contoh rencana anggaran biaya usaha

Contoh Rencana Anggaran Biaya Usaha Rumahan

Contoh Rencana Anggaran Biaya Usaha – Sebuah usaha yang baik harus memiliki tujuan, alur waktu, dan anggaran biaya yang jelas. Hal itu juga berlaku pada usaha dalam skala rumahan. Oleh karena itu, penting untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebelum memulai usaha agar kita bisa melihat berapa biaya yang diperlukan dan apakah biaya tersebut cocok untuk kita atau tidak.

Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada dasarnya adalah perkiraan pengeluaran yang akan dikeluarkan dan pendapatan yang akan dihasilkan selama periode waktu tertentu. Dengan membuat RAB, kita bisa memperhitungkan dan memantau yang perlu dikeluarkan supaya terhindar dari kerugian.

Apabila ini pertama kalinya kamu ingin memulai usaha dan masih bingung cara menyusun RAB, tak perlu khawatir, Whiz hadir dengan 6 tahap mudah membuat rencana anggaran biaya usaha dan contohnya. Yuk, simak tahapannya!

BACA JUGA: 8 Tips Liburan Murah Bersama Keluarga


6 Tahap Mudah Membuat Rencana Anggaran Biaya Usaha

1. Tentukan Tujuan dan Waktu Pemakaian Anggaran

Tahap pertama pembuatan rencana anggaran biaya, yaitu menentukan anggaran-anggaran tersebut akan digunakan untuk membeli apa saja dan kapan waktu pembelian tersebut.

Apabila kita telah menetapkan tujuan dan alur waktu di awal, kita bisa mendapatkan gambaran kasar biaya apa saja yang perlu dikeluarkan. Hal tersebut juga memudahkan kita untuk menetapkan batasan maksimal biaya yang dikeluarkan dan ekspektasi.

2. Urutkan Daftar Kebutuhan

Tahap kedua yang dilakukan, yaitu mengurutkan dengan detail daftar barang apa saja yang harus dibayar, dibeli, atau disewa. Usahakan untuk menulis semua barang dengan detail dan dikategorikan berdasarkan jenisnya. Tujuannya untuk memudahkan dalam menjumlahkan dan menghitung hasil akhirnya.

3. Tentukan Jumlah Barang

Setelah mengurutkan dengan detail barang apa saja yang dibutuhkan, sekarang kita perlu untuk menentukan jumlah barang-barang tersebut. Pastikan jumlah yang ditulis pas dengan kebutuhan, jangan sampai sangat kurang atau kelebihan karena dapat memberikan kerugian materil.

4. Riset Harga Barang

Selanjutnya, kita perlu melakukan riset harga barang-barang yang kita butuhkan. Tujuannya agar kita bisa mendapatkan harga terbaik di pasar yang sesuai dengan budget kita.

Cara mudahnya adalah dengan menuliskan nama barang, merek, dan harga per barangnya. Setelah itu, kita bisa membandingkan harga dan merek apa yang paling cocok untuk usaha kita.

5. Hitung Jumlah Anggaran yang Dibutuhkan

Setelah mendapatkan jumlah dan harga barang yang diperlukan, saatnya menghitung total jumlah anggaran. Jumlahkan semua harga barang yang telah kita buat di tabel, pastikan tidak ada kekeliruan dalam menghitung. Total harga dari penjumlahan tersebut adalah pengeluaran tiap bulan kita nantinya.

6. Lakukan Evaluasi Anggaran

Langkah terakhir untuk menyusun rancangan anggaran biaya usaha, yaitu melakukan evaluasi terhadap data yang sudah disusun. Setelah mendapatkan jumlah anggaran yang dibutuhkan, kita perlu mengevaluasi apakah jumlah tersebut sesuai dengan budget yang bisa kita keluarkan.

Selain itu, kita juga harus melihat apakah ada kesalahan pada data tersebut. Apabila kita merasa data itu belum sesuai, di sinilah saatnya untuk melakukan perbaikan. Pastikan hasil akhirnya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

BACA JUGA: Menu Makan Hemat Akhir Bulan: 7 Menu Lezat & Mudah!


Itulah tahap-tahap menyusun rancangan anggaran biaya usaha yang perlu dilakukan. Agar lebih jelas, berikut contoh rancangan anggaran biaya rumahan yang telah dibuat, kamu bisa menggunakannya sebagai contoh untuk RAB kamu,

Contoh Rancangan Anggaran Biaya Usaha Rumahan

BACA JUGA: Kegiatan Keluarga di Rumah, Apa Saja yang Seru?


Itulah tahap-tahap menyusun rencana anggaran biaya usaha beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan ke dalam usaha kamu ya!

AYO PAKAI WHIZ SEKARANG!