Tanya Jawab (FAQ)

Apa Itu Whiz?
Whiz adalah platform managemen keuangan dengan fitur uang elektronik pertama di Indonesia yang khusus dibuat untuk keluarga. Di aplikasi Whiz, Anak Muda dapat melakukan pembayaran dan pengelolaan keuangan secara digital.
Whiz diperuntukkan untuk siapa?
Gen Z. Aplikasi ini dibuat dengan mempertimbangkan kondisi Gen Z, meskipun kami mencatat bahwa terkadang orang tua juga menggunakan aplikasi ini untuk memberikan dukungan kepada anak-anak mereka.
Saya belum memiliki KTP, apakah saya bisa menggunakan Whiz?

Jangan khawatir! Semua orang dari segala usia bisa menggunakan Whiz.
Untuk menikmati manfaat tambahan seperti –

  • Transfer GRATIS tanpa batas
  • Peningkatan saldo dompet hingga 20 juta rupiah
  • Perlindungan saldo terhadap penipuan,

dengan mengundang orang tua Anda untuk membuat dan menautkan akun. Lihat “Bagaimana cara menautkan ke Orang Tua atau Anak?”

Apakah Whiz adalah e-wallet? Apa bedanya dengan e-wallet lainnya?

Singkatnya, iya, Whiz didukung oleh lisensi uang elektronik dari Bank Indonesia.

Kami berbeda dengan dompet elektronik lainnya karena –
1. Kami adalah All-In-One App pertama di Indonesia yang dibuat untuk Gen Z. Dengan fitur-fitur yang dimiliki Whiz, Gen Z dapat menyimpan, bertransaksi, dan mengelola uang mereka dengan mudah.
2. Tidak ada biaya bulanan sama sekali
3. Meskipun tanpa KTP, kamu bisa menikmati keuntungan tambahan seperti
– Transfer GRATIS
– Peningkatan saldo dompet hingga 20 Juta Rupiah
– Perlindungan saldo terhadap penipuan,
hanya dengan mengundang orang tua Anda untuk membuat dan menautkan akun.

Apakah ada biaya bulanan untuk menggunakan Whiz?

Tidak ada biaya bulanan sama sekali.

Apakah Whiz aman?

Tentu saja, Whiz aman dan terjamin dengan adanya:

  • Untuk fitur Saldo, telah memiliki izin uang elektronik dari Bank Indonesia (BI)
  • Semua dana pengguna akan disimpan di bank yang telah ditunjuk
  • Sistem enkripsi dan autentikasi yang setara dengan tingkat bank
  • Proteksi saldo terhadap aktivitas penipuan*

*Berlaku untuk pengguna yang sudah terverifikasi (KYC) dimana aktivitas penipuan terhadap akun Whiz terjadi diluar dari kendali pengguna.

Apakah Whiz telah memiliki Izin?

Sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), Whiz berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Whiz (a/n PT MidazPay Digital indonesia) telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dengan nomor izin 23/734/DKSP/Srt/B. Cakupan aktivitas dari Whiz adalah: Penerbitan Uang Elektronik, Penyelenggaraan Transfer Dana, dan Pembayaran QRIS.

Apakah Whiz di bawah pengawasan OJK?

Tidak. Pengawasan OJK adalah untuk lembaga keuangan, termasuk: bank, lembaga pembiayaan, pasar modal, dan asuransi. Pengawasan sistem pembayaran merupakan kewenangan Bank Indonesia.

Sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), Whiz (a/n PT MidazPay Digital indonesia) berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Apa yang terjadi apabila handphone hilang atau SIM Card sudah tidak aktif?

Segera hubungi Costumer Support Whiz, dengan mengirimkan email ke [email protected]. Kami akan segera membantu Anda untuk melakukan blokir dan buka blokir terhadap rekening Whiz Anda.

Bagaimana cara saya mengetahui apakah transaksi saya berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah berhasil dilakukan, akan tercatat di halaman “Informasi Pengeluaran”.

Bagaimana cara melihat pengeluaran saya selama sebulan/satu periode?

Untuk melihat pengeluaran Anda
1. Klik ‘info pengeluaran’ pada homepage
2. Pilih bulan yang ingin Anda lihat

Anda bisa melihat ringkasan pembelian ataupun transfer yang Anda lakukan selama satu bulan/satu periode, diurutkan dari pengeluaran terbesar sampai terkecil.

Untuk Parents, Anda bisa melihat ringkasan pengeluaran anak Anda melalui fitur ‘pantauan’

Bagaimana cara mendaftarkan diri ke Whiz?

