bagaimana cara menentukan ide pokok

Sulit Memahami Ide Pokok? Ikuti Cara Ini!

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok – Pernahkah kamu mempelajari tentang ide pokok? Jika pernah, apa kamu sudah benar-benar memahaminya?

Ide pokok menjadi salah satu materi yang dipelajari dari berbagai tingkatan sekolah. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Materi ini biasanya sering ditanyakan dalam ujian tengah maupun akhir semester.

Untuk memahami ide pokok, tentunya kamu harus mengerti terlebih dahulu tentang definisinya. Untuk itu, yuk baca selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Cara Mengelola Stress Dan Emosi Negatif Dalam Diri


Apa Itu Ide Pokok?

Tahukah kamu arti dari ide pokok? Ide pokok merupakan topik pembahasan di dalam suatu paragraf. Menurut istilahnya, ide pokok sering disebut dengan gagasan utama. Letaknya dapat di awal, akhir, awal dan akhir, maupun di semua bagian paragraf.

Ketika menemui sebuah tulisan, apa pun bentuknya, kamu pasti juga akan menemukan ide pokok di dalamnya. Sebab, ide tersebut merupakan awal terbentuknya suatu tulisan.

Misalnya, kamu menemukan artikel tentang harga cabai yang naik. Kemudian, dijelaskan pula faktor penyebab dan akibat dari kenaikan harga itu. Nah, gagasan utama pada tulisan tersebut yaitu kenaikan harga cabai. Sementara itu, faktor penyebab dan akibatnya dijadikan sebagai kalimat penjelasnya.

Ide pokok terdiri dari berbagai macam, loh. Berdasarkan letak atau posisi ide pokoknya, ada empat macam paragraf, yaitu paragraf deduktif, induktif, campuran, dan deskriptif.

Paragraf deduktif diartikan sebagai paragraf yang gagasan utamanya ada di awal tulisan. Alhasil, tulisannya pun menjadi berpola khusus-umum. Sementara itu, paragraf induktif memiliki gagasan utama yang berada di akhir tulisan sehingga tulisan berpola umum-khusus. Ada juga paragraf campuran sebagai wujud perpaduan paragraf induktif dan deduktif. Terakhir, ada paragraf deskriptif yang meletakkan gagasan utama di seluruh bagian tulisan.


Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok?

cara menentukan ide pokok

Lalu, bagaimana cara menentukan ide pokok? Yuk, simak beberapa cara berikut ini!

1. Menentukan Kalimat Utama atau Kata Kunci

Untuk menemukan ide pokok, kamu bisa menggunakan teknik membaca cepat. Dengan begitu, kata kunci atau kalimat utamanya akan terlihat.

Kalimat utama dapat dijadikan suatu kunci dari ide pokok sebuah tulisan. Sebab, kalimat utama pasti menjadi kalimat yang akan dijelaskan lebih dalam oleh kalimat lainnya. Kamu bisa mengenalinya dengan kata-kata yang sering digunakan di sepanjang paragraf.

2. Membaca Tulisan dengan Cermat dan Teliti

membaca tulisan dengan cermat dan teliti

Cara yang satu ini tidak boleh ditinggalkan, loh. Pasalnya, membaca dengan cermat dan teliti menjadi suatu kunci untuk memahami topik bacaan.

Alih-alih membacanya dengan cepat, kamu dapat membacanya pelan-pelan. Dari sini, kamu bisa menemukan kalimat utama sekaligus kalimat penjelasnya.

Bacalah paragraf dari awal hingga akhir. Cermati kalimat di setiap paragraf. Kemudian, temukan kalimat yang mengandung ide pokok. Biasanya, kalimat tersebut akan menjadi payung utama bagi kalimat-kalimat selanjutnya.

3. Menentukan Jenis Paragraf

Penjelasan sebelumnya, yaitu mengenai macam-macam ide pokok, bisa kamu gunakan untuk mencari ide pokok suatu tulisan. Dengan mengategorikan jenis paragraf, kita juga bisa mengetahui posisi ide pokok di dalam sebuah tulisan.

Setelah membaca suatu tulisan, kamu akan sadar bahwa ada satu kalimat yang merangkum keseluruhan topik.

4. Tandai Ide Pokok

tandai ide pokok

Setelah menemukan ide pokok, kamu dapat menandainya dengan stabilo maupun pulpen. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi lupa atau terdistraksi dengan kalimat-kalimat lain.

Dengan menandai tulisan, kamu juga menjadi tidak perlu repot-repot untuk membaca keseluruhan teks. Namun, kamu bisa hanya dengan membaca tulisan-tulisan yang sudah ditandai.

5. Mencatat Informasi Penting dari Bacaan

Selain menandai ide pokok, kamu juga bisa mencatat informasi yang menurutmu penting. Dengan mencatatnya, kamu bisa menemukan kata kunci yang ada dalam bacaan tersebut, yaitu dengan melihat kata maupun bahasan yang kerap kali dibicarakan.

Dengan demikian, kamu menjadi lebih mudah untuk menemukan ide pokoknya yang ada di awal, akhir, awal dan akhir, maupun di keseluruhan paragraf.

Baca Juga: Ini Dia 10 Kewajiban Sebagai Anak Di Rumah


Itulah beberapa cara untuk menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan. Semoga dengan menerapkan cara-cara tersebut, kamu tidak bingung lagi, ya!

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU