masalah keuangan dalam rumah tangga

Masalah Keuangan Rumah Tangga, Apa Sebabnya ya?

Masalah Keuangan Rumah Tangga – Dalam berumah tangga, tentu Anda akan menemukan sebuah masalah. Salah satu masalah tersbeut dapat berwujud sebagai masalah keuangan. Seberapa saying dan cintanya Anda dengan pasangan dan anggota keluarga Anda, masalah keuangan tetapi bsia muncul secara tidak terduga.

Akan tetapi, permasalahan tersbut tidak tanpa adanya solusi. Demi menjaga keharmonisan dan kesehatan finansial rumah tangga, ada baiknya parents mengetahui dulu berbagai penyebab masalah keuangan rumah tangga, nih. Aplikasi Keuangan Whiz sudah merangkumnya untuk kamu. Yuk, simak!

Baca Juga: Mengajarkan Tanggung jawab Anak


Penyebab Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga dan Cara Mengatasinya

#1 Gaya Hidup yang Berbeda

Setiap individu tentu bisa memiliki gaya hidup yang berbeda. Sebelum berumah tangga dengan pasangan Anda, mungkin gaya hidup tidak menjadi masalah karena kalian masih tinggal di rumah masing-masing.

Akan tetapi, masalah ini akan mulai terlihat ketika Anda sudah tinggal bersama dengan pasangan. Gaya hidup yang berbeda atau mungkin kontras dengan satu sama lain dapat menjadi salah satu penyebab maslaah keuangan. Salah satu konsekuensi dari pernikahan dan berumah tangga adalah Anda dan pasangan harus berkompromi mengenai hal tersebut.

Sebaiknya Anda bicarakan dengan pasangan Anda mengenai gaya hidup masing-masing. Bagian apa dari gaya hidup tersebut yang bisa kalian kompromi dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan rumah tangga.

#2 Jumlah Pendapatan yang Timpang

Terkadang, seorang pasangan bisa merasa terbebani atau merasa rendah diri karena pendapatan yang mereka peroleh lebih rendah dibandingkan dengan pasangannya. Perasaan tersebut bisa dirasakan baik oleh istri maupun suami.

Rasa terbebani dan rendah diri tersbut bisa menjadi sumber permasalahan. Oleh karena itu, komunikasi yang baik dan terbuka dapat membantu Anda dan pasangan dalam menghindari konflik mengenai pendapatan ini.

#3 Membandingkan Keuangan Rumah Tangga dengan Orang lain.

Membandingkan keadaan diri dengan orang lain, dalam konteks apapun, dapat menciptakan konflik dan permasalahan. Tidak terkecual membandingkan keuangan rumah tangga Anda dengan orang lain.

Perlu dipahami bahwa keadaan sosial dan ekonomi setiap rumah tangga tentu berbeda. Kebiasaan ini dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri pasangan Anda, bahkan dapat berpengaruh buruk terhadap kemampuan pasangan mencari uang.

Oleh karena itu, kebiasaan buruk ini patut dihindari, dan berusahalah bersama dengan pasangan Anda mengenai bagaimana cara menaikkan kualitas hidup keluarga dengan mencari sumber pendapatan baru atau mengubah gaya hidup keluarga untuk menjaga kesehatan finansial dan keharmonisan rumah tangga Anda.

#4 Tidak Memiliki Rencana Keuangan

masalah keuangan dalam rumah tangga

Rencana keuangan dalam rumah tangga adalah hal yang penting dilakukan. Dengan memiliki rencana keuangan, kondisi finansial rumah tangga dapat menjadi lebih sehat dan stabil. Jika rencana keuangan yang dimiliki tidak baik atau tidak sesuai dengan kemampuan keluarga, beberapa kebutuhan penting yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi.

Mulailah menghitung pendapatan dan pengelauran yang dimilik Anda dan pasangan setiap bulannya. Buatlah anggaran yang baik dan ikutilah anggaran tersebut secara konsisten untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Rencana keuangan ini harus dibicarakan dengan pasangan Anda dengan baik dan detil untuk menghindari kesalahpahaman dan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasanga Anda.

Baca juga: 7 Tips Memilih Aplikasi Keuangan yang Terpercaya

#5 Tidak Jujur Mengenai Kondisi Keuangan

Memiliki utang atau tabungan tersembunyi akan menjadi sumber konflik dan permasalahan dalam keuangan rumah tangga Anda.

Tentu memiliki tabungan sendiri walaupun sudah berumah tangga adalah hal yang baik. Akan tetapi, menyembunyikannya dari pasangan Anda bukanlah merupakan hal yang bijak dilakukan. Jadilah orang yang transparan dengan pasangan Anda. Memiliki tabungan sendiri bukanlah hal yang buruk. Bicarakan dengan baik kepada pasangan Anda mengenai alasan dan tujuan Anda memiliki tabungan pribadi.

Selain itu, memiliki utang tersembunyi juga bukan merupakan hal yang bijak dilakukan. Perilaki konsumtif, berjudi, atau kesalahan investasi bisa menghasilkan utang yang tidak sedikit jumlahnya. Dari pada menyembunyikannya dari pasangan, Anda sebaiknya membicarakan dan menjelaskannya kepada pasangan Anda. Menghadapi beban keuangan bersama tentu akan terasa lebih mudah dibandingkan dnegan menghadapinya sendiri.


Jika dibicarakan dengan baik dan berperilaku terbuka dengan apsangan Anda, masalah keuangan rumah tangga dapat dihindari dengan baik juga. Perlu diingat juga, ketika sudah berumah tangga, kesalahan dalam keuangan dapat berpengaruh juga kepada keluarga Anda. Oleh karena itu, bijaksana dalam mengatur keuangan menajdi hal yang sangat penting dalam menjaga kesejahteraan dan kebahagiaan rumah tangga Anda.

Untuk membantu Anda and pasangan dalam mengatur keuangan, terlebih lagi mengatur keuangan Anak, Aplikasi Keuangan Whiz memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan proses tesebut!

AYO DAFTAR DI APLIKASI WHIZ!