7 Manfaat Laporan Keuangan: Harus Tahu!

Manfaat Laporan Keuangan – Dalam mengelola keuangan, terdapat satu hal krusial yang harus dibuat. Hal tersebut adalah laporan keuangan. Dilansir dari Majoo.id, “laporan keuangan adalah ringkasan dari proses pencatatan dari berbagai transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode tertentu.”

Untuk mengelola keuanganmu, baik untuk pribadi maupun perusahaan, kamu harus membuat laporan keuangan. Laporan keuangan berisi pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan pada periode batasanmu. 

Dengan membuat laporan keuangan, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu, kamu harus mengetahui manfaatnya agar lebih semangat lagi dalam mencatat. Lalu, apa sajakah manfaat laporan keuangan? Yuk, ketahui dengan simak penjelasan berikut ini!


Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dan Manfaatnya

7 Manfaat Laporan Keuangan

manfaat laporan keuangan

1. Alur Keuangan Jelas

Saat membuat laporan keuangan, kamu menulis pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan dalam satu periode. Semua jenis transaksi pun ditulis dalam laporan keuangan. Karena itu, kamu dapat melihat semua catatannya, ke mana uangmu pergi, dan dari mana uangmu didapat.

Dengan begitu, alur keuanganmu jelas. Kamu mengetahui semua jenis transaksi yang kamu lakukan. Tidak ada transaksi yang tidak tercatat. Keuanganmu pun menjadi lebih terkontrol!

2. Memudahkan Pengaturan Keuangan

Dalam mengelola keuangan, kebutuhanmu setiap harinya berbeda-beda. Dengan adanya laporan keuangan, kamu dapat mengatur keuanganmu untuk kebutuhan tertentu. Kebutuhan konstanmu pun juga dapat lebih teratur dengan adanya laporan keuangan. Karena semua tercatat, perencanaan keuanganmu pun akan lebih mudah dibuat!

3. Pengambilan Keputusan Keuangan Menjadi Mudah

Walaupun kamu sudah menetapkan pengeluaran konstan untuk kebutuhan atau keinginanmu, terkadang ada hal yang mendesak dan membutuhkan uang. Dengan memiliki laporan keuangan, kamu dapat membuat keputusan yang tepat untuk keperluan mendadak 

4. Untuk Mendapatkan Ide Baru dalam Mengelola Keuangan

Saat mencatat laporan keuangan, semua jenis transaksi tercatat dengan rapi. Karenanya, kamu dapat memperhitungkan bagaimana alur keuanganmu ke depannya. Ini membuat kamu dapat memiliki ide baru tentang bagaimana pengelolaan uangmu yang menurutmu bisa lebih baik atau lebih sesuai dengan kondisimu. 

5. Sebagai Rem agar Tidak Kebablasan

Laporan keuangan mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaranmu. Saat kamu terlalu banyak mengeluarkan uang, apalagi untuk hal yang sebenarnya belum penting untukmu, transaksinya mau tidak mau tercatat juga. Apabila kamu melihat pengeluaranmu tidak sebanding dengan pemasukan, pasti ada rasa ingin hemat.

Jadi, dengan adanya catatan laporan keuangan, kamu dapat lebih menahan diri mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Kamu jadi lebih hemat, keuanganmu pun akan lebih sehat!

6. Bentuk Tanggung Jawab terhadap Keuangan

Laporan keuangan yang berisi catatan transaksi pastinya dibuat sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keuangan. Hal ini berlaku untuk bisnis, perusahaan, maupun pribadi. Saat keuangan dikelola untuk banyak orang, laporan keuangan menjadi transparansi yang harus diketahui ke mana alurnya agar tidak terjadi kecurigaan.

Apabila laporan keuanganmu untuk pribadi, catatan tersebut adalah bentuk tanggung jawabmu terhadap dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu dapat terbiasa rapi, terencana, dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk dirimu sendiri.

7. Sebagai Evaluasi Keuangan

Laporan keuangan tentunya berguna sebagai evaluasi. Dengan adanya pencatatan transaksi, alur keuangan dapat terlihat jelas. Pada bisnis dan perusahaan, laporan keuangan dapat menjadi evaluasi terhadap kinerja dan cara kerja yang dijalankan. 

Untuk pribadi, laporan keuangan dapat menjadi evaluasi terhadap bagaimana kamu mengelola keuangan. Kamu juga dapat merenungkan apakah kelolaan uangmu sudah baik atau belum. Tentunya, evaluasi keuangan dapat membuat alur keuangan kamu menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Menerapkan Manajemen Keuangan, Apa Manfaatnya?


Itulah 7 manfaat laporan keuangan yang harus kamu tahu. Yuk, mulai membuat laporan keuangan! Laporan keuangan bisa dibuat di mana saja, loh, salah satunya aplikasi keuangan! Cus, mulai tulis!

ATUR KEUANGANMU DENGAN WHIZ