Catat, Yuk! 8 Solusi Keuangan Rumah Tangga Aman

Solusi Keuangan Rumah Tangga – Berbicara soal rumah tangga tentu tidak terlepas dari persoalan keuangan. Dalam mengatur keuangan, biasanya kamu dan pasangan harus mempunyai beberapa cara tersendirinya. Agar nantinya seluruh kebutuhanmu bisa terpenuhi dengan baik.

Akan tetapi, sering kali rumah tangga bermasalah karena kondisi keuangan yang kurang stabil. Uang memang bukan masalah yang kecil dalam berumah tangga. Masalah keuangan juga sulit jika harus dijelaskan. Dengan demikian, cukup sulit jika kondisi rumah tanggamu dilanda masalah keuangan.

Memangnya apa aja, sih, faktor yang membuat masalah keuangan terjadi? Wah, banyak, lho, faktor-faktornya. Salah satunya adalah sifat boros dan tidak adanya kerja sama antara kamu dan pasangan dalam mengatur keuangan.

Untuk itu, ada nggak, sih, solusi yang ampuh agar meminimalisir masalah keuangan? Tentu ada, dong! Berikut ini merupakan 8 solusi keuangan rumah tangga yang aman. Disimak dan jangan lupa diterapkan, ya!

Baca juga: 7 Cara Atasi Kemalasan Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan Keuangan!


8 Solusi Keuangan Rumah Tangga Aman

1. Saling Terbuka

Solusi Keuangan Rumah Tangga

Kamu harus membiasakan untuk selalu terbuka dengan pasanganmu, begitu pun sebaliknya. Keterbukaan merupakan hal yang sangat penting. Apalagi, menyangkut keuangan.

Tidak peduli hanya salah satu saja yang menghasilkan uang, keterbukaan harus tetap dijaga. Kamu dan pasangan harus selalu mendiskusikan semua keputusan yang menyangkut keuangan, misalnya pemasukan, pengeluaran, menabung, bahkan investasi.

2. Bekerja sama dalam Mengatur Keuangan

Pastikan juga kamu dengan pasanganmu memiliki kerja sama yang baik dalam mengatur keuangan. Jangan ada yang terlalu mendominasi dan jangan ada pula yang terlalu pasif.

Mungkin di awal memang ada rasa sungkan, tetapi kalau kamu terbiasa, kamu dan pasangan tentu mendapat banyak manfaat dan keuntungan dalam mengatur keuangan. Nggak hanya itu, dengan kerja sama ini kemistri antara kamu dan pasangan bisa jadi lebih kuat. lho!

3. Membuat Kesepakatan

Sebaiknya, sebelum kamu mengeluarkan uang, kamu sudah memiliki kesepakatan bersama pasangan. Misalnya, kamu susah menentuka berapa persen uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan primer, berapa persen untuk sekunder, dan berapa persen untuk tersier. Pikirkan juga uang yang kamu sisihkan untuk menabung dan investasi.

4. Menabung Bersama

Tidak menjadi masalah jika kamu dan pasangan menabung secara pribadi ataupun bersama. Akan tetapi, sebaiknya hal ini juga harus dibicarakan, ya. Jangan sampai berat sebelah. Maksudnya, jangan sampai ketika kamu ingin menabung bersama, tetapi pasanganmu malah tidak nyaman ataupun sebagainya.

Pastikan kamu dan pasangan sama-sama nyaman. Memang ada baiknya kamu dan pasangan menabung secara bersamaan. Hal ini untuk meminimalisir risiko ketidakterbukaan.

5. Menentukan Tujuan Jangka Panjang

Untuk hal keuangan, kamu harus bijak juga, ya, dalam melihat masa depan. Maksudnya, kamu harus bisa menentukan budget di masa depan yang sekiranya membutuhkan banyak uang.

Nah, kira-kira apa aja, sih, kebutuhan masa depan yang membutuhkan budget banyak?

Misalnya, ada biaya pendidikan, kesehatan, dan tagihan bulanan, baik itu tagihan kendaraan ataupun yang lainnya.

6. Membuat Anggaran

Solusi Keuangan Rumah Tangga

Dalam membuat sebuah anggaran, pastikan kamu membuatnya secara realistis. Jangan membuat anggaran yang terlalu sedikit juga. Terlalu hidup hemat juga nggak bagus untuk kondisi personalmu karena nggak bisa menikmati hidup.

Tentu, kamu juga jangan membuat anggaran dengan dana yang telalu banyak. Ini memicumu untuk bersikap boros. Buatlah anggaran dana secukupnya dan realistis dengan pemasukanmu tiap bulan.

7. Sisihkan Uang untuk Keinginan Bersama

Sisihkan uang untuk memenuhi kesenangan dirimu. Menyenangkan diri merupakan kebutuhan sekunder yang juga harus kamu penuhi, lho. Nah, dalam menyisihkan uang untuk hal ini, pastikan kamu tidak melewati batasan dari anggaran yang sudah ditetapkan, ya.

8. Membuat Catatan Keuangan

Solusi Keuangan Rumah Tangga

Hal yang terakhir kamu lakukan agar keuanganmu aman adalah dengan membuat catatan keuangan.

Tujuan dari adanya pencatatan keuangan ini, agar kamu dan pasangan bisa memantau berapa jumlah pengeluaran atau pun pemasukan dalam jangka waktu yang ditetapkan, baik itu dalam seminggu, sebulan, bahkan per tiga bulan misalnya.

Membuat catatan keuangan juga bisa di mana aja, lho! Apalagi, saat ini zaman sudah semakin canggih. Catatan keuangan berbasis digital internet sudah menyebar luas di mana-mana.

Salah satunya adalah aplikasi keuangan Whiz. Gunakanlah aplikasi keuangan Whiz ini agar kondisi keuangan rumah tanggamu aman dan terjamin. Nggak usah khawatir juga dengan berbagai fiturnya. Dengan aplikasi keuangan Whiz, kamu akan dimudahkan dengan fiturnya yang lengkap dan menarik.

Baca juga: Tips Mengamankan Finansial Keluarga, Wajib Coba!


Itu dia beberapa solusinya. Semoga solusi ini bisa membantu kamu dan pasangan dalam mengatur keuangan rumah tangga yang aman dan nyaman. Jangan lupa juga untuk mencoba gunakan aplikasi keuangan Whiz, ya! Nggak akan nyesel dan kamu akan menemukan fitur baru yang menarik dari aplikasi keuangan lainnya.

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU