cara mengatur keuangan gaji 2 juta

Cara Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta: Dijamin Jitu!

Cara Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta – Bagi sebagian orang, memiliki gaji 2 juta itu rasanya cukup pas-pasan, ya. Boro-boro menabung, untuk kebutuhan sehari-hari saja terkadang suka bingung. Tapi ternyata bukan tidak mungkin lho orang bergaji 2 juta bisa memiliki tabungan. Wah, gimana ya caranya? Aplikasi Keuangan Whiz punya cara mengatur keuangan gaji 2 juta nih buat kamu!

Baca Juga: Cara Hemat Belanja Dapur, Dijamin Tetap Ngebul!


7 Cara Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta

cara mengatur keuangan gaji 2 juta

Mencari Metode yang Tepat 

Menemukan metode untuk keuanganmu merupakan siasat yang penting untuk kamu lakukan. Terdapat beberapa metode untuk mengelola keuanganmu dengan gaji kecil, lho.

Metode pertama adalah metode 50/30/20. Dengan metode ini kamu bisa membagi pendapatan kamu menjadi 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat artikel di sini.

Metode selanjutnya adalah metode 80/20. Metode ini bisa kamu lakukan kalau kamu merasa kebutuhan kamu dalam sebulan sangat banyak dan kamu juga bisa menahan pos keinginan. Dengan metode ini kamu bisa menggunakan 80% untuk kebutuhan dan 20% untuk tabungan. So, metode apa yang kira-kira cocok untuk keunganmu?

Membuat Skala Prioritas

Jika kamu sudah menemukan metode untuk keuanganmu. Saatnya kamu membuat skala prioritas. Pisahkan hal-hal yang menurutmu urgent dan hal-hal yang tidak kamu perlukan.

Dengan membuat skala prioritas, kamu bisa menahan keinginan yang bersifat konsumtif. Nggak ada lagi ya foya-foya di awal bulan. Setelah mendapat gaji, kamu harus mengalokasikan dengan ketat sesuai pos skala prioritasmu.

Pangkas Pengeluaran Kecil

cara mengatur keuangan gaji 2 juta

Saat membuat anggaran keuangan, akan muncul pengeluaran-pengeluaran kecil, seperti langganan TV kabel, aplikasi streaming, dan lain-lain. Pangkas pengeluaran kecil seperti itu agar bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting atau untuk ditabung.

Membuat Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan perlu dilakukan dalam mengelola keuangan. Laporan keuangan biasanya berisi pendapatan atau pemasukan setiap bulan dan pengeluaranmu selama satu bulan. Buatlah laporan keuangan dengan detail dan rapi. Kalau kamu bingung contoh membuat laporan keuangan, kamu bisa lihat contohnya di sini.

Laporan keuangan sangat berguna sebagai bahan evaluasi kamu dalam mengelola keuangan. Kamu juga bisa membuat anggaran keuangan bulan depan dari laporan keuangan bulan ini.

Menghindari Kredit yang Tidak Perlu

Saat ini, banyak sekali tawaran kredit online yang sangat menggiurkan. Terlebih dengan adanya sistem belanja pay later. Kamu harus berhati-hati bahkan menghindari hal tersebut. Dengan gaji 2 juta, jangan sampai pengeluaranmu semakin membengkak dan gajimu habis digunakan untuk membayar hutang.

Kamu bisa mengambil kredit untuk membeli barang yang memang kamu butuhkan dan memiliki manfaat untuk menambah penghasilan. Misalnya, membeli laptop untuk menambah penghasilan sebagai freelancer.

Menyediakan Rekening Khusus

Beberapa orang memilih membuka rekening khusus untuk menyimpan uangnya agar tidak digunakan secara konsumtif. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk memisahkan pos kebutuhan dan tabunganmu. Dengan cara ini kamu bisa menjaga uangmu agar tidak digunakan.

cara mengatur keuangan gaji 2 juta

Jika kamu merasa ribet membuat rekening khusus, kamu bisa lho menggunakan Aplikasi Keuangan Whiz yang memiliki fitur Kantong. Dengan fitur itu kamu bisa memisahkan uangmu sesuai kegunaannya. Gampang banget kan?

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Gaji 5 Juta, Gimana Ya?


Nah, itu dia beberapa cara mengatur keuangan gaji 2 juta. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dari Aplikasi Keuangan Whiz untuk mengatur keuanganmu. Dengan aplikasi tersebut kamu nggak perlu ribet lagi untuk mengelola keuangan. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu gunakan dan pastinya sangat memudahkanmu.

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN, LIHAT FITUR WHIZ YUK!