020.

Banyak yang mengatakan jika berkuliah di UPI berarti harus menjadi guru. Well, hal itu tidak sepenuhnya benar, loh. Sebab, menjadi guru atau tidak, itu menjadi keputusan diri sendiri. Jadi, walaupun banyak jurusan pendidikan di UPI, tetapi tidak lantas membuatmu wajib menjadi guru, ya.

Jika kamu ingin berkuliah di UPI, setidaknya kamu setidaknya memiliki nilai rata-rata minimal sebesar 630,26.

4. Universitas Airlangga (Unair)

universitas airlangga
Sumber: Gramedia.com

Selanjutnya, ada Universitas Airlangga (Unair) yang berlokasi di Surabaya. Selain meraih peringkat dari THE Asia University Rankings, kampus ini juga masuk ke dalam nominasi THE Asia Awards, loh. Bahkan, Unair berhasil menjadi kandidat pemenang dalam kategori Excellence and Innovation in the Arts.

Jika UI dan ITB unggul dalam bidang pengajaran, Unair lebih unggul dalam bidang sosial budaya. Hal itu dilaksanakan dalam bentuk berbagai rancangan program universitas. Dengan demikian, Unair harus terus konsisten dan meningkatkan kualitasnya..

Untuk berkuliah di Unair, setidaknya kamu harus memiliki nilai rata-rata 633,20 untuk jurusan saintek dan 645,83 untuk soshum.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

universitas gajah mada
Sumber: CNN Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan kampus yang satu ini? Kampus yang terletak di Yogyakarta ini sering kali dibandingkan dengan UI. Pasalnya, peringkat mereka kerap bersaing. Oleh sebab itu, kualitas UGM dan UI dijadikan sebagai parameter kualitas bagi universitas lain.  Bahkan, UGM sempat menjadi peringkat ke-4 sebagai kampus terbaik di Asia Tenggara. 

Tak hanya itu, Universitas Gadjah Mada juga pernah menjadi peringkat ke-57 perguruan tinggi se-Asia versi QS Asia University Rankings pada 2020 tahun lalu. Dengan kata lain, UGM pernah mengalahkan UI yang saat itu hanya berada di peringkat ke-59 se-Asia.

Untuk berkuliah di sana, setidaknya kamu membutuhkan nilai rata-rata SBMPTN sebesar 645,94 untuk jurusan saintek dan 680,49 untuk jurusan soshum.

6. Universitas Hasanuddin (Unhas)

universitas hasanuddin
Sumber: Identitas Unhas

Kampus yang terletak di Makassar ini merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 

Tak tanggung-tanggung, pertumbuhan universitas ini cukup membanggakan. Pada tahun 2022, Unhas berhasil meraih peringkat ke-351 universitas terbaik di Asia berdasar QS Asia University Rankings. Di Indonesia, Unhas menempati peringkat ke-13 sebagai universitas terbaik. 

Hal ini membuktikan bahwa Unhas pantas menjadi salah satu universitas terbaik. Bahkan, Unhas memiliki 40 program studi yang sudah terakreditasi secara internasional. Dengan demikian, Unhas layak untuk menjadi salah satu universitas yang diidam-idamkan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk berkuliah di sini, setidaknya kamu memiliki nilai SBMPTN dengan rata-rata minimal 628,81.

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)

institut pertanian bogor
Sumber: TribunBogor Wiki

Kampus yang satu ini dikenal sebagai kampus terbaik di bidang pertanian. Buktinya, IPB menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia sebagai 45 besar peringkat universitas terbaik di bidang pertanian. Hal itu dirilis oleh lembaga QS WUR Subject 2022.

IPB juga termasuk ke dalam sepuluh besar kampus terbaik di bidang pertanian dan kehutanan. Jadi, kampus ini memang sudah tidak diragukan lagi di bidang pertaniannya. Untuk bisa menjadi mahasiswa IPB, setidaknya kamu harus memperoleh nilai rata-rata SBMPTN sebesar 603,18.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

universitas sebelas maret
Sumber: Suara Merdeka Solo

Tahun ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) mencatatkan rekor baru. Untuk pertama kalinya, universitas ini masuk ke dalam Times Higher Education (THE) Asia University Rankings. Bahkan, UNS berada di peringkat 401–500 Asia. 

Pencapaian ini tentu menjadi suatu hal yang membanggakan. Bahkan, jumlah peminat UNS meningkat sebesar 6,75% (3.375 peminat).

Di tahun 2021, terdapat 49.983 peserta dan meningkat sebanyak 53.358 peserta pada tahun 2022. Dengan meningkatnya peminat UNS, Angka Keketatan Persaingan (AKP) SBMPTN UNS juga ikut meningkat. Untuk menjadi mahasiswa UNS, nilai rata-rata SBMPTN diharuskan untuk setidaknya mencapai 631,87.

Baca Juga: 5 Cara Mengerjakan Tugas dengan Efektif: Wajib Tahu!


Nah, itulah 8 universitas terbaik versi Times Higher Education (THE). Pada dasarnya, semua universitas memiliki kualitas yang baik. Secara umum, setiap institusi pendidikan pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan edukasi pada semua anak bangsa.

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU!