Kegiatan Keluarga di Rumah

Kegiatan Keluarga di Rumah, Apa Saja yang Seru?

Kegiatan Keluarga di Rumah – Parents, menguatkan ikatan dengan anak merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang tua. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga.

Menurut Jane Cindy, Psikolog di RS Pondok Indah, dalam medcom.id, anak paling senang jika bermain ditemani orang tuanya. Orang tua harus terlibat langsung dalam kegiatan bersama anak juga harus ada interaksi dua arah yang interaktif. Hal tersebut akan memperkuat bonding antara anak dan orang tua.

Meluangkan waktu bersama keluarga memang sulit dilakukan, terutama jika kamu memiliki jadwal yang sibuk di kantor. Akan tetapi, kamu masih bisa melakukan kegiatan bersama keluarga di rumah saat akhir pekan atau saat malam hari.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah? Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Peran Orang tua Mendidik Anak: Seperti Apa ya?


7 Kegiatan Keluarga di Rumah yang Pastinya Seru

1. Menonton Film atau Series TV

Kegiatan pertama yang cocok dilakukan bersama keluarga di rumah adalah menonton film. Kegiatan ini sangat pas dilakukan saat malam hari. Selain dapat meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak, menonton film juga bisa menambah wawasan anak.

Orang tua bisa memilih film-film animasi, seperti Lion King, Coco, atau Inside Out yang menggambarkan apa itu emosi. Jangan lupa membuat popcorn sebagai teman menonton kalian ya!

2. Berkemah di Halaman Rumah

Kegiatan Keluarga di Rumah

Dunia anak-anak masih dilengkapi dengan banyak kreativitas dan imajinasi. Oleh karena itu, mengajak anak berkemah di halaman rumah adalah kegiatan yang sangat cocok untuk dilakukan bersama keluarga

Orang tua bisa mengajak anak berkemah dengan aman di rumah. Mulai dari membuat tenda bersama, melakukan permainan saat berkemah, dan menyiapkan bekal makanan seperti sedang berkemah sungguhan. Pasti sangat mengasyikan!

3. Menata Ulang Perabotan Rumah Bersama

Menata ulang perabotan sekaligus membersihkan rumah bisa dijadikan kegiatan seru bersama keluarga, lho. Orang tua bisa mengajak anak membersihkan rumah sambil bermain. Cara ini tidak hanya menguatkan ikatan antara orang tua dan anak, juga mengajarkan anak tanggung jawab terhadap kebersihan rumah

Selain itu, dengan menata ulang perabotan, suasana rumah akan terasa berbeda. Tidak membosankan dan akan membuat keluarga lebih betah di rumah.

4. Memisahkan Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Memiliki banyak barang-barang tidak terpakai? Ayo ajak keluarga membantu memisahkan barang-barang mereka untuk dibuang atau disumbangkan. Dengan begitu, barang-barang yang menumpuk di rumah bisa berkurang.

Kegiatan memisahkan barang ini bisa menjadi alasan yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sekaligus melakukan hal yang bermanfaat untuk orang lain.

5. Memasak dan Membuat Kue

Kegiatan Keluarga di Rumah

Kegiatan bersama keluarga selanjutnya adalah memasak bersama. Cara sederhana ini bisa menguatkan hubungan orang tua dan anak, lho.

Kamu tidak perlu memasak sesuatu yang rumit, cukup membuat kue kering atau cookies dengan bentuk yang lucu. Kemudian menikmati kue hasil buatan kalian sebagai teman menonton film. Pasti seru!

6. Bermain Board Game

Siapa yang senang bermain board game? Ada banyak jenis permainan papan yang bisa kamu pilih untuk dimainkan bersama keluarga, seperti monopoli, ular tangga, hingga scrabble.

Bermain board game bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk mengisi waktu bersama keluarga. Selain itu, bermain board game juga memiliki banyak manfaat untuk anak, lho. Anak-anak bisa belajar mengambil keputusan, memecahkan masalah, berlatih kerja sama, dan lain-lain.

7. Melakukan Sesi Bercerita

Kegiatan Keluarga di Rumah

Inti dari suatu hubungan adalah komunikasi, begitu juga hubungan orang tua dengan anak. Banyak orang tua yang tidak akrab dengan anaknya. Selain itu, banyak juga anak yang segan dan canggung menceritakan sesuatu kepada orang tua.

Oleh karena itu, ketika memiliki waktu bersama, alangkah baiknya jika digunakan untuk saling berkomunikasi dan bercerita. Kegiatan ini sangat berguna untuk mengakrabkan diri dan menumbuhkan sikap saling percaya.

Dengan cara ini, orang tua bisa lebih mengenal sang anak dan mengetahui perubahan yang terjadi dalam diri anak. Yuk mulai sesi curhat bersama keluargamu sekarang!

Baca Juga: 8 Peran Orang Tua dalam Pendidikan Keuangan Anak


Itu tadi beberapa kegiatan-kegiatan keluarga yang wajib kamu coba di rumah. Yuk ciptakan momen dan suasana yang menyenangkan bersama keluargamu.

Nah, untuk menciptakan suasana yang menyenangkan untuk keunganmu, kamu wajib menggunakan Aplikasi Keuangan Whiz. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan bersama keluarga, termasuk anak-anak, lho.

Selain itu, kamu juga bisa ikut giveaway di sosial media Whiz, lho. Simak syarat dan ketentuannya, yuk!

1. Syarat Mengikuti Program

a) Giveaway #KuWhiz diadakan secara serentak di berbagai akun sosial media Whiz yang melakukan posting terkait Giveaway.
b) Giveaway berhadiah produk sesuai deskripsi yang tertera pada caption di setiap sosial media.

2. Syarat Klaim Hadiah

a) Peserta belum pernah melakukan klaim atas hadiah dari program promo yang diselenggarakan Whiz ataupun mitra Whiz.
b) Hanya data Peserta yang telah memenuhi syarat yang akan diperhitungkan sebagai dasar klaim hadiah.
c) Setiap nomor HP yang terdaftar di akun Whiz hanya bisa memenangkan giveaway di semua sosial media Whiz maksimal 3x dalam setahun.

3. Disclaimer

a) Program ini bersifat sukarela dan tidak dipungut biaya apapun.
b) Penentuan Pemenang merupakan kewenangan mutlak dari pihak Whiz.
c) Whiz berhak membatalkan program sewaktu-waktu ataupun membatalkan pemberian hadiah apabila dalam mengikuti program ini Peserta terindikasi penipuan tanpa perlu dibuktikan kepada Peserta.
d) Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan Whiz.
e) Program tidak berlaku bagi karyawan Whiz.
f) Peserta menyatakan menyetujui syarat dan ketentuan ini dengan berpartisipasi dalam program ini.

Tunggu apalagi, langsung ikutan dan menangkan berbagai hadiah menarik dari Whiz!

AYO PAKAI APLIKASI KEUANGAN WHIZ BERSAMA KELUARGAMU!