Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

Melek finansial merupakan istilah yang tampaknya sudah nggak asing lagi bagi sebagian kalian. Mungkin kamu juga sudah paham makna dari istilah tersebut. Dilansir dari laman The Balance, istilah tersebut dikenal juga sebagai financial literacy . Nah, ini mengacu pada keterampilan yang kamu perlukan saat memiliki uang.

Contohnya, ketika ada seseorang yang memiliki penghasilan 20 juta per bulan. Mereka nggak akan menghabiskan seluruh uangnya dan juga nggak merasa kekurangan sampai terpaksa berutang. Biasanya, mereka akan mengelola uangnya dengan baik, bahkan akan memutar uangnya agar terus bertambah.

Nah, dari penjelasan tersebut, apakah kamu sudah menjadi sosok yang melek finansial? Yuk, langsung aja simak tanda-tanda kamu sudah melek finansial berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

Baca juga: Catat Ini, 7 Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Milenial


Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

1. Memiliki Anggaran Pribadi

Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

Dilansir dari laman Spencer Savings Bank, membuat anggaran pribadi nggak hanya bisa mengetahui pendapatanmu, melainkan kamu juga mampu untuk memantau seberapa banyak pengeluaranmu.

Tanpa memiliki atau membuat anggaran, kamu akan kesulitan untuk menentukan tujuan atau perkembangan keuanganmu selanjutnya. Selain itu, keunganmu juga nggak akan teratur. Oleh karena itu, penting banget untuk kamu memiliki anggaran pribadi.

2. Tahu Bagaimana Berhemat

Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

Orang yang melek finansial pasti paham untuk tidak membeli sesuatu yang bukan kebutuhannya. Biasanya, orang-orang seperti ini akan mencari produk atau barang yang sedang mengadakan potongan harga (diskon), membeli produk-produk yang serupa dengan harga lebih murah, dan sangat menghindari foya-foya. Semuanya akan mereka lakukan untuk hidup hemat.

3. Tahu Tentang Poin Penting Keuangan

Situs Cleartax pernah menyatakan bahwa, “melek finansial harus dimulai dengan memahami poin-poin penting soal keuangan”. Beberapa di antaranya adalah kemampuan melacak keuangan, keterampilan membuat anggaran, strategi untuk melunasi hutang, dan perencanaan dana pensiun.

Kalau beberapa kemampuan tersebut sudah kamu miliki, kondisi keuanganmu akan aman. Hidupmu nggak akan dikejar-kejar oleh utang ataupun yang lainnya.

4. Bertanggung Jawab dalam Melunasi Utang

Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

Hal selanjutnya adalah kamu memahami atau memiliki strategi melunasi utang. Pada konsep ini, setidaknya kamu bisa melunasi utang, cicilan, atau tagihan sesuai dengan tempo yang telah ditetapkan. Dengan demikian, kamu nggak harus membayar bunga karena keterlambatan membayar.

Kalau kamu belum melek secara finansial, kamu bisa saja berutang dan pada akhirnya aktivitas ini rutin kamu lakukan. Kebiasaan membayar utang tepat waktu akan membuat kamu memiliki rasa bebas terhadap finansial. Kamu juga dapat menginvestasikan uangmu dengan mudah dan efisien. Jadi, bertanggung jawablah ketika kamu memiliki utang, ya!

5. Memiliki Penghasilan Pasif

Dengan penghasilan pasif, kamu akan selamat jika penghasilan utamamu sedang terganggu. Nah, penghasilan pasif itu apa aja, sih, kira-kira? Adapun salah satu bentuk penghasilan, yaitu investasi; baik itu dalam bentuk modal, seperti saham, obligasi, dan reksadana, ataupun aset, bahkan sampai rekening pensiun.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, lho! Uang yang kamu alokasikan untuk berinvestasi akan terhitung sebagai aset. Nah, kalau asetmu meningkat dalam investasi, maka membuat kekayaanmu bertambah. Kondisi finansialmu akan terjamin di kemudian hari.

6. Konsisten dalam Menabung

Tanda-Tanda Kamu Sudah Melek Finansial Secara Utuh

Kamu pasti sudah tahu kalau menabung itu banyak sekali manfaatnya dan harus ditanamkan sejak dini. Menabung adalah kunci. Orang yang sudah melek finansial akan selalu melakukan aktivitas ini.

Biasanya, mereka juga nggak nunggu ada sisa pengeluaran dulu baru menabung. Justru, ketika mereka mendapatkan penghasilan, secara otomatis mereka akan menyisihkan beberapa persennya untuk menabung.

Nggak hanya menabung saja, lho! Di samping itu, biasanya mereka juga akan menyiapkan dana darurat. Dana darurat akan sangat berarti jika menghadapi situasi yang nggak direncanakan sebelumnya, seperti diberhentikan pada pekerjaan, sakit, ataupun musibah lainnya.

7. Memiliki Kualitas Hidup yang Baik

Kalau kamu sudah hampir memiliki semua kebiasaan di atas, maka kamu memiliki kualitas hidup yang baik. Maksudnya, kamu sudah paham banget, tuh, bagaimana menyusun rencana keuangan, mengontrol keuangan, serta membelanjakan keuangan dengan hati-hati dan bijak.

Mengelola keuangan memang bukan usaha yang mudah. Intinya, jika kamu nggak memiliki kesadaran akan pentingnya mengontrol keuangan, maka untuk melek finansial juga akan sulit.

Keuangan memang merupakan hal yang perlu diatur sesuai porsinya. Kamu harus sadar dan bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Kalau kamu sulit untuk membedakannya, tentu kondisi keuanganmu tidak akan stabil.

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk menyisihkan sebagian uang dari pemasukanmu. Jangan banyak-banyak dulu, asalkan konsisten setiap minggu atau bulannya. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dan akhirnya kamu memiliki uang simpanan, deh.

Baca juga: Yuk, Intip! 8 Cara Melunasi Hutang dengan Cermat


Nah, gimana? Kira-kira kamu sudah jadi orang yang melek finansial belum? Kalau belum, yuk, pelan-pelan terapkan beberapa cara di atas.

Kamu juga bisa memulainya dengan aplikasi keuangan Whiz, lho! Dengan aplikasi ini kamu akan paham finansial secara utuh. Keuanganmu juga akan stabil dan terjamin di masa yang akan datang. Yuk, gunakan aplikasi keuangan Whiz!

AYO DOWNLOAD APLIKASI WHIZ DAN RASAKAN LANGSUNG KEMUDAHAN FINANSIALMU