Yuk, Catat! 7 Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan – Whizmate punya uang 200 ribu sebulan, tetapi bingung cara menghematnya? Tidak jarang, gaji yang pas-pasan membuat kita memiliki kendala untuk menabung. 

Pasalnya, uang tersebut dianggap hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Namun, sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan berbagai cara untuk menghemat uang 200 ribu sebulan.

Mungkin, bagi kamu yang belum terbiasa hidup hemat, tentu akan merasa sulit untuk menjalaninya. Akan tetapi, tidak ada salahnya loh untuk mencoba!

Lagipula, dengan hidup hemat, kamu juga akan merasakan manfaatnya, seperti uang tabungan yang lebih cepat terkumpul hingga mencapai target-target pembelian barang tertentu. Namun, kira-kira bagaimana cara memulainya?

Yuk, simak selengkapnya mengenai 7 cara menghemat uang 200 ribu sebulan berikut ini! 

Baca Juga: Ini Dia Pekerjaan dirumah yang Bisa Menghasilkan Uang!


7 Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

1. Menentukan Tujuan untuk Berhemat

Sebelum menerapkan hidup hemat, kamu harus memastikan tujuan atau targetnya. Misalnya, Whizmate ingin menghemat pengeluaran supaya bisa menabung untuk membeli rumah. 

Jadi, sebisa mungkin jangan lupa untuk menetapkan tujuan berhemat, ya! Mengapa? Karena target tersebut akan memotivasi kamu untuk terus konsisten menerapkan pola hidup hemat. 

2. Menyusun Anggaran Belanja

menghitung anggaran belanja

Kamu bisa menyusun anggaran belanja untuk jangka waktu tertentu. Misalnya, kamu menyusun anggaran untuk waktu sebulan ke depan. Kamu bisa memulainya dengan menulis rincian kebutuhan beserta dana yang dibutuhkan.

Dari situlah, Whizmate bisa mengetahui mana saja hal-hal yang memang harus terpenuhi dan yang sekadar keinginan. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi pengeluaran  yang tidak penting dan sisa uangnya dapat ditabung.

3. Memisahkan Uang Tabungan dan Pribadi

Sebenarnya, cara yang satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, nih! Untuk menghemat uang 200 ribu sebulan, Whizmate bisa memisahkan dana untuk menabung dan kebutuhan pribadi. 

Jadi, selalu ada dana yang tidak diutak-atik dan digunakan untuk menabung. Dengan begitu, uang tersebut tidak tercampur aduk dengan dana kebutuhan lainnya.

4. Membawa Bekal Makanan

menghemat uang

Nah, cara yang satu ini terbilang sederhana, tetapi cukup efektif loh! Dengan membawa bekal dari rumah, Whizmate bisa mendapatkan berbagai manfaat.

Mulai dari kebersihan makanan yang terjamin, kecukupan gizi makanan, hingga dapat menghemat pengeluaran. Mungkin kamu boleh sesekali jajan di luar, tetapi harus tetap terkontrol ya! Ingatlah dengan target menghemat supaya kamu bisa semangat menjalaninya.

5. Memanfaatkan Diskon dan Promo Belanja

Whizmate bisa mendapatkan barang yang kamu impikan dengan memanfaatkan diskon dan promo belanja. Bagaimana ya caranya? Nah, kamu bisa mulai mencari berbagai informasi diskon maupun promo belanja melalui sosial media manapun.

Dengan begitu, kamu bisa berbelanja di saat yang tepat, yaitu ketika produk sedang promo maupun diskon. Namun, jangan lupa untuk mengontrol diri juga ya! Pastikan berbelanja secukupnya saja.

6. Menggunakan Transportasi Umum

Maraknya transportasi umum menjadi kabar baik untuk masyarakat. Sebab, transportasi umum memiliki tarif yang lebih rendah dibandingkan transportasi online dan transportasi lainnya. 

Memang, terkadang membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama akibat transit. Namun, Whizmate bisa mengatasinya dengan berangkat lebih awal.

7. Hindarkan Sifat Konsumtif

Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

Saat berhemat, Whizmate harus pastikan kalau keperluanmu memang benar-benar yang dibutuhkan. Jangan konsumtif membeli barang-barang yang sebenarnya tidak menjadi kebutuhanmu.

Terkadang, jika kita punya uang, kita tergiur untuk membeli barang-barang yang digunakan teman ataupun public figure. Alhasil, uang tersebut hanya dihabiskan untuk kebutuhan sekunder, sedangkan kebutuhan pokok belum semuanya terpenuhi.

Jadi, yuk mulai sekarang kita hindari sifat konsumtif supaya dapat menerapkan pola hidup hemat dan mencapai target menabung!

Baca Juga: 8 Tips Ketika Tidak Punya Uang, Kamu Harus Tahu!


Nah, itulah 7 cara menghemat uang 200 ribu sebulan. Memang terlihat sederhana, tetapi untuk memulainya pasti tidak mudah ya, Whizmate. Untuk itu, cobalah secara perlahan hingga menjadi terbiasa.

Selain berhemat, kamu juga perlu untuk mengontrol kondisi keuangan melalui aplikasi keuangan Whiz.  Di dalamnya, Whizmate akan menemukan fitur “Kantong” untuk mengontrol proses pengumpulan uang.

Dengan begitu, pencatatan berupa keluar masuknya uang menjadi lebih praktis sehingga target menabung bisa tercapai! Yuk, cobain! Tunggu apa lagi?

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU!

Tinggalkan Komentar