Tanya Jawab (FAQ)

Whiz adalah platform managemen keuangan dengan fitur uang elektronik pertama di Indonesia yang khusus dibuat untuk keluarga. Di aplikasi Whiz, Anak Muda dapat melakukan pembayaran dan pengelolaan keuangan secara digital.

Gen Z. Aplikasi ini dibuat dengan mempertimbangkan kondisi Gen Z, meskipun kami mencatat bahwa terkadang orang tua juga menggunakan aplikasi ini untuk memberikan dukungan kepada anak-anak mereka.

Jangan khawatir! Semua orang dari segala usia bisa menggunakan Whiz.
Untuk menikmati manfaat tambahan seperti –
– Transfer GRATIS tanpa batas
– Peningkatan saldo dompet hingga 20 juta rupiah
– Perlindungan saldo terhadap penipuan,
dengan mengundang orang tua Anda untuk membuat dan menautkan akun. Lihat “Bagaimana cara menautkan ke Orang Tua atau Anak?

Singkatnya, iya, Whiz didukung oleh lisensi uang elektronik dari Bank Indonesia.

Kami berbeda dengan dompet elektronik lainnya karena –
1. Kami adalah All-In-One App pertama di Indonesia yang dibuat untuk Gen Z. Dengan fitur-fitur yang dimiliki Whiz, Gen Z dapat menyimpan, bertransaksi, dan mengelola uang mereka dengan mudah.
2. Tidak ada biaya bulanan sama sekali
3. Meskipun tanpa KTP, kamu bisa menikmati keuntungan tambahan seperti
– Transfer GRATIS
– Peningkatan saldo dompet hingga 20 Juta Rupiah
– Perlindungan saldo terhadap penipuan,
hanya dengan mengundang orang tua Anda untuk membuat dan menautkan akun.

Tidak ada biaya bulanan sama sekali.

Tentu saja, Whiz aman dan terjamin dengan adanya:

  • Untuk fitur Saldo, telah memiliki izin uang elektronik dari Bank Indonesia (BI)
  • Semua dana pengguna akan disimpan di bank yang telah ditunjuk
  • Sistem enkripsi dan autentikasi yang setara dengan tingkat bank
  • Proteksi saldo terhadap aktivitas penipuan*

*Berlaku untuk pengguna yang sudah terverifikasi (KYC) dimana aktivitas penipuan terhadap akun Whiz terjadi diluar dari kendali pengguna.

Sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), Whiz berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Whiz (a/n PT MidazPay Digital indonesia) telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dengan nomor izin 23/734/DKSP/Srt/B. Cakupan aktivitas dari Whiz adalah: Penerbitan Uang Elektronik, Penyelenggaraan Transfer Dana, dan Pembayaran QRIS.

Tidak. Pengawasan OJK adalah untuk lembaga keuangan, termasuk: bank, lembaga pembiayaan, pasar modal, dan asuransi. Pengawasan sistem pembayaran merupakan kewenangan Bank Indonesia.

Sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), Whiz (a/n PT MidazPay Digital indonesia) berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

1. Download aplikasi di Play Store atau App Store
2. Daftar menggunakan nomor HP anda
3. Verifikasi nomer telepon dan Buat PIN
4. Isi data diri dengan lengkap
5. Verifikasi alamat email

Jika Anda belum menerima kode OTP (One-Time Password) melalui SMS, coba lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pastikan Anda telah memasukkan nomor telepon yang benar yang terdaftar di aplikasi Whiz Anda *Harap dicatat bahwa kode OTP akan dikirim ke nomor tersebut
  • Pastikan Anda memiliki sinyal yang baik untuk menerima SMS (tergantung kebijakan masing-masing provider)
  • Pastikan pulsa kamu cukup untuk menerima SMS – Tunggu minimal 30 detik.
  • Setelah itu, Anda dapat meminta OTP baru dengan mengklik tombol ‘Kirim ulang kode OTP’.

Jika masih tidak berhasil:

  • Perbarui aplikasi Whiz ke versi terbaru
  • Coba lagi beberapa saat, mungkin terjadi kesalahan dengan provider Anda
  • Pastikan bahwa Anda sebelumnya tidak meminta penyedia layanan (provider) Anda untuk memblokir SMS yang masuk. Jika Anda tidak yakin, hubungi penyedia layanan Anda untuk melakukan pemeriksaan
  • Bersihkan cache Anda dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

Android –

  1. Buka pengaturan telepon Anda
  2. Pilih Pengaturan Aplikasi
  3. Pilih aplikasi Whiz
  4. Pilih Penyimpanan
  5. Klik Hapus Cache

iOS-

  1. Buka pengaturan telepon Anda
  2. Pilih umum
  3. Pilih Penyimpanan iPhone
  4. Pilih Aplikasi Whiz
  5. Pilih Keluarkan App
  6. Klik Instal Ulang App

Jika Anda mengalami lupa PIN dan tidak bisa masuk ke Aplikasi Whiz, ikuti beberapa langkah berikut:

Sudah melakukan verifikasi email
1. Buka Aplikasi Whiz Anda
2. Akan muncul layar Masukkan PIN Anda, klik “Lupa Kode PIN”
3. Pilih Email untuk mengatur ulang PIN (email orang tua atau anak)
4. Masukkan 6 digit kode pengaturan ulang PIN yang dikirimkan ke email
5. Klik ‘Konfirmasi’
6. Setelah itu, Anda bisa mengatur PIN Baru Anda

Belum melakukan verifikasi email
1. Buka Aplikasi Whiz Anda
2. Akan muncul layar Masukkan PIN Anda, klik “Lupa Kode PIN”
3. Anda akan diarahkan ke email [email protected]
4. Tulis subjek “Lupa Kode PIN” dan ceritakan masalah Anda di badan email
5. Customer Service akan membantu Anda mereset ulang PIN Anda, setelah memverifikasi kepemilikan akun.

Tidak, saldo Anda aman tersimpan di server Uang Elektronik kami, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN dan melakukan penyalahgunaan akun.

Pengguna dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif, dengan cara melakukan 1 (satu) kali transaksi keuangan (misalnya. top-up, kirim/terima uang, pembayaran, transfer) selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal dinyatakan Akun Tidak Aktif.

Untuk setiap pengaduan terkait dengan Aplikasi Whiz dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan, Anda dapat menghubungi kami melalui

Di Whiz, kamu bisa mengundang teman dan keluarga untuk menambah keseruan!

Dengan mengundang orang tuamu untuk terhubung dan melakukan verifikasi di dalam aplikasi, kamu bisa menikmati fitur-fitur lengkap Whiz, seperti peningkatan limit dompet hingga Rp 20 juta, transfer bank gratis, dan perlindungan saldo.

Dengan mengundang teman-temanmu ke dalam aplikasi, kamu bisa terus mengikuti perkembangan aktivitas teman-temanmu dan mulai mengelola uang yang terkumpul untuk melakukan lebih banyak hal seru bersama!

Anda hanya bisa mengundang satu orang tua untuk menautkan akun sebagai Orang Tua. Dan akun Orang Tua dapat menghubungkan hingga 5 anak. Namun, tidak ada batasan jumlah teman yang dapat Anda tambahkan.

Cukup dengan menggunakan nomor HP Orang Tua atau Anak Muda.1. Klik ikon ‘Profile’ 2. Pilih ‘Kelola Hubungan’ 3. Jika anda menggunakan akun Orang Tua, masukkan nomor HP Anak Muda anda. Jika anda menggunakan akun Anak Muda, masukkan nomor Orang Tua anda 4. Klik tombol ‘Undang’Tentukan bahwa Orang Tua atau Anak Muda anda sudah mengunduh dan melakukan registrasi akun Whiz. Setelah itu, mereka akan mendapatkan notifikasi untuk menyetujui penghubungan akun.

1. Klik ikon ‘Profil’
2. Klik ikon roda gigi di kanan atas
3. Pilih ‘Upgrade Akun’
4. Ikuti instruksi pada halaman dengan mengunggah dokumentasi yang diperlukan

Jika Anda berusia di atas 17 tahun, unggah kartu identitas (KTP) dan foto selfie Anda yang sedang memegang KTP.
Jika Anda berusia 17 tahun ke bawah, unggah Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) Anda. Pastikan akun Anda sudah ditautkan ke Orang Tua. Jika tidak, mintalah orang tua Anda untuk mengunggah kartu identitas (KTP), foto diri Anda yang sedang memegang kartu identitas, kartu keluarga (KK), atau kartu identitas anak (KIA).

Semua permintaan upgrade akan diperiksa oleh tim Whiz dalam waktu 1×24 jam. Kamu akan menerima notifikasi di dalam aplikasi mengenai hasil dari permintaan upgrade tersebut.

Jika upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak, Anda akan mendapatkan notifikasi dan pesan inbox di aplikasi Whiz yang menjelaskan mengapa upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak. Ini adalah beberapa alasan mengapa upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak,

  1. Dokumen yang Anda unggah dianggap rusak (font, tanda tangan, dan foto tidak dapat dibaca dan diverifikasi).
  2. Selfie Anda dengan kartu identitas buram (tidak fokus dan terbaca)
  3. Foto Selfie dan kartu identitas Anda tidak terlihat sepenuhnya (foto tertutup flash, foto gelap, foto selfie terhalang identitas)
  4. Foto/dokumen yang Anda unggah tidak sesuai dengan ketentuan kami
  5. Data e-KTP yang digunakan untuk upgrade Whiz Verified tidak terdaftar/cocok dengan data Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Top-up saldo dapat dilakukan di ATM, Internet-/Mobile- banking, kantor cabang dengan melakukan transfer bank atau melalui gerai Alfamart/Alfamidi.

1. Klik ikon ‘Top-up’ pada homepage
2. Pilih cara Top-up yang diinginkan
3. Masukkan jumlah nominal top-up, klik tombol ‘Konfirmasi Nominal Top-up’
4. Akan muncul detail instruksi dan waktu pengisian
5. Selesaikan instruksi top-up sebelum waktu top-up habis
6. Ketika sudah selesai, saldo di dompet Anda akan otomatis bertambah.

Sebagai catatan:
1. Waktu pembayaran menggunakan bank selama (60 menit), sedangkan waktu pembayaran melalui Alfamart/Alfamidi valid hingga 24 jam. Setelah itu, lakukan input ulang permintaan top-up pada aplikasi Whiz sebelum melakukan transfer.
2. Harap lakukan top-up sesuai dengan nominal yang diinput di aplikasi Whiz
3. Jika Whizmates memilih bank baru, memasukkan nominal baru, dan membuat permintaan top-up baru, permintaan top-up sebelumnya akan dibatalkan secara otomatis.

Pembayaran kamu akan gagal. Tetapi, jika terjadi kasus bahwa transfer berhasil diterima, kamu perlu menghubungi CS untuk mengonfirmasi nominal/waktu/tanggal transfer.

Untuk minimal top-up Rp50.000, dan maksimal top-up sesuai jenis akun (Unverified Rp2.000.000, Verified Rp20.000.000).

Harap dicatat bahwa limit batas kumulatif untuk saldo Whiz dari seluruh transaksi (top-up, transfer, etc.) adalah Rp40.000.000/bulan untuk akun verified dan Rp20.000.000/bulan untuk akun unverified.

Limit akan diperbaharui secara otomatis setiap tanggal 1 setiap bulan. Anda tidak akan dapat melakukan top-up atau menerima saldo Whiz (termasuk cashback) jika nominal top-up atau saldo yang diterima melebihi batas yang ditentukan.

Saldo maksimal yang dapat dimiliki pengguna adalah Rp2.000.000 untuk akun yang belum diverifikasi dan Rp20.000.000 untuk akun yang diverifikasi. Jika sudah melebihin batas, permintaan top-up tidak akan bisa dilakukan.

Tidak ada biaya admin yang dibebankan dari Whiz.

Kami benar-benar minta maaf atas ketidaknyamanannya. Jika Anda belum menerima saldo top-up Anda, Anda jangan khawatir, semua transaksi Anda tercatat di sistem kami dan kami selalu siap membantu jika Anda mengalami masalah tersebut. Ketika hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan hal-hal berikut terlebih dahulu:

  1. Cek struk transfer Anda dan pastikan nomor telepon tujuan yang Anda masukkan sudah terdaftar di Whiz
  2. Nomor telepon tujuan masih digunakan dan aktif
  3. Top up berhasil, tetapi tidak tercatat di halaman “Riwayat”
  4. Cek apakah transaksi top up menyebabkan saldo rekening melebihi limit yang ditentukan sehingga transaksi top-up tidak diterima.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dan saldo di bank Anda atau cara top-up lain yang Anda gunakan sudah terpotong, tetapi saldo dompet tetap sama, mohon bersedia menunggu 2×24 jam* pada hari kerja (kecuali Sabtu, Minggu dan hari libur) sejak tanggal transaksi.