1. Download aplikasi di Play Store atau App Store
2. Daftar menggunakan nomor HP Anda
3. Verifikasi nomer telepon dan Buat PIN
4. Isi data diri dengan lengkap
5. Verifikasi alamat email

Kenapa saya tidak menerima kode OTP?

Jika Anda belum menerima kode OTP (One-Time Password) melalui SMS, coba lakukan langkah-langkah berikut:
– Pastikan Anda telah memasukkan nomor telepon yang benar yang terdaftar di aplikasi Whiz Anda *Harap dicatat bahwa kode OTP akan dikirim ke nomor tersebut
– Pastikan Anda memiliki sinyal yang baik untuk menerima SMS (tergantung kebijakan masing-masing provider)
– Pastikan pulsa Anda cukup untuk menerima SMS
– Tunggu minimal 30 detik. Setelah itu, Anda dapat meminta OTP baru dengan mengklik tombol ‘Kirim ulang kode OTP’.

Jika masih tidak berhasil:
– Perbarui aplikasi Whiz ke versi terbaru
– Coba lagi beberapa saat, mungkin terjadi kesalahan dengan provider Anda
– Pastikan bahwa Anda sebelumnya tidak meminta penyedia layanan (provider) Anda untuk memblokir SMS yang masuk. Jika Anda tidak yakin, hubungi penyedia layanan Anda untuk melakukan pemeriksaan
– Bersihkan cache Anda dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
Android –
1. Buka pengaturan telepon Anda
2. Pilih Pengaturan Aplikasi
3. Pilih aplikasi Whiz
4. Pilih Penyimpanan
5. Klik Hapus Cache
iOS-
1. Bukan pengaturan telepon Anda
2. Pilih umum
3. Pilih Penyimpanan iPhone
4. Pilih Aplikasi Whiz
5. Pilih Keluarkan App
6. Klik Instal Ulang App

Bagaimana jika saya lupa PIN?

Jika Anda mengalami lupa PIN dan tidak bisa masuk ke Aplikasi Whiz, ikuti beberapa langkah berikut:

Sudah melakukan verifikasi email
1. Buka Aplikasi Whiz Anda
2. Akan muncul layar Masukkan PIN Anda, klik “Lupa Kode PIN”
3. Pilih Email untuk mengatur ulang PIN (email orang tua atau anak)
4. Masukkan 6 digit kode pengaturan ulang PIN yang dikirimkan ke email
5. Klik ‘Konfirmasi’
6. Setelah itu, Anda bisa mengatur PIN Baru Anda

Belum melakukan verifikasi email
1. Buka Aplikasi Whiz Anda
2. Akan muncul layar Masukkan PIN Anda, klik “Lupa Kode PIN”
3. Anda akan diarahkan ke email [email protected]
4. Tulis subjek “Lupa Kode PIN” dan ceritakan masalah Anda di badan email
5. Customer Service akan membantu Anda mereset ulang PIN Anda, setelah memverifikasi kepemilikan akun.

Apakah saya akan kehilangan saldo Whiz saya jika SIM Card/handphone hilang atau dicuri?

Tidak, saldo Anda aman tersimpan di server Uang Elektronik kami, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui PIN dan melakukan penyalahgunaan akun.

Bagaimana cara mengaktifkan kembali Akun yang sudah dinyatakan Dormant atau Non Aktif?

Pengguna dapat mengaktifkan kembali Akun Tidak Aktif, dengan cara melakukan 1 (satu) kali transaksi keuangan (misalnya. top-up, kirim/terima uang, pembayaran, transfer) selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal dinyatakan Akun Tidak Aktif.

Kemana saya dapat menghubungi Customer Support Whiz?

Untuk setiap pengaduan terkait dengan Aplikasi Whiz dan/atau akun Anda, atau pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan, Anda dapat menghubungi kami melalui –
– Email ke [email protected]
– Instagram @Whiz.idn

Apa yang dimaksud dengan fitur Kelola Hubungan?

Di Whiz, Anda bisa mengundang teman dan keluarga untuk menambah keseruan!

Dengan mengundang orang tuamu untuk terhubung dan melakukan verifikasi di dalam aplikasi, Anda bisa menikmati fitur-fitur lengkap Whiz, seperti peningkatan limit dompet hingga Rp 20 jutas dan perlindungan saldo.

Dengan mengundang teman-temanmu ke dalam aplikasi, Anda bