menabung 20 juta dalam setahun

5 Cara Menabung 20 Juta dalam Setahun, Dijamin Efektif!

Menabung 20 Juta dalam Setahun – Sudah banyak sekali cara-cara menabung harian, mingguan, maupun bulanan yang bisa kita lakukan. Pada dasarnya, konsep menabung adalah untuk mempersiapkan dana darurat yang akan diperlukan di waktu mendatang. Namun, apakah mungkin menabung 20 juta dalam setahun? Jika bisa, bagaimana caranya agar efektif untuk pemula?

Ya, mungkin 20 juta merupakan nominal yang cukup banyak. Terutama jika masih memiliki banyak biaya pengeluaran yang menjadi tanggungan setiap bulannya. Namun itu bukanlah hal yang mustahil, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan pekerjaan sampingan, melakukan investasi, atau membuat usaha sampingan untuk menambah penghasil setiap bulan.

Terkadang juga sebenarnya banyak yang sudah mulai menabung, tapi ada saja keperluan mendesak. Misalnya biaya pendidikan, biaya kesehatan, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu memisahkan antara dana darurat dan tabungan setiap bulannya. Semuanya bisa tercapai dengan syarat harus memiliki tujuan spesifik dan tekad yang kuat untuk konsisten menabung. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara-cara kreatif yang bisa memotivasi kamu untuk menabung.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Menabung Harian yang Simple


5 Cara Menabung 20 Juta dalam Setahun

Menabung memang bukanlah hal yang mudah, terutama untuk seseorang yang tidak pernah melakukannya. Namun bukan berarti kebiasaan tersebut tidak bisa dilakukan. Kamu bisa memulai konsisten dengan membuat tabel menabung 20 juta dalam setahun, di mana kamu selama 52 minggu akan terus menyisihkan uang untuk tabungan.

Berikut ini 5 cara menabung 20 juta dalam setahun yang bisa kamu coba untuk pemula.

1. Buat Rekening Khusus Menabung 20 Juta dalam Setahun

Jangan mencapur rekening untuk menabung dengan uang keperluan sehari-hari. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk mengalokasikan dana untuk tabungan dan kebutuhan pokok setiap bulannya.

Kamu bisa membuat rekening khusus menabung 20 juta dalam setahun tanpa kartu ATM atau terkoneksi mobile banking dan internet banking agar uang tidak mudah diambil. Langkah ini dilakukan agar kamu tidak tergoda untuk mengotak atik uang khusus tabungan.

Kamu juga bisa mencoba investasi reksadana pasar uang untuk menggandakan uang dengan resiko yang rendah. Cara ini bisa membuat kamu konsisten dan tidak mudah mengambil saldo yang sudah dikumpulkan.

2. Manfaatkan Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Saat ini hampir seluruh bank sudah menyediakan fitur Automatic Debit bagi nasabah yang ingin menabung. Di mana uang yang masuk ke rekening tidak dapat diambil atau gunakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Menggunakan fitur ini adalah cara yang sangat efektif untuk mencapai target 20 juta dalam setahun.

Kamu bisa mengatur secara otomatis dana yang akan dialokasikan untuk menabung setiap bulannya sebesar 500 sampai 1 juta rupiah. Biasanya rekening tabungan ini tidak dapat diambil sampai jangka waktu yang sudah ditentukan.

3. Kurangi Gaya Hidup Boros

Cara yang satu ini juga tidak kalah penting dalam mencapai tujuan 20 juta dalam setahun. Bagaimana mungkin tidak? Saat ini gaya hidup masyarakat mengikuti tren semakin meningkat. Jangan sampai pendapatan dan gaya hidup berbanding lurus. Secara singkat, disaat pendapatan tinggi, gaya hidup pun ikut tinggi.

Kebiasaan mengonsumsi kopi, ternyata bisa membuat kamu kesulitan menabung. Dengan membeli kopi setiap harinya sebesar 20 sampai 40 ribu, kamu sudah menghamburkan uang yang sebenarnya dapat dialokasikan untuk menabung. 

Namun bukan berarti kamu juga tidak boleh membeli makanan atau minuman selain bekal, semuanya bergantung pada niat dan tekad diri untuk mencapai tujuan di awal. Sebagai gantinya, kamu dapat berhemat dengan membawa bekal dari rumah ataupun membuat kopi sendiri yang biaya pengeluarannya lebih sedikit.

4. Simpan Uang Receh

Saat kamu belanja ke toko, warung, mini market, dan lain sebagainya tak jarang mendapatkan kembalian uang receh. Walaupun receh, tetap saja kamu jangan sepelekan, karena langkah ini bisa jadi cara jitu untuk menabung 20 juta dalam setahun. Kamu bisa kumpulkan setiap kembalian belanja dan konsisten untuk tidak menggunakannya sampai waktu yang sudah ditetapkan.

5. Alokasikan 30 Persen THR atau Bonus Tahun

Langkah terakhir yang tak kalah penting, mengalokasikan setiap Tunjangan Hari Raya (THR) atau bonus tahunan yang kamu terima. Caranya adalah kamu alokasikan 30 persen setiap THR yang kamu terima untuk menabung. Hal ini tentu menjadi langkah yang efektif, karena bisa menambah dana alokasi tabungan. 

Baca Juga: Ternyata ini 10 Manfaat Mengapa Kita Harus Menabung!


Itulah 5 cara menabung 20 juta dalam setahun yang efektif untuk pemula. Menabung merupakan hal yang penting terutama disaat kamu membutuhkan dana darurat. Selain itu juga kamu bisa belajar mengelola keuangan agar tidak berantakan.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi keuangan untuk membantu dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran. Sehingga kamu bisa melacak semua pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Salah satu aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan adalah Whiz!

YUK, PAKAI APLIKASI WHIZ DAN KELOLA KEUANGANMU

Tinggalkan Komentar