Jika setelah itu saldo masih belum diterima, Anda bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Saat mengalami masalah, seperti tidak bisa melakukan top-up Whiz, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab masalah tersebut, seperti:

  • Jumlah isi ulang melebihi batas transaksi bulanan dompet
  • Nomor telepon yang dimasukkan tidak terdaftar di Whiz
  • Jaringan internet tidak stabil

1. Klik ikon ‘Minta’ pada homepage
2. Masukkan nomor HP akun yang ingin diminta, Nominal permintaan, Tujuan Dana Permintaan, dan Pesan (apabila ada)
3. Klik ‘Konfirmasi’
4. Permintaan kamu telah diajukan. Saldo akan masuk setelah disetujui oleh akun yang diminta.

  1. Akan ada notifikasi permintaan pada ikon ‘Minta’
  2. Pilih bagian ‘Permintaan’ dan akan muncul informasi permintaan, seperti nama peminta, nomor HP, tanggal, waktu, dan total permintaan
  3. Klik ‘Setujui Permintaan’ atau ‘Tolak Permintaan’
  4. Jika menyetujui permintaan, akan muncul layar pengiriman yang berisi nomor HP penerima, jumlah transfer, dan sumber dompet. Klik ‘konfirmasi’ jika ingin mentransfer dana.
  5. Masukkan PIN dan transfer dana kepada teman/anak berhasil, dana akan masuk ke dompet penerima.

Catatan: Saldo yang telah ditransfer tidak dapat dikembalikan, jadi pastikan kamu memasukkan nomor HP dan jumlah transfer yang benar. Pastikan juga saldo penerima tidak melebihi batas limit akun.

1. Akan ada notifikasi permintaan pada ikon ‘Minta’
2. Pilih ‘Permintaan’ dan akan muncul informasi permintaan ‘Masuk’.
3. Klik pada permintaan yang diinginkan untuk mendapatkan detail lebih lanjut, seperti nama peminta, nomor ponsel, tanggal, waktu dan jumlah yang diminta. Klik ‘Setujui Permintaan’ atau ‘Tolak Permintaan’.
4. Jika ‘Setujui Permintaan’, akan muncul halaman konfirmasi transaksi yang berisi nomor handphone penerima, jumlah yang ditransfer, dan sumber dana. Klik ‘Konfirmasi’ jika Anda ingin melanjutkan dan mentransfer dana
5. Masukkan PIN dan transfer saldo berhasil, saldo akan masuk ke dompet penerima.
Catatan: Saldo yang telah ditransfer tidak dapat dikembalikan, jadi pastikan kamu memasukkan nomor HP dan jumlah transfer yang benar. Pastikan juga saldo penerima tidak melebihi batas limit akun.

Layanan Tambah Saldo memungkinkan pengguna mengisi saldo Whiz dari mana saja secara gratis, tanpa perlu memiliki akun Whiz sendiri.

Pengirim juga dapat menambahkan catatan personal saat menambah saldo, membuat layanan ini cocok untuk berbagi momen penting dan berterima kasih! 🙂

Whiz menerima pembayaran melalui QRIS, VA Transfer (BRI, Mandiri, BNI, Permata, BSI, CIMB, Danamon).

Saldo akan langsung diterima setelah Anda menyelesaikan pembayaran.

Setelah pembayaran untuk menambahkan saldo selesai, Anda akan menerima bukti transaksi sukses dan penerima sudah menerima saldo.

Tidak ada biaya admin yang dibebankan dari Whiz.

Jika Anda telah mentransfer saldo Whiz dari akun Anda ke akun penerima, tetapi penerima belum menerimanya, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

– Cek halaman “Riwayat” apakah transfer sudah berhasil atau belum
– Cek kembali saldo dompet Anda, apakah sudah berkurang atau belum, karena jika gagal melakukan transfer, saldo dompet Anda akan segera di-refund.
– Pastikan nomor tujuan transfer yang dimasukkan sudah benar.
– Jika setelah memastikan hal-hal di atas, transfer sudah berhasil, mohon beritahu penerima untuk mengecek history saldo yang tertera di halaman “History”.

Tetapi jika saldo Whiz belum diterima oleh penerima, laporkan hal tersebut kepada kami melalui [email protected]

Ya, cukup dengan menggunakan nomor hp yang sudah registrasi Whiz.

Harap dicatat bahwa ini hanya berlaku untuk pengguna yang telah terverifikasi. Lihat “”Bagaimana cara melakukan verifikasi akun?

  1. Klik ikon ‘Transfer’ pada homepage
  2. Masukkan tujuan transfer, jumlah uang dan kategori kemudian klik tombol ‘Konfirmasi’
  3. Otorisasi transaksi dengan PIN dan terima tanda terima transfer

Minimal transfer Rp10.000, dan maksimal transfer sesuai jenis akun (Unverified Rp2.000.000, Verified Rp20.000.000).

Pastikan Anda telah meng-upgrade akun Whiz Anda menjadi Whiz Verified, karena transfer saldo hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang telah melakukan upgrade akun.

1. Klik ikon ‘Transfer’ di homepage
2. Klik ‘Kirim ke Akun Bank/Virtual Account’
3. Masukkan bank tujuan, nomor rekening bank, nama pemilik rekening bank, dan nominal, lalu klik ‘Konfirmasi’
4. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tanda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Catatan: Fitur transfer bank hanya dapat digunakan oleh pengguna Whiz. Harap tingkatkan akun Anda terlebih dahulu.

Ya, lihat caranya pada pertanyaan FAQ “Bagaimana cara melakukan transfer keluar saldo Whiz?”

1. Pastikan bank tujuan dan nominal saat melakukan transaksi sudah benar.
2. Cek mutasi rekening bank penerima apakah ada saldo masuk sesuai jumlah yang diminta dari “ATM Bersama Midazpay”.

Jika dalam 1×24 jam saldo masih belum diterima, Anda bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Nominal Transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) per transaksi. Namun demikian, Whiz dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas Transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap Pengguna QRIS, yang ditetapkan berdasarkan manajemen risiko Whiz, sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan Bank Indonesia.

Whiz dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant online favorit Anda dengan menggunakan fitur “Pembayaran” atau “transfer”

1. Sebelum pembayaran, lakukan pemesanan di situs/aplikasi merchant online Anda
2. Saat memilih metode pembayaran, pilih “Transfer Bank”. Pilih rekening bank yang saat ini dapat diproses oleh Whiz, seperti yang terdapat di bawah ini –
E-wallet:
– OVO: Nobu VA, BNI VA
– Gopay: CIMB VA
– LinkAja: LinkAja/TCASH VA
– DANA: BRI VA, BNI VA, Mandiri VA, CIMB VA, Permata VA, BTPN VA
– ShopeePay: Mandiri VA
E-commerce:
– Tokopedia: Mandiri VA, BRI VA, Danamon VA, CIMB VA
-Shopee: BNI VA
– Bukalapak: Danamon VA, Permata VA, BRI VA

Kemudian, klik konfirmasi dan buat pesanan

3. Anda akan mendapatkan detail pembayaran Virtual Account. Catat nomor Virtual Account tersebut.
4. Buka aplikasi Whiz
5. Pilih “Pembayaran” dan “Akun Bank/Virtual Account”, lalu pilih bank tujuan yang telah dipilih sebelumnya di situs/aplikasi online merchant
6. Masukkan nomor virtual account pada detail rekening dan jumlah yang akan ditransfer. Pastikan jumlah tersebut sesuai dengan struk pembelian. Klik “Lanjutkan”
7. Pastikan jumlah, nama penerima dan tujuan per struk pembelian. Klik “Konfirmasi” dan masukkan PIN. Pembayaran selesai.

Setelah selesai melakukan transfer dari Whiz, Anda dapat –
(1) Periksa rekening bank tujuan untuk melihat apakah saldo Whiz Anda sudah diterima atau belum, ATAU
(2) Refresh halaman pembayaran merchant online Anda untuk melihat apakah status pembayaran sudah diperbarui

Jika Anda mentransfer saldo Whiz Anda ke nomor rekening bank yang salah dan status transaksi “Gagal”, jangan khawatir, itu berarti saldo Whiz Anda tidak terpotong.

Namun apabila status transaksi “Berhasil”, mohon maaf, sesuai dengan syarat dan ketentuan Whiz yang berlaku, apabila terjadi kesalahan pada saat memasukkan jumlah nominal atau nomor rekening bank tujuan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna dan transaksi yang berhasil tidak dapat dibatalkan.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Kamu belum upgrade akun Whiz menjadi Whiz verified. Upgrade dulu akun Whiz-mu dengan mengikuti langkah-langkah diatas, fitur transfer hanya bisa dilakukan oleh pengguna Whiz verified.
2. Jaringan internetmu tidak stabil atau sedang terjadi gangguan server pada aplikasi Whiz/bank tujuan. Coba lakukan transaksi kembali beberapa saat lagi.
3. Akun rekening bank penerima tidak valid. Coba periksa kembali nomor rekening tujuan dan pastikan rekening masih aktif.
4. Akun rekening bank penerima terblokir sehingga transfer tidak dapat dilakukan.
5. Virtual Account (VA) belum terdaftar di Whiz.
Jika kamu mengirim saldo Whiz ke nomor VA yang valid namun transaksi transfer gagal, hal ini kemungkinan terjadi karena nomor VA yang kamu tuju belum terdaftar di Whiz.

Berikut adalah Toko online (e-commerce) yang bisa diproses oleh Whiz saat ini:

Tokopedia: Mandiri VA, BRI VA, Danamon VA, CIMB VA
Shopee: BNI VA
Bukalapak: Danamon VA, Permata VA, BRI VA
*) Informasi mengenai nomor VA bisa dilihat di platform masing-masing Mitra Usaha.

Jika Anda tidak dapat melakukan transaksi di merchant menggunakan Whiz, pastikan hal-hal berikut:

  • Saldo dompet Anda cukup
  • Anda memiliki koneksi internet yang stabil
  • Anda menggunakan aplikasi Whiz versi terbaru
  • Pastikan Anda telah memasukkan PIN dengan benar
  • Memindai kode QR di posisi yang sesuai
  • Jumlah pembayaran menggunakan scan kode QR tidak melebihi Rp10.000.000/ transaksi

Jika Anda telah memastikan hal-hal di atas, tetapi masih tidak bisa melakukan pembayaran, kamu bisa melaporkannya kepada kami melalui [email protected]

Jika saldo dompet Anda terpotong karena transaksi gagal di online store/e-commerce, Anda bisa menghubungi online store/e-commerce terlebih dahulu.

Harap diperhatikan bahwa jika status transaksi gagal, saldo dompet akan dikembalikan secara otomatis maksimal 3×24 jam.

Jika setelah waktu yang disebutkan, saldo dompet Anda belum dikembalikan, laporkan masalah Anda kepada kami melalui [email protected]. Kami dengan senang hati akan membantu.

Jika Anda mengalami kegagalan transaksi di toko offline menggunakan Whiz, maka saldo dompet yang sudah dipotong akan langsung dikembalikan ke dompet Anda.

Namun, jika saldo dompet Anda belum dikembalikan setelah transaksi gagal dan online store tidak dapat melakukan pengembalian dana, Anda dapat melaporkannya kepada kami melalui [email protected] maksimal 3×24 jam setelah transaksi dilakukan. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.

Split Bill merupakan fitur untuk membagi total pembayaran yang sudah Anda lakukan bersama teman dan meminta mereka untuk membayar bagian mereka kepada Anda.

Anda dapat menggunakan Split Bill melalui tiga cara –
1. Melalui struk transaksi berhasil, klik ‘Split Bill Transaksi Ini’
2. Melalui ikon ‘Permintaan Split Bill’ di Homepage
3. Melalui fitur Permintaan, klik ‘Permintaan, kemudian klik ‘Ajukan Permintaan dengan Split Bill’. Isi jumlah nominal yang ingin dibagi.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah selanjunya –
1. Tambah teman untuk Split Bill
2. Akan muncul hasil pembagian tagihan, Klik ‘Konfirmasi Split Bill’
3. Permintaan tagihan terkirim

Catatan: Saat ini, Anda hanya bisa menambahkan teman yang sudah menggunakan Whiz untuk membagi tagihan.

Saat Anda melakukan Split Bill dari struk transaksi, maka jumlah tagihan akan terkunci.
Untuk melakukan Split Bill dengan jumlah yang berbeda, Anda dapat melakukannya melalui ikon ‘Permintaan Split Bill’ di homepage atau melalui halaman ‘Permintaan’ dan masukkan jumlah yang diinginkan.

Saat ini fitur Split Bill hanya bisa digunakan untuk pengguna Whiz. Pastikan teman Anda sudah mendaftarkan nomornya di Whiz.

Ya, Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin membagi tagihan: membagi total biaya secara merata untuk setiap orang atau membagi jumlah yang berbeda untuk setiap orang. Jika Anda memilih untuk membagi secara berbeda, masukkan jumlah yang harus dibayar untuk setiap orang.

Ketika nominal seseorang diubah, maka nominal orang lain yang tidak berubah akan dibagi rata.

Tidak, tapi total pembayaran bisa dibagikan kepada teman-teman Anda sehingga nominal yang harus Anda bayar menjadi nol.

Anda dapat menemukan riwayat permintaan keluar melalui fitur ‘Permintaan’.
1. Klik ikon ‘Permintaan’
2. Pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih dan tekan permintaan yang ingin dihapus
4. Klik ‘Hapus’

Akan muncul notifikasi permintaan uang, klik notifikasi tersebut atau ikuti langkah berikut.
1. Klik ikon ‘Permintaan’ pada menu homepage
2. Pilih halaman ‘Masuk’
3. Pilih permintaan yang ingin dibayar
4. Klik ‘Penuhi Permintaan’
5. Periksa detail di halaman Transfer, klik ‘Konfirmasi’ dan selesaikan transaksi Anda
6. Setelah selesai, Anda akan melihat bukti transfer berhasil

Catatan: Pastikan Anda telah mengupgrade akun Whiz Anda menjadi Whiz Verified, karena transfer saldo hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah mengupgrade akun.

Pembayaran mungkin sudah dilakukan menggunakan fitur Transfer, harap periksa apakah terdapat transfer yang masuk dengan nominal yang ditagihkan.

Jika pembayaran selesai, permintaan keluar dapat dibatalkan. Lihat pertanyaan “Bagaimana cara membatalkan permintaan Split Bill?” untuk membatalkan permintaan.

1. Klik ikon ‘Pulsa & Game’ pada homepage
2. Klik ikon ‘Pulsa’
3. Masukkan nomor telepon atau pilih dari Kontak Anda
4. Pilih nominal/paket yang diinginkan
5. Klik ‘konfirmasi pembelian’
6. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tanda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Jika pembelian pulsa gagal, saldo akan dikembalikan ke dompet Whiz Anda. Anda dapat memastikan bahwa nomor yang Anda masukkan benar, dan coba lagi.

Saat melakukan pembelian pulsa:
1. Pastikan nomor dan nominal sudah benar
2. Cek secara berkala dan tunggu 1×24 jam sampai pulsa diterima.

Jika setelah itu pulsa masih belum diterima, Anda bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Tidak bisa. Jika pembelian pulsa/paket sudah sukses, Anda tidak bisa melakukan pembatan dan kami tidak bisa mengembalikan dana. Proses refund hanya diberikan jika pembelian pulsa/paket data gagal.

Tidak ada. Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap pembelian pulsa/paket data di Whiz

1. Klik ikon ‘Top-up Pulsa & Game’ di Homepage
2. Pilih ‘Game Top-up & Voucher’
3. Pilih Games dan Item Games yang ingin dibeli
4. Klik ‘Lanjutkan Pembelian’
5. Isi Form Pembelian Top-up Games dan Klik ‘Konfirmasi Pembelian’. Pastikan Anda memasukkan data yang benar, kesalahan dalam input data bukan tanggung jawab Whiz
6. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tanda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Untuk melakukan redeem voucher, buka tanda terima pembelian/struk transaksi voucher game yang Anda miliki. Akan ada kode voucher di dalam struk transaksi tersebut. Salin kode voucher yang Anda terima dan masukkan kode voucher pada game yang Anda beli.

Untuk melihat pembelian voucher sebelumnya, buka struk pembelian/struk transaksi voucher game yang Anda miliki. Anda akan melihat kode voucher di struk transaksi tersebut.

Voucher/item game/streaming akan langsung Anda terima maksimal 2×24 jam di hari kerja setelah Anda melakukan pembelian.
Bila Anda belum menerima voucher/item game/streaming lebih dari waktu tersebut, silakan hubungi [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Pastikan hal-hal berikut ini –
1. Pastikan Anda memasukkan kode voucher sesuai yang didapatkan
2. Tidak menyisipkan spasi di awal atau di akhir kode
3. Re-login dan coba reedem kembali

Jika Anda sudah melakukan 3 cara di atas namun masih tidak berhasil, Anda dapat menghubungi [email protected] dengan mengirimkan bukti transaksi dan screenshoot pesan eror yang diterima.

Jika pembelian top-up atau voucher games gagal, saldo akan dikembalikan ke dompet Whiz Anda. Jika dalam 2×24 jam kerja saldo tidak diterima, hubungi [email protected], kami akan segera membantu Anda.

Kamu bisa email ke [email protected] dengan memberitahukan games apa yang kamu inginkan. Kami akan coba menghadirkan games keinginan kamu.

Untuk melihat pengeluaran Anda
1. Klik ‘lihat semua’ pada bagian ‘info pengeluaran’
2. Pilih bulan yang ingin Anda lihat

Anda bisa melihat ringkasan pembelian ataupun transfer yang Anda lakukan selama satu bulan/satu periode, diurutkan dari pengeluaran terbesar sampai terkecil.

Untuk Parents, Anda bisa melihat ringkasan pengeluaran anak Anda melalui fitur ‘pantauan’

Fitur Tugas adalah sebuah daftar berisi tugas yang dapat dibuat secara custom, dimana dapat diberikan imbalan jika diselesaikan.

Orang Tua yang telah menghubungkan akunnya dengan akun Anak Muda.

Menggunakan akun Orang Tua dalam aplikasi Whiz,
1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Klik tombol ‘Buat Tugas’
3. Isi detail tugas, reward (jika ada), masa berlaku dan centang nama Anak Muda yang telah terhubung untuk diberikan tugas
4. Klik tombol ‘Buat Tugas’

  1. Klik ikon ‘Tugas’
  2. Pada ‘Daftar Tugas Aktif’, cari kartu tugas yang telah diselesaikan, klik tombol ‘Tugas Sudah Selesai’
  3. Status kartu akan berubah menjadi pending approval. Dan ketika disetujui oleh Orang Tua, reward akan secara otomatis ditransfer/tercatat

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Dalam widget ‘Menunggu Persetujuan’, akan terlihat seluruh tugas yang telah selesai
3. Verifikasi tugas dengan melakukan klik pada ‘Setujui Tugas’ atau apabila tugas belum selesai, klik ‘Tolak Tugas’

Skenario 1 –
4. Jika ‘Setujui Tugas’ dipilih, tugas yang memiliki reward berupa saldo, Anda akan diarahkan ke halaman ‘Transfer’
5. Klik ‘Konfirmasi’ dan otorisasi transaksi menggunakan PIN untuk melakukan transfer saldo ke Anak Muda

Skenario 2 –
4. Jika ‘Setujui Tugas’ dipilih, tugas yang memiliki reward bukan berupa saldo, reward akan otomatis tercatat

Skenario 3 –
4. Jika ‘Tolak Tugas’ dipilih, tugas tersebut akan kembali ke daftar tugas aktif pada aplikasi Orang tua dan Anak Muda

  1. Klik ikon ‘Tugas’
  2. Anda dapat melihat seluruh tugas pada ‘Daftar Tugas Aktif’
  1. Klik ikon ‘Tugas’
  2. Klik tombol ‘Cek Detail Semua Tugas’
  1. Klik ikon ‘Tugas’
  2. Klik tombol ‘Cek Detail Semua Tugas’
  3. Pilih tugas yang ingin diubah dan klik pada ikon ‘pensil’ atau ikon ‘tempat sampah’ untuk tugas yang ingin dihapus

Fitur Kantong memungkinkan pengguna untuk menyisihkan uang dan mencapai suatu target tertentu atau produk tertentu dengan Kantong yang berbeda.

fitur yang bertujuan untuk membantu pengguna menabung dan mendapatkan bonus saldo untuk membeli barang yang diinginkan.

fitur yang bertujuan untuk membantu pengguna menabung dan mendapatkan saldo bonus untuk mencapai target/tujuan mereka.

Pengguna dapat membuat maksimal 3 Kantong pribadi di Whiz. Kantong tersebut sudah mencakup semua jenis, baik Target Sendiri maupun Produk Pilihan

Tidak ada biaya tambahan. Anda hanya perlu menabung untuk mencapai target/harga produk yang diinginkan. Semakin konsisten Anda menabung, semakin banyak bonus saldo yang akan Anda dapatkan.

Whiz saat ini memungkinkan pengguna untuk menabung untuk ‘Produk Pilihan’ dalam jangka waktu 1, 2, 3, dan 6 bulan, sedangkan untuk ‘Target Pilihan’ dalam jangka waktu 1, 2, 3, 6, dan 12 bulan. Dan kami memberikan fleksibilitas penuh kepada pengguna untuk memutuskan seberapa sering mereka ingin mengisi Kantong.

1. Klik ikon Kantong
2. Pilih – ‘Produk Pilihan’ atau ‘Target Sendiri’
3. Jika kantong ‘Produk Pilihan’ dipilih, pilih produk dari daftar produk yang tersedia dan pilih durasi menabung yang diinginkan. Jika kantong ‘Target Sendiri’ yang dipilih, isi detail kantong beserta durasi menabung yang diinginkan.
4. Klik ‘Buat Kantong’

Anda hanya dapat mengedit pocket ‘Target Sendiri’. Namun, jumlah dan durasi kantong yang diinginkan tidak dapat diedit.

Untuk mengedit semua informasi lainnya, berikut ini caranya –
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang Anda ingin ubah
3. Klik titik tiga di kanan atas
4. Klik tombol ‘Edit Kantong’
5. Ubah detail Kantong berupa nama, gambar, deskripsi
6. Klik ‘Konfirmasi Perubahan’

1. Klik ikon ‘Kantong’
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang Anda ingin tambah uang dan klik tombol ‘Isi Kantong’
3. Masukkan nominal top-up dan klik ‘Konfirmasi’

Terdapat beberapa alasan Anda tidak dapat menambahkan uang ke Kantong Whiz-
1. Anda sudah mencapai target sehingga harus menunggu hingga tanggal target berikutnya.
2. Kantong sudah kadaluwarsa. Untuk ketentuan kadaluwarsa kantong lihat pertanyaan ‘Adakah batas waktu penukaran barang?’
3. Jumlah uang yang ingin kamu tambahkan melebihi taget. Anda hanya bisa menambahkan uang sesuai target yang diminta.

Untuk memindahkan uang dari Kantong, untuk saat ini, Anda harus menghapus Kantong.
1. Klik ikon ‘Kantong’
2. Klik Kantong yang Anda inginkan ambil saldonya
3. Klik tombol ‘Hapus Saku’ dan konfirmasikan tindakan. Saldo kantong akan secara otomatis dipindahkan ke saldo dompet utama

Saldo Kantong tidak dapat digunakan. Apabila Anda ingin menggunakanknya, tolong pindahkan saldo ke dompet utama. Lihat caranya pada pertanyaan “Bagaimana cara memindahkan uang keluar Kantong”.

1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang anda ingin ubah
3. Klik tombol ‘Hapus Kantong’
4. Halaman konfirmasi akan muncul dan klik tombol ‘Hapus Kantong’. Saldo kantong akan secara otomatis dipindahkan ke saldo dompet utama.

Jika Anda menghapus kantong dan tidak menyelesaikan target, tambahan bonus yang diberikan oleh Whiz juga akan terhapus dan tidak masuk ke saldo utama.

Ya, anda bisa melakukannya jika telah menghubungkan akun anda dengan Anak Muda anda!

Ketika akun terhubung, klik ikon “Pantauan” untuk melihat perkembangan dan detail Kantong Anak Muda anda.

Periode menabung tidak dapat diubah. Untuk mengubah periode, Anda bisa menghapus kantong dan membuat kantong baru dengan periode menabung yang baru. Namun, bonus yang telah Anda peroleh akan hilang.

Tidak ada batas pengubahan. Anda dapat mengubah varian warna kapan saja – saat membuat kantong, saat melihat rincian kantong, dan saat menukarkan kantong.

Jika Anda tidak berhasil mencapai target, maka Anda tidak akan mendapatkan saldo tambahan dari Whiz.

