Rekomendasi buku tentang financial freedom

7 Rekomendasi Buku Keuangan untuk Anak Muda, Wajib untuk Dibaca!

Rekomendasi Buku Keuangan untuk Anak Muda – Apakah kamu ingin mulai belajar tentang keuangan, tapi bingung harus belajar dari mana? Ada begitu banyak buku yang membahas tentang keuangan, tapi buku apa yang cocok untuk kamu?

Yuk, cek 7 rekomendasi buku keuangan untuk anak muda dari Whiz! Kamu bisa memilih buku mana yang paling cocok dengan situasi kamu saat ini. Mari, kita simak bersama!

Baca Juga: 7 Reward untuk Anak SD, Dijamin Suka!


7 Rekomendasi Buku Keuangan untuk Anak Muda

Berikut ini 7 rekomendasi buku keuangan yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan keuangan!

1. Rich Dad, Poor Dad Karya Robert T. Kiyosaki

Seorang pria dengan gelar kehormatan yang disebut “Rich Dad” dalam buku tersebut adalah ayah dari temannya Kiyosaki yang mengumpulkan kekayaan hasil dari wirausaha dan keahliannya yang unik. Sementara “Poor Dad” diklaim sebagai ayah Kiyosaki sendiri yang bekerja keras sepanjang hidupnya tetapi tidak pernah memperoleh keamanan finansial.

Pengalaman tersebut mengajarkan Kiyosaki bahwa kamu tidak harus memiliki penghasilan besar untuk menjadi kaya. Kamu hanya perlu tahu bagaimana memanfaatkan uang untuk menjadi kaya. Kiyosaki menjelaskan dengan rinci mitos-mitos tentang uang dan menantang pemikiran kita selama ini. Buku ini ada di kisaran harga Rp60.000.

2. The Richest Man in Babylon Karya George S. Clason

Buku ini memberikan nasihat keuangan melalui kumpulan perumpamaan 4.000 tahun yang lalu di Babel kuno. Narasi disampaikan dengan apik dan lugas, membuat kita terhibur sekaligus sadar tentang kesalahan kita dalam mengelola uang. Selain itu, The Richest Man in Babylon mengajarkan tips-tips untuk mengelola uang, seperti bayar untuk dirimu sendiri (setidaknya 10% dari gaji), alokasikan uangmu ke berbagai tempat, dan kontrol pengeluaranmu. Buku ini ada di kisaran harga Rp70.000.

3. The Everything Kids’ Money Book Karya Brette McWhorter Sember

Menabung bukan hanya tentang celengan saja. Anak-anak zaman sekarang menginvestasikan uang, memulai bisnis kecil mereka sendiri, dan mengawasi tabungan mereka menghasilkan bunga.

Buku ini akan mengajarkan anak-anak semua yang perlu mereka ketahui tentang uang yang mereka peroleh sehingga mereka dapat menabung atau membelanjakannya dengan bijak. Anak akan belajar mulai dari dasar-dasar keuangan, hingga hal-hal kompleks seperti saham. Buku ini ada di kisaran harga Rp37.000

4. If You Made a Million Karya David M. Schwartz

If You Made a Million adalah buku nonfiksi yang menjelaskan keuangan kepada anak-anak dengan menggunakan banyak gambar berwarna dan perumpamaan yang seru. David menjelaskan konsep menyimpan dan menggunakan uang dengan perumpamaan fantasi, yang pastinya disukai anak-anak.

5. Heads Up Money dari Penerbit D.K.

Apakah uang membuat dunia berputar? Bisakah kekayaan membeli kebahagiaan? Apa yang akan terjadi jika bank mencetak lebih banyak uang? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dan banyak lagi di Heads up Money.

Menggunakan skenario kehidupan nyata, kamu akan belajar tentang berbagai topik, termasuk penawaran dan permintaan, perdagangan bebas, globalisasi, dan krisis keuangan. Kamu bisa belajar dasar-dasar ekonomi dengan mudah dari buku ini! Buku ini ada di kisaran harga Rp185.000

6. How to Turn $100 into $ 1,000,000: Earn! Invest! Save! Karya James McKenna, Jeannine Glista, dan Matt Fontaine

Ingin menjadi jutawan? Atau memulai bisnis? Atau menabung untuk membeli sepeda baru? Yang kamu perlukan hanyalah memahami dan mempraktikkan beberapa strategi dan konsep sederhana tentang uang: Hasilkan, Simpan, dan Tumbuhkan. Hal berikutnya yang kamu tahu, kamu telah menjadi ahli keuangan yang bonafid di jalan menuju satu juta pertama kamu. Buku ini ada di kisaran harga Rp300.000.

7. One Cent, Two Cent, Old Cent, New Cent Karya Bonnie Worth

Buku ini memberikan pengantar tentang sejarah uang di seluruh dunia mulai dari perdagangan kerang dan bulu hingga pembuatan kepingan logam dan koin, dengan ulasan tentang bagaimana bank pertama dibentuk dan uang dicetak di masa sekarang. Bacaan yang bagus untuk kamu yang selalu ingin tahu! Buku ini ada di kisaran harga Rp100.000.

Baca Juga: Contoh Rencana Anggaran Biaya Usaha Rumahan


Itulah 7 rekomendasi buku keuangan untuk anak muda dari Whiz. Apakah kamu sudah menemukan buku yang sesuai? Rekomendasi buku-buku tersebut bisa jadi langkah awal kamu untuk meningkatkan literasi finansial, lho!

Nah, dalam rangka memperingati Global Money Week 2022, Whiz sedang mengadakan giveaway Logam Mulia untuk memulai kebiasaan uang yang baik, lho!

Giveaway ini akan berlangsung dari tanggal 21 – 27 Maret 2022. Yuk, buruan cek Instagramnya!

Download Aplikasi Whiz Sekarang Juga!