Efektif! Ini Dia 9 Cara Menabung Uang Jajan 10000

Cara Menabung Uang Jajan 10000 Menabung adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh semua orang. Kalau kita tahu cara menabung yang baik dan benar, maka uang 10000 kamu bisa terkumpul dengan cepat. Bahkan, bisa menjadi jutaan, lho!

Pepatah mengatakan kalau sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Nah, Kamu harus tahu, nih. Menabung itu bukan dilihat dari jumlah uangnya. Tapi, dilihat dari seberapa sering kamu dalam melakukannya.

Dengan uang 10000, tabungan kamu bisa saja menjadi 10 juta. Menarik, kan? Jadi, kalau kamu ingin sekali menabung, ayo segeralah menabung! Nggak usah ragu menabung dengan nilai uang yang kecil.

Di sini, Whiz juga memberikan beberapa cara untuk kamu yang mau mulai menabung. Yuk, dibaca!

Baca juga: Mengatur Keuangan Pribadi, Cara serta Tips Ampuhnya!


9 Cara Menabung Uang Jajan 10000

Ini dia beberapa caranya. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1. Tentukan Untuk Apa Kamu Menabung

Sebelum kamu menabung, kamu harus menentukan terlebih dulu untuk apa kamu menabung. Ini adalah cara yang utama. Kalau kamu tidak tahu tujuanmu, menabungmu tidak akan berhasil karena kamu tidak memiliki tujuan.

Tujuanmu menabung juga menambah semangatmu untuk rutin menabung, lho!

Contoh beberapa tujuan yang bisa kamu jadikan untuk menabung adalah untuk membeli alat belajar, membeli mainan, dan lain-lain.

2. Tentukan Waktu Menabung yang Pas!

Tentukan jadwalmu dalam menabung. Kalau kamu ingin menabung setiap hari, tentukan jam yang tepat. Tapi kalau tidak setiap hari, tentukan hari-hari yang pas untuk kamu menabung.

Pastikan ketika menyisihkan uangmu, kamu tidak merasa berat. Jadi, hindari waktu-waktu yang tidak pas. Misalnya, ketika kamu ingin bermain bersama temanmu. Pokoknya senyamanmu dalam menabung, ya.

Dan ingat! Kalau sudah menentukan waktu yang pas, berusahalah untuk rutin menabungnya.

3. Buatlah Semacam Pengingat untuk Menabung

Setelah kamu menentukan waktu yang pas untuk menabung, kamu bisa memasang semacam pengingat, lho!

Kamu bisa mengatur alarm di HP ataupun jam bekermu. Ini akan sangat berguna untuk membuatmu rajin menabung. Pastikan juga kamu lakukan ini sesuai waktumu menabung. Karena kalau selalu diulang-ulang, nantinya akan menjadi kebiasaan barumu. Dicoba, ya!

4. Jadikan Menabung Aktivitas yang Menyenangkan

Efektif! Ini Dia 9 Cara Menabung Uang Jajan 10000

Menabung akan terasa menyenangkan kalau kamu sudah terbiasa. Jadi, usahakan cara-cara di poin 1 sampai 3 terlaksana, ya!

Kalau kamu senang, uangmu akan cepat terkumpul, lho! Barang impianmu jadi cepat terbeli, deh.

5. Kurangi Porsi Jajanmu

Jajan adalah tantangan yang paling berat untuk dikurangi ketika kita sedang menabung. Hal ini karena jajan sudah seperti kebutuhan yang utama. Apalagi, ketika beberapa uangnya sudah mulai terkumpul banyak. Kita pasti tergiur untuk menghabiskan uangnya. Jangan sampai karena hal itu kamu jadi berhenti menabung, ya!

Dengan kamu mulai mengurangi jajanmu, kamu telah memulai gaya hidup baru, lho! Yakni gaya hidup lebih hemat. Pepatah mengatakan kalau hemat itu pangkal kaya. Kamu pasti mau dong jadi banyak uang karena sering menabung.

Nah, untuk mengurangi jajanmu, mulai sekarang kamu bisa membuat camilan sendiri di rumah. Tentunya ini lebih sehat dan sangat mendukungmu dalam menabung. Keinginanmu juga jadi cepat tercapai.

6. Membawa Bekal ke Sekolah

Efektif! Ini Dia 9 Cara Menabung Uang Jajan 10000

Membawa bekal ke sekolah adalah solusi yang baik dalam membantumu menabung. Agar kamu semangat membawanya, cobalah variasikan bekalmu agar menarik!

Misalnya, hiasi bekal menyerupai bentuk kartun atau cobalah request menu baru ke orang tuamu yang sesuai dengan makanan kesukaanmu. Dengan begitu, kamu tentu akan mengurangi jajanmu. Proses menabungmu juga akan berjalan lancar.

7. Mencari Uang Jajan Tambahan

Jangan khwatir dengan kalimat tersebut. Bukan berarti kamu disuruh untuk mencari kerja, ya. Untuk kamu yang masih sekolah mulailah mencari uang jajan tambahan dengan membantu pekerjaan orang tua di rumah.

Misalnya, kamu membantunya membereskan pakaian atau mencuci piring. Atau bahkan, membantu orang tuamu berkebun. Selain bisa menambah uang jajan tambahan, kamu juga bisa mengeratkan hubunganmu dengan orang tua.

8. Buatlah Catatan Keuangan

Efektif! Ini Dia 9 Cara Menabung Uang Jajan 10000

Membuat catatan keuangan bisa membantu kamu mengatur kebutuhanmu yang paling penting. Dengan membuat catatan keuangan, proses menabungmu akan lebih teratur. Kamu juga akan lebih fokus dalam menabung.

Saat ini, bentuk catatan keuangan juga bermacam-macam, lho! Salah satunya, dalam bentuk aplikasi keuangan, seperti Aplikasi Keuangan Whiz. Menarik bukan? Menariknya lagi, aplikasi keuangan saat ini ada yang tersedia untuk remaja, bahkan anak-anak!

Jadi, jangan khawatir buat kamu yang masih di bawah umur, ya!

9. Tentukan Tempatmu Menabung

Menabung tidak akan terlaksana kalau kamu belum menentukan tempatmu menabung. Carilah tempat menabung yang aman dan nyaman. Contohnya seperti dalam celengan, buku tabungan, atau amplop.

Baca Juga: Cara Menabung Anak SD


Nah, itu dia beberapa cara menabung uang jajan 10000 yang efektif. Yuk, dicoba!

Kamu juga bisa mencoba untuk mengatur keuanganmu menggunakan aplikasi keuangan. Yup, salah satunya Whiz! Dengan Aplikasi Keuangan Whiz, pencatatan keuangan dan penerapan literasi finansial bisa semakin mudah dilakukan!

AYO DOWNLOAD APLIKASI Whiz DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU