Mengapa menjadi Merchant di platform Whiz?

Whiz memberikan dukungan yang tepat sebagai aplikasi keuangan untuk bisnis anda

  • Terima pembayaran QRIS dengan mudah

    Terima uang secara online maupun offline dari siapapun

  • Mudah pencatatan transaksi

    Semua pembayaran yang diterima otomatis tercatat

  • Naikkan keuntungan bisnismu

    Bergabung kedalam ekosistem Whiz dengan 100rb+ remaja dan keluarga

Mulai kembangkan bisnismu dengan menjadi Whiz Merchant

Daftar gratis sekarang atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran:

Jenis Dokumen PT CV Yayasan/Koperasi Pribadi
Merchant Request From (MRF)
Identitas Pemilik atau Penanggungjawab (KTP)
NPWP
TDP atau NIB (Nomor Induk Berusaha)
Izin Usaha (Berupa SIUP atau dokumen setara)
Foto Gerai (Merchant Offline) atau Website resmi toko (Merchant Online)
Akta Pendirian, Akta Perubahan dan SK KEMENKUMHAMnya

Yang Sering Ditanyakan

Apa itu Whiz Merchant?

“Whiz Merchant” adalah merchant yang telah terdaftar sebagai Whiz Merchant dan melakukan pendaftaran untuk melakukan kerjasama penerimaan transaksi pembayaran dengan Whiz, untuk tujuan membuat merchant dapat melakukan penerimaan transaksi pembayaran dengan instrumen pembayaran Whiz atau kanal pembayaran (payment channel) yang disediakan oleh Whiz, salah satunya adalah dengan kode QRIS.

Apa yang anda dapatkan jika anda menjadi Whiz Merchant?

Dengan menjadi Whiz Merchant, Anda akan menerima kemudahan-kemudahan dalam menerima pembayaran atas produk-produk yang Anda jual, di antaranya Anda akan:

  1. dapat menerima transaksi pembayaran melalui kode QRIS Whiz khusus milik Anda yang dilakukan dengan menggunakan instrumen pembayaran Whiz maupun instrumen lainnya yang dapat melakukan pembayaran QRIS (“Transaksi Whiz”) yang dilakukan oleh pelanggan-pelanggan Anda, salah satunya adalah dengan kode QRIS;
  2. menerima pencatatan atas Riwayat Transaksi Whiz yang telah berhasil diproses dari Kami (“PT Midazpay Digital Indonesia” atau “Whiz”)     ; dan
  3. menerima dana yang dihasilkan dari Transaksi Whiz (setelah dipotong “Merchant Discount Rate” atau “MDR” dan pajak sebagaimana yang berlaku) secara rutin dari Kami melalui transfer ke akun yang telah Anda daftarkan (“Dana Settlement”).
Kapan dana transaksi Whiz anda bisa anda terima?

Kami akan mentransfer dana Transaksi Whiz Anda setelah dikurangi dengan MDR dan pajak sebagaimana berlaku ke akun yang telah Anda daftarkan paling lambat 2 (dua) hari kerja sejak Transaksi Whiz berhasil dilakukan.

 

Jika terdapat perbedaan nominal transaksi pada laporan atau dana yang diterima silahkan mengirim laporan melalui email ke [email protected], Anda wajib untuk mengunggah tangkapan layar mutasi dan laporan serta menyebutkan bagian yang berbeda.

Apa yang dimaksud dengan MDR?

“Merchant Discount Rate” atau disingkat “MDR” adalah sejumlah tarif dalam persentase yang Kami kenakan kepada Anda dari setiap dana yang dihasilkan dari Transaksi Whiz Anda. MDR dikenakan atas pemrosesan Transaksi Whiz yang kami lakukan dan MDR akan diambil secara langsung dari setiap dana Transaksi Whiz Anda (“Dana Transaksi”).

 

Kami akan memberitahukan persentase MDR yang akan kami kenakan kepada Anda setelah Anda melakukan pendaftaran atau sebelum Anda melakukan aktivasi akun Whiz Merchant Anda.

 

Persentase MDR untuk setiap Whiz Merchant dapat berbeda-beda bergantung dari beberapa faktor di antaranya; metode penerimaan Transaksi Whiz yang digunakan, jenis dan skala usaha Whiz Merchant, dll.

 

Whiz Merchant sangat dilarang untuk membebankan biaya tambahan apapun (surcharge) kepada pelanggan atas transaksi yang dilakukan oleh pelanggan atau mengalihkan beban MDR kepada pelanggan yang melakukan transaksi, hal mana juga dilarang oleh Bank Indonesia. Kami akan melakukan penindakan tegas atas tindakan sebagaimana dimaksud.

 

MDR QRIS

MDR yang berlaku bagi Transaksi Whiz dengan pemindaian QRIS (MDR QRIS) akan dikenakan dan diberlakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

 

Jenis Merchant

Kategori

% MDR

Reguler

Usaha Mikro (UMI)

Nominal Transaksi < Rp 100.000 (kurang dari atau sama dengan seratus ribu rupiah)

0%

Nominal Transaksi > Rp 100.000 (lebih dari seratus ribu rupiah)

0,3%

Usaha Kecil (UKE), Usaha Menengah (UME), dan Usaha Besar (UBE)

0,7%

Khusus

Pendidikan

0,6%

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Badan Layanan Umum (BLU), Public Service Obligation (PSO) 

0,4%

Government to People (G2P) seperti Bantuan Sosial (Bansos), People to Government (P2G) antara lain pajak, paspor, dan donasi social (nirlaba)

0%

 

Perubahan MDR QRIS: MDR QRIS dapat diubah oleh Whiz dari waktu ke waktu untuk mengikuti ketentuan Bank Indonesia atau ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau perkembangan Whiz di kemudian hari.

 

MDR Non-QRIS: MDR yang berlaku bagi Transaksi di-luar QRIS (non-QRIS) akan dikenakan dan diberlakukan sesuai dengan kesepakatan antara Whiz dan Merchant.

 

Pajak: MDR (QRIS dan non-QRIS) yang dikenakan terhadap Merchant belum termasuk pajak sebagaimana berlaku, pajak dimaksud akan diambil dan dipotong langsung oleh Whiz dari Dana Transaksi bersamaan dengan rate MDR yang berlaku bagi Merchant.

Bagaimana pengajuan pengembalian saldo customer?

Jika terjadi kendala pembayaran pada transaksi QRIS customer, mohon pastikan terlebih dahulu status transaksi tersebut pada riwayat transaksi.

Jika kejadian-kejadian seperti di bawah ini terlanjur terjadi:

 

  • Customer kelebihan membayar karena salah memasukkan nominal ketika melakukan pembayaran dengan scan QRIS statis
  • Customer membayar dua kali untuk transaksi yang sama 
  • Anda tidak dapat menyerahkan barang yang sebelumnya hendak dibeli customer, walaupun customer sudah menyelesaikan pembayaran.

 

Anda bisa mengajukan pengembalian saldo (refund) customer dengan cara:

  1. Lihat riwayat transaksi Anda, dan pastikan bahwa transaksi pembayaran customer sudah tercatat dan berstatus “Success”
  2. Pencet tombol “Refund” yang ada di-samping transaksi yang berkaitan
  3. Anda akan mendapat pop-up untuk mengisi jumlah refund (maksimal sebesar jumlah yang dibayarkan customer). Pastikan Anda benar ingin melakukan refund, karena transaksi refund bersifat final.

 

Jika Anda mengalami kendala atau membutuhkan bantuan, harap hubungi kami melalui [email protected].

Bagaimana jika potongan komisi/MDR tidak sesuai?

Apabila Anda menemukan perbedaan atau ketidaksesuaian potongan komisi (fee) atau MDR yang dibebankan kepada pihak merchant terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan pada aplikasi Whiz. Untuk melaporkan kendala tersebut, silakan laporkan ke kami melalui [email protected]. Kami akan membantu Anda.

Mengapa kode QRIS yang saya cetak tidak bisa di-scan oleh customer?

Jika Customer mengalami masalah saat melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:  

 

  1. Device Customer tersambung dengan jaringan internet yang stabil 
  2. Kode QRIS yang tercetak dalam kondisi baik
  3. Tidak ada gangguan pada aplikasi yang digunakan Customer untuk melakukan scan

 

Jika Anda mengira bahwa ada gangguan pada aplikasi yang digunakan oleh Customer, harap minta Customer untuk menghubungi pihak aplikasi tersebut.

Jika Anda mengira bahwa ada gangguan pada sisi Whiz, harap hubungi kami melalui [email protected].

Mengapa Customer gagal dalam menyelesaikan pembayaran dengan scan kode QRIS yang saya cetak?

Jika Customer mengalami masalah saat melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:  

 

  1. Device Customer tersambung dengan jaringan internet yang stabil 
  2. Customer telah memasukkan PIN yang benar 
  3. Saldo Whiz Customer mencukupi 
  4. Kode QRIS yang tercetak masih aktif
  5. Tidak ada gangguan pada aplikasi yang digunakan Customer untuk melakukan scan

 

Jika Anda mengira bahwa ada gangguan pada aplikasi yang digunakan oleh Customer, harap minta Customer untuk menghubungi pihak aplikasi tersebut.

Jika Anda mengira bahwa ada gangguan pada sisi Whiz, harap hubungi kami melalui [email protected].

Mengapa saya tidak menerima pembayaran dari customer padahal pembayaran sudah sukses di aplikasi customer?

Pembayaran customer memakai selain Aplikasi Whiz

Minta untuk menghubungi perusahaan aplikasi yang customer Anda gunakan karena pemotongan saldo dilakukan oleh aplikasi tersebut, bukan Whiz.

 

Pembayaran konsumen memakai Aplikasi Whiz

Kirim laporan melalui email ke [email protected] untuk tim Whiz lakukan proses pengembalian dana (pencarian maksimal 20 hari kalender sejak pengajuan disetujui).

 

Pastikan Anda sudah melampirkan informasi berikut:

  1. Foto bukti saldo konsumen terpotong
  2. No HP Konsumen
  3. Tanggal transaksi
  4. Jenis pembelian
  5. Metode pembayaran yang digunakan oleh konsumen
  6. PIC Merchant
  7. Nama Toko
  8. No HP Merchant