Pentingnya Kebersamaan Dalam Keluarga

Kebersamaan Keluarga – Keluarga menjadi “rumah” bagi semua orang, namun masih ada juga beberapa orang yang tidak memahami betapa berharganya keluarga di kehidupan kita. Dikala kita mendapati kesulitan dalam hidup, keluarga lah yang menjadi tameng terkuat yang menjaga dan membantu kita. Lantas, apa pentingnya menjaga kebersamaan dalam keluarga untuk kehidupan yang lebih bahagia dan harmonis?

Keluarga sering kali diibaratkan seperti rumah, yaitu tempat semua orang bisa mendapatkan kehangatan, keamanan, dan kebahagiaan. Rumah adalah tempat kita pulang dan selalu kembali. Hal ini menjadikan kebersamaan dalam keluarga sebagai kewajiban setiap anggota untuk menjaga dan memeliharanya.

Bagaimana seorang anak terbentuk juga dipengaruhi dari besarnya peran lingkungan keluarga. Tidak hanya anak saja, tetapi untuk seluruh anggota keluarga di dalamnya. Menjaga kebersamaan dalam keluarga juga dapat mempererat hubungan emosional antar anggota di dalamnya. Berikut ini pentingnya kebersamaan dalam keharmonisan keluarga.

Baca Juga: 8 Tahap Perkembangan Keluarga yang Harmonis


Pentingnya Kebersamaan Dalam Keluarga

kebersamaan dalam keluarga

1. Mempererat Hubungan Emosional

Kuatnya hubungan emosional antar anggota keluarga membuat kita saling merasa membutuhkan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Dengan begitu, keluarga akan menjadi sumber bahagia bagi setiap anggota keluarga di dalamnya, karena ikatan emosional yang erat membuat kita menjadi satu. Ketika salah satu anggota keluarga sedang merasa bahagia, dengan otomatis kita juga akan merasakan hal yang sama. Begitu juga ketika kita sedang merasa sulit dan sedih, anggota keluarga lain pasti akan merasakan sedih.

Ikatan emosional yang kuat dapat berwujud ke berbagai bentuk, misalnya dukungan, saling tolong-menolong, rasa memiliki yang besar, tenggang rasa, dan lain-lain. Keluarga dapat menjadi sandaran di kala kita sedih yang kemudian memberikan kita ketenangan, kenyamanan, keamanan, serta kebahagiaan dalam hidup. Seseorang yang tidak memiliki ikatan emosional kuat, kadang mengalami kesepian dan cenderung kehilangan arti kehidupan. 

2. Saling Memberikan Pengaruh Positif

Kumpul bersama keluarga memberikan banyak pengaruh positif bagi semua anggotanya. Saat berkumpul biasanya menjadi momen di mana setiap anggota dapat menceritakan tentang kehidupan dan masalah yang sedang dialaminya. Momen inilah yang dapat digunakan keluarga untuk saling memberikan saran dan motivasi yang positif. Kebiasaan ini dapat memberikan pengaruh positif untuk seluruh anggota keluarga.

Obat ampuh untuk mengatasi kesulitan yang tengah dihadapi adalah kumpul bersama keluarga. Bercerita dan berkumpul pada anggota keluarga lainnya akan meringankan kegelisahan dan membantu menyelesaikan masalah yang sedang dialami dengan baik.

Setiap anggota keluarga pun akan lebih mengenal bagaimana sifat, karakter, lingkungan pergaulan satu sama lain, dan komunikasi menjadi lebih terbuka. Kita dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di luar rumah jika sering berkomunikasi dan menjalin hubungan yang erat antar anggota keluarga.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keluarga merupakan salah satu aspek utama yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya seorang anak. Keluarga dengan mudah dapat membentuk karakter seorang anak sejak ia kecil hingga dewasa.

Melakukan kegiatan bersama meskipun hanya menonton tv, mengobrol tentang keseharian, akan membantu anak untuk mengasah kemampuannya dalam berkomunikasi. Dengan begitu, anak akan lebih percaya diri ketika di lingkungan masyarakat, karena sudah terbiasa membangun hubungan di dalam keluarga.

4. Membentuk Kenangan Indah

Tumbuh kembang dari keluarga yang hangat dan memiliki ikatan emosional yang kuat akan membentuk kenangan indah pada diri seseorang. Seiring berjalannya waktu, kita terus berkembang. Ada saat di mana salah satu anggota keluarga mungkin akan merantau. Kita juga tidak pernah tahu ajal dari seseorang. Namun, yang kita ketahui sekalipun seseorang mengalami perpisahan dengan anggota keluarga lainnya, maka kenangan indah itu tidak akan pernah hilang dari dirinya. Kebersamaan dan kenangan indah yang baik disimpan seseorang untuk kebahagiaan dirinya.

Cara Membangun Kebersamaan Keluarga

kebersamaan dalam keluarga

1. Memelihara Komunikasi yang Baik

Memelihara komunikasi yang baik menjadi cara pertama dalam membangun kebersamaan dalam keluarga. Sebisa mungkin untuk membangun komunikasi dua arah, sehingga setiap anggota keluarga dapat mengemukakan pendapat secara bebas tanpa ada rasa takut. Banyak dari ketidakharmonisan keluarga timbul karena kurangnya komunikasi yang baik. Mulailah untuk menjadi pendengar dan pemberi saran yang baik untuk keluarga.

2. Berdiskusi

Berdiskusi menjadi momen yang sangat penting jika keluarga sedang mengalami kesulitan. Dengan melakukan diskusi, semua pendapat anggota keluarga dapat didengar dan dipilih solusi mana yang terbaik, yang dapat dijalankan. Keretakan dan kehilangan keharmonisan keluarga juga sering terjadi akibat masalah-masalah kecil yang tidak terselesaikan. Untuk itu, cobalah untuk melakukan diskusi setiap mendapati perbedaan.

3. Melakukan Family Time

Selesai dari pekerjaan dan sekolah memang terasa sangat lelah. Tetap luangkan waktu setiap harinya untuk menanyakan kabar anggota keluarga. Tunjukkan rasa peduli dan perhatian pada sesama walaupun hanya sebentar saja. Ketika hari libur datang, bisa juga manfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama, misalnya olahraga bersama, bersih-bersih rumah, makan keluarga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Begini Cara Membuat Pohon Keluarga


Setelah melihat penjelasan apa pentingnya kebersamaan dalam keluarga, kita menyadari bahwa kebersamaan menjadi hal yang selalu dirindukan. Disamping memiliki banyak manfaat positif, keluarga juga menjadi rumah tempat kita pulang dan kembali. Jadi, jangan sampai melewatkan waktu bersama keluarga yang sangat penting ini, ya!

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU

Pengaturan Umum