Ya, Anda tidak dapat menambah saldo kantong Whiz jika sudah lebih dari 60 hari sejak tanggal jatuh tempo (tanggal pembuatan kantong + durasi penyimpanan).

Ya, Anda tidak dapat menukarkan barang di Kantong Whiz Produk Pilihan jika sudah lebih dari 60 hari setelah tanggal jatuh tempo (tanggal pembuatan kantong + durasi penyimpanan).

Setelah Anda mencapai target kantong Produk Pilihan, Anda dapat menukarkan barang yang Anda inginkan dengan mengisi alamat pengiriman barang. Pastikan Anda mengisi alamat dengan lengkap, Whiz tidak bertanggung jawab apabila terdapat kesalahan alamat karena kelalaian pengguna.

Setelah itu, barang akan diserahkan ke kurir dalam 3-5 hari kerja untuk dikirimkan ke alamat Anda. Waktu pengiriman bervariasi tergantung alamat Anda.

Tidak ada. Biaya ongkos kirim akan ditanggung oleh Whiz selama berlokasi di Indonesia.

Anda dapat melacak status barang di halaman ‘Informasi Pengiriman’.
Jika barang sudah diserahkan ke kurir, Anda juga akan melihat nomor resi di halaman tersebut.

Pastikan barang memang tidak dikirim ke alamat yang Anda input, kemudian ceritakan masalah Anda ke [email protected].

Tim kami akan membantu menghubungi kurir pengiriman dan kami akan segera mengirim ulang barang Anda apabila terjadi kelalaian oleh kurir pengiriman.

Whiz tidak menjual barang, kami bekerja sama dengan mitra pedagang yang kredibel. Setelah Anda menyelesaikan target Kantong Produk Pilihan, kami akan membeli barang tersebut atas nama Anda dan mengirimkannya ke alamat Anda.

Anda bisa membuat Kantong Target Sendiri dengan menentukan nominal dan target menabung sendiri. Anda juga akan mendapatkan bonus sesuai displin Anda mengisi Kantong.

Selain itu, jika Anda memiliki saran barang yang Anda inginkan, Anda bisa memberitahu kami melalui Instagram @whiz.idn atau email [email protected].

Untuk membuat kantong bersama, ikuti langkah berikut –
1. Klik ikon Kantong pada halaman homepage
2. Pilih halaman Kantong Bersama dan klik ‘Buat Kantong Bersama’
3. Lengkapi Kantong Bersama dengan mengisi nama, mengunggah foto, dan deskripsi kantong. Klik ‘Lanjut’
4. Tambah Anggota Kantong, klik ‘Lanjut’
5. Periksa kembali rincian kantong, klik ‘Buat Kantong’

Anda bisa membuat maksimal 3 Kantong Bersama

Tidak ada jumlah maksimal anggota yang dapat diundang dalam satu Kantong Bersama.

Untuk saat ini, Kantong Bersama hanya bisa diakses oleh akun tipe Anak. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menambahkan akun orang tua ke Kantong Bersama.

Sebagai anggota Anda bisa keluar dari Kantong Bersama, dengan mengikuti langkah berikut
1. Klik ikon ‘kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik Kantong Bersama pilihan Anda
3. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
4. Pilih ‘Keluar Kantong Bersama’
5. Klik ‘Keluar Kantong’

Tambahkan anggota ke Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di homepage, dan pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Klik ‘Tambah Anggota Kantong’
4. Masukkan nomor telepon atau pilih dari buku alamat telepon.
5. Klik detail kontak yang akan ditambahkan ke dalam Kantong Bersama
6. Klik ‘Tambah x Anggota’. Pastikan data anggota sudah benar

Sesuai dengan pengaturan Kantong Bersama, hanya pemilik atau pemilik dan anggota yang dapat menambahkan anggota tambahan ke Kantong Bersama.

Hanya pemilik Kantong Bersama yang dapat menghapus anggota dari Kantong Bersama.

Jika Anda adalah pemilik Kantong Bersama, Anda bisa mengeluarkan anggota dari Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Klik ‘Hapus Anggota’
4. Pilih anggota yang ingin dihapus dengan klik ikon ‘Sampah’
5. Klik ‘Lanjut’
6. Anggota sudah dihapus dari Kantong Bersama

Pemilik dan anggota Kantong bisa memantau aktivitas Kantong Bersama dengan mengikuti langkah berikut.
1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong bersama’ pilihanmu
3. Akan muncul rincian Kantong Bersama
4. Gulir ke bawah untuk melihat aktivitas Kantong Bersama

Pemilik dan anggota Kantong Bersama dapat menambah saldo dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di beranda, dan pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Masukkan Saldo’ dari Kantong Bersama yang ingin Anda tambahkan saldo
3. Masukkan nominal top-up dan klik ‘Isi Kantong’
4. Masukkan PIN Anda. Saldo akan ditransfer dari saldo dompet Anda ke Kantong Bersama

Catatan: Pastikan pemilik Kantong Bersama. Whiz tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Kantong Bersama.

Hanya pemilik Kantong Bersama yang bisa menarik uang dari Kantong Bersama.
Jika Anda pemilik Kantong Bersama, berikut cara untuk menarik uang dari Kantong Bersama –
1.Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Akan muncul rincian Kantong
4. Klik ‘Tarik Saldo’, pilih tujuan penarikan
5. Masukkan nominal penarikan
6. Klik ‘Tarik Saldo’ dan masukkan PIN

Catatan: Pastikan penarikan saldo berdasarkan kesepakatan bersama. Whiz tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan Kantong Bersama

Hal tersebut bisa saja terjadi karena saldo dompet Pemilik Kantong Bersama sudah mencapai batas maksimal. Silakan hubungi pemilik Kantong Bersama.

Tidak, saldo yang sebelumnya di top-up ke Kantong Bersama tidak bisa dikembalikan secara otomatis. Silakan hubungi pemilik Kantong Bersama untuk memproses pengembalian/penyelesaian lain.

Hanya pemilik Kantong Bersama yang dapat menghapus Kantong.

Jika Anda pemilik Kantong Bersama, hapus Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di beranda, dan pilih ‘Kantong Bersama.’
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Akan muncul detail Kantong, klik 3 titik di sisi kanan atas.
4. Klik ‘Edit Kantong’
5. Klik ‘Hapus Kantong’.

