Cara Minta Uang ke Orang tua: Baiknya Gimana?

Beberapa kali pasti kamu pernah kekuragan uang jajan, mungkin karena kebutuhan pada waktu itu sedang banyak, atau jangan-jangan kamu boros dan menghambur-hamburkan uang? Jadi, bagaimana cara minta uang ke orang tua? Cara baiknya seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini!


Cara Minta Uang ke Orang tua

Sebenarnya, bagaimana pun juga, orang tua pasti ingin memberikan anaknya apa saja yang mereka mau. Akan tetapi, seorang orang tua juga harus mengajarkan anak mereka disiplin dalam hidup, terutama dalam hal mengurus keuangan pribadi. 

Oleh karena itu, mereka tidak bisa langsung memberikan sejumlah uang kepada anak, harus ada alasan dan kebutuhan yang baik dibalik permintaan tersebut.

1. Jujur Terhadap Orang tua

Apa pun alasan kamu membutuhkan uang, baik karena kamu boros menghamburkan uang jajan atau memang ada kebutuhan yang penting, kamu harus tetap jujur kepada orang tua. Bicarakan dengan baik bersama mereka, berterus terang dan berikan penjelasan yang baik, jujur, dan tenang. 

Dengan demikian, mereka akan lebih memahami alasan dan maksud kamu dalam meminta uang kepada mereka.

Jika alasannya adalah kebutuhan yang mendadak, atau keperluan yang penting dalam membantumu belajar, rasanya memang lebih mudah untuk meminta bantuan keuangan kepada orang tua. 

Akan tetapi, jika alasan kamu adalah boros, tidak bijak dalam mengatur keuangan, atau hal lainnya, pasti kamu merasa takut dan segan dalam meminta uang tambahan kepada orang tua. Tetapi, jangan terlalu khawatir, jelaskan dengan baik alasan-alasanmu dan berusaha untuk tidak mengulanginya kembali. Bijaklah dalam mengatur keuanganmu, ya!

2. Catat Kebutuhan-kebutuhanmu

Meminta uang kepada orang tua tentu ada alasannya. Mungkin untuk membeli buku, peralatan sekolah, isi bensin, uang transportasi, jajan di sekolah, jalan-jalan bersama teman, apa pun itu. Nah, sebaiknya kamu mencatat pengeluaran yang akan kamu keluarkan dan berapa jumlah uang yang kamu butuhkan.

Pasalnya, dengan catatan kebutuhan yang lengkap beserta dengan harga-harganya, orang tua akan memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang dibutuhkan, untuk apa kebutuhan tersebut, dan berapa jumlah yang perlu diberikan kepada kamu.

Dengan demikian, kamu akan memudahkan orang tuamu dalam mengambil keputusan yang tepat dan kamu pun belajar membuat anggaran pengeluaran sesuai dengan kebutuhanmu!

3. Sopan Ketika Meminta

Seberapa dekatnya kamu dengan orang tuamu, tentu kamu harus tetap sopan dan santun kepada mereka, tak terkecuali ketika meminta uang kepada orang tua.

Orant tua tentu akan lebih senang ketika kamu meminta uang kepada mereka secara sopan, santun, dan jelas tujuannya. Jangan lupa juga untuk memberikan serta menjelaskan catatan yang telah kamu buat dengan jujur, ya!

4. Jadilah Anak yang Pengertian

Setelah menjelaskan kebutuhanmu dengan jujur dan sopan kepada orang tuamu, tentu harapan kamu adalah untuk mendapatkan uang tersebut. Akan tetapi, terkadang hal tersebut belum tentu akan terjadi.

Orang tua tentu tidak selalu memiliki uang untuk diberikan kepadamu, baik karena ada kebutuhan yang lebih penting atau karena sudah di akhir bulan, seberapa sayangnya mereka terhadapmu dan sebesar apapun keinginan mereka, orang tuamu kan tidak terbuat dari uang.

Oleh karena itu, terimalah jawaban mereka dengan baik dan pengertian,

Baca juga: 5 Tokoh Keuangan Perempuan: Siapa Saja, Ya?

5. Ingat-ingat Sejarah Kamu

Sejarah apa maksudnya? Sejarah kamu meminta uang kepada mereka tentunya! Apakah kamu pernah tidak tepat janji mengenai uang? Apakah kamu pernah tidak sesuai dengan pembicaraan ketika mengeluarkan uang pemberian orang tua?

Coba ingat-ingat, selain karena mereka belum bisa memberikan uang kepada kamu, mungkin mereka mempertimbangkan kenakalan-kenakalan yang pernah kamu lakukan mengenai keuangan, lho.

Oleh karena itu, bihaklah dalam mengatur keuangan, jujurlah dan dalam berkata, dan hati-hati dalam berbuat, ya! Jagalah kepercayaan orang tuamu.

6. Bijaklah dalam Mengurus Keuangan

Sebelumnya sudah beberapa kali disebutkan dalam cara-cara sebelumnya, bijak dalam mengurus keuangan pribadi itu akan memudahkanmu dalam banyak hal, lho. Salah satunya dalam meminta uang kepada orang tua. 

Sebagai seorang anak, tentu kamu belum berpenghasilan dan membutuhkan uang untuk sehari-hari. Nah, cara terkahir dan paling penting dalam meminta uang kepada orang tua adalah dengan menunjukkan dan membuktikan kemampuanmu dalam mengurus keuangan, khususnya keuangan pribadi.

Bagaimana? Dengan membuat anggaran, menabung, tidak boros, dan lain sebagainya. Dengan demikian, orang tua akan lebih percaya kepada kamu dan mudah memberikan uang karena mereka tidak perlu khawatir mengenai untuk apa uang itu akan digunakan!


Sekian beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika kamu bingung mencari cara minta uang ke orang tua. Ingat, mereka tentu ingin memberikan uang kepada kamu, tetapi berikan alasan yang baik, secara jujur, jelas, dan sampaikan secara sopan dan santun, ya!

Nah tidak ada salahnya lho bagi kamu untuk memulai belajar mengenai literasi finansial sejak dini. Whiz memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah kamudalam belajar mengenai keuangan!.

AYO UNDUH WHIZ! TERSEDIA DI ANDROID DAN IOS