cara menabung untuk beli rumah

Cara Menabung untuk Beli Rumah

Cara Menabung untuk Beli Rumah – Cara menabung untuk beli rumah memang penting diketahui sejak muda. Mengapa? Karena rumah akan memiliki harga yang makin tinggi setiap tahun. Dengan membelinya di usia muda, kamu akan memiliki aset yang akan tumbuh secara positif. 

Selain itu, rumah juga memiliki penambahan nilai setiap tahun. Jadi, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu investasi, loh! 

Membeli rumah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, ada banyak orang, termasuk yang sudah menikah, belum memiliki rumah karena harganya yang mahal. Oleh karenanya, menabung dan berkomitmen melakukannya menjadi salah satu solusi yang tepat untuk hal tersebut. 

Selain menabung, kamu juga bisa melakukan survei beberapa rumah. Kamu bisa melakukannya melalui agen properti maupun mendatangi developer rumah secara langsung. Hal itu bisa membuatmu jadi semangat menabung, loh! 

Lalu, bagaimana sih cara-cara menabung untuk membeli rumah? Jangan khawatir! Whiz akan sajikan informasinya berikut ini! 

Baca Juga: Contoh Rencana Anggaran Biaya Usaha Rumahan


7 Cara Menabung untuk Beli Rumah

menabung untuk beli rumah
Sumber: Freepik

1. Tetapkan Target Menabung

Nah, jika kamu sudah berniat untuk menabung, jangan lupa juga ya untuk menetapkan target menabungmu. Hal itu cukup penting, loh! Agar setiap kegiatan menabungmu bisa ditujukan untuk suatu goals tertentu.

Jadi, ada keharusan mencapai target menabung untuk membeli suatu barang maupun mendapatkan hal-hal yang memang menjadi goals-mu. 

Kamu bisa menerapkan target menabung harian, mingguan, bahkan bulanan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengontrol kondisi keuanganmu. 

2. Menabung Saat Awal Bulan atau Awal Gajian

tabungan beli rumah

Nah, kamu bisa mulai menabung pada awal bulan atau saat sudah menerima gaji. Artinya, kamu harus menyisihkan sebagian dari pendapatanmu untuk ditabung. Misalnya, kamu menyisihkan 20% dari uang gaji untuk ditabung. 

Mungkin kamu akan merasa uangmu jadi sedikit untuk dinikmati. Namun, kamu juga akan merasakan manfaat uang tabunganmu di kemudian hari.

3. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Selain menetapkan target, kamu juga bisa menjalani pola hidup hemat. Namun, jangan sampai mengorbankan kesehatanmu, ya! Misalnya, kamu memilih untuk menahan lapar karena mengurangi jajan. 

Kamu juga bisa menahan diri untuk tidak tergiur dengan berbagai promo maupun diskon. Sebab, biasanya hal itu hanya menjadi salah satu trik penjualan supaya produk dapat laris terjual. 

Jika kamu tidak tergiur, uangnya bisa dialokasikan untuk menabung. Jadi, kamu bisa segera mewujudkan impian untuk membeli rumah sendiri! 

Baca Juga: 8 Tips Ketika Tidak Punya Uang, Kamu Harus Tahu!

4. Buat 2 Rekening Terpisah

Sumber: Freepik

Untuk kamu yang sulit menabung, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Dengan memiliki dua rekening terpisah, kamu bisa memisahkan antara uang yang digunakan untuk belanja dan uang yang akan ditabung. 

Alhasil, uang tabungan tidak tercampur dengan uang lainnya. Dengan begitu, keuanganmu akan lebih terkontrol secara spesifik. 

5. Belanja Cerdas

Berbelanja merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam masalah finansial. Untuk itu, kamu perlu menerapkan cara belanja yang cerdas. Kira-kira bagaimana ya caranya? 

Nah, kamu bisa memulainya dengan cara mencatat berbagai hal yang menjadi kebutuhanmu. Kemudian, catatan itu bisa kamu jadikan patokan untuk kegiatan belanjamu.

 Pilihlah barang-barang yang sesuai dengan catatanmu. Usahakan untuk tidak tergiur membeli barang yang memang tidak dibutuhkan. Kamu bisa menerapkan cara ini saat berbelanja online maupun offline. 

6. Menabung dengan Nominal Tertentu

menabung

Cara yang satu ini cukup unik, loh! Kamu juga bisa menabung dengan cara mengumpulkan pecahan nominal tertentu, misalnya pecahan sepuluh ribu dan dua puluh ribu. 

Jadi, ketika kamu memiliki uang dengan pecahan tertentu, kamu akan berusaha untuk menyisihkannya di wadah tertentu. Lalu, jika sudah terkumpul banyak, kamu bisa memindahkan uang tersebut ke rekening pribadimu. Dijamin menabung bisa lebih menyenangkan!

7. Lunasi Semua Utang Terlebih Dahulu

Percuma saja jika kamu ingin menerapkan cara-cara menabung yang sebelumnya dijelaskan, tetapi kamu masih memiliki utang. 

Jika masih memiliki utang, alangkah baiknya segera dilunasi. Hal itu bisa saja menjadi beban pikiran dan membuatmu tertekan. 

Namun, jika segera membayarnya, kamu tidak lagi harus menyisihkan uang untuk melunasi utang. Dengan begitu, kegiatan menabung bisa dilakukan tanpa rasa was-was, deh! 

Baca Juga: Ternyata ini 10 Manfaat Mengapa Kita Harus Menabung!


Itulah 7 cara menabung untuk membeli rumah. Namun, selain menabung, kamu juga harus mengelola kondisi keuangan supaya dapat mengetahui keluar-masuknya uang.

Tidak perlu khawatir, kini kamu bisa melakukannya melalui aplikasi keuangan Whiz. Pengelolaan keuangan dijamin lebih mudah dan praktis! 

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU!

Tinggalkan Komentar