Jika Kantong Bersama masih berisi saldo, Anda akan diminta untuk menarik semua saldo. Lihat pertanyaan “Bagaimana cara menarik saldo dari Kantong Bersama?” untuk cara menarik saldo. Jika Kantong tidak memiliki saldo, halaman konfirmasi akan muncul dan klik tombol ‘Hapus Saku’

Catatan: Pastikan untuk menghapus saldo berdasarkan kesepakatan bersama. Whiz tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Kantong Bersama.

1. Klik ikon ‘Info Uang Saku’ di beranda
2. Klik ‘Buat Jadwal Uang Saku’
3. Masukkan judul, jumlah, jadwal uang saku, periode pengulangan, dan tujuan. Centang kotak ‘Transfer Uang Saku Secara Otomatis’ jika Anda ingin saldo ditransfer dari saldo dompet Anda ke penerima secara langsung berdasarkan jadwal.
4. Setelah selesai, klik tombol ‘Atur Uang Saku’ dan klik ‘Konfirmasi’ untuk transfer otomatis.

Tidak. Anda tetap perlu memenuhi langkah-langkah transfer berikut –
1. Klik notifikasi pengingat uang saku
2. Pastikan tujuan, jumlah dan kategori transfer, klik tombol ‘Konfirmasi’
3. Otorisasi transaksi dengan PIN Anda dan terima bukti transfer

Tidak ada uang saku yang akan dikirim ke salah satu anak. Orang tua harus secara manual mengirim uang saku kepada semua anak untuk periode tersebut.

Menggunakan akun orang tua,
1. Klik ikon ‘Uang Saku’
2. Di bawah bagian ‘reminder uang saku’, klik tombol ‘Edit’
3. Untuk membuat transfer uang saku otomatis, centang kotak “Transfer uang saku secara Otomatis”, dan untuk mentransfer uang saku secara manual, hapus centang pada kotak. Klik ‘Simpan’

Untuk saat ini kamu tidak bisa mengirim nominal yang berbeda dalam satu Uang Saku. Kamu bisa melakukannya dengan membuat Uang Saku secara terpisah.

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’, kemudian atur berapa nominal yang anda ingin batasi

Seluruh pembayaran untuk barang dan jasa, hingga transfer keluar antar akun Whiz.

Batasan pengeluaran mingguan akan secara otomatis di-reset setiap hari Senin, pukul 12:01 WIB.

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol on menjadi off pada ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kunci sementara transaksi akun anak’

Akun tersebut tidak dapat melakukan seluruh pembayaran untuk barang dan jasa, hingga transfer keluar antar akun Whiz.

Penyebab terkuncinya transaksi akun anak sebagai berikut:

  1. Pengeluaran akun anak telah melewati batas pengeluaran mingguan
  2. Orang tua yang mengunci transaksi akun anak secara manual

Hanya akun orang tua yang dapat membuka kunci transaksi akun anak dengan cara berikut –

Jika transaksi akun anak telah terkunci karena telah melewati batas pengeluaran mingguan,
1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Pada menu ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’, tingkatkan jumlah nominal batas pengeluaran

Jika transaksi akun anak telah terkunci karena orang tua yang mengunci transaksi akun anak secara manual,
1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol on menjadi off pada ‘Kunci sementara transaksi akun anak’

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kirim notifikasi setiap anak bertransaksi’, kemudian atur berapa nominal yang anda ingin beri notifikasi

Anda dapat menggunakan otentikasi biometrik – baik otentikasi sidik jari atau Face ID

1. Klik bagian ‘profil’ pada homepage Whiz
2. Klik ikon roda gigi di kanan atas
3. Pada bagian ‘Keamanan’ terdapat pilihan ‘Gunakan Biometrik’
4. Aktifkan tombol ‘Gunakan Biometrik’ dan verifikasi sensor sidik jari kamu atau otentikasi face ID kamu
Autentikasi Biometrik sudah aktif, kamu tidak perlu lagi memasukkan PIN untuk masuk ke akun Whiz atau saat transaksi

Fitur ini hanya tersedia jika perangkat Anda mendukung otentikasi Face ID/Sidik Jari.

Anda dapat mengatur fitur ini, seperti menonaktifkan atau mengaktifkannya kembali melalui halaman ‘Profil’ di aplikasi. Jika Anda tidak dapat menggunakan sidik jari/Face ID saat melakukan transaksi, Anda hanya perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Segera hubungi Costumer Support Whiz, dengan mengirimkan email ke [email protected]. Kami akan segera membantu Anda untuk melakukan blokir dan buka blokir terhadap rekening Whiz Anda.

Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tercatat di halaman “Informasi Pengeluaran”.

Jika Anda merasa seseorang menggunakan akun Whiz Anda tanpa sepengetahuan Anda, seperti:

  • Anda menerima notifikasi yang berisi bahwa seseorang sudah mengubah profil seperti nama, nomor telepon, atau alamat email Anda di aplikasi Whiz. Anda dapat memeriksa halaman ‘Profil’ untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak. Jika profil Anda tidak berubah, berarti akun Whiz Anda aman. Tetapi, Anda harus selalu waspada dan jangan memberikan izin kepada orang lain untuk mengakses akun Anda.
  • Ada yang meminta kode OTP akun Whiz Anda karena berbagai alasan atau berpura-pura berasal dari Whiz. Whiz tidak pernah meminta kode OTP dengan alasan apapun.

Anda juga bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]

Jika Anda mengalami scam untuk kasus seperti:

  • Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz dan memberitahu Anda bahwa Anda memenangkan kontes dan mendapatkan voucher, cashback, promo khusus, atau uang tunai sebagai hadiah
  • Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang atau saldo dompet
  • Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta Anda untuk membeli barang, jasa, atau top-up ke bank/rekening seseorang
  • Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta PIN atau OTP Anda.

Anda harus selalu waspada terhadap mereka yang mengaku sebagai Whiz melalui media sosial atau email. Akun resmi kami hanya:

Instagram: @Whiz.idn

Email: [email protected]

Jika Anda mendapatkan pesan dari akun selain yang disebutkan di atas, jangan ditanggapi! Terlebih jika mereka meminta data pribadi Anda, segera laporkan melalui [email protected].

Jika Anda merasa saldo dompet Anda berkurang atau tidak menunjukkan jumlah yang benar saat Anda tidak melakukan transaksi apapun, laporkan masalah tersebut melalui [email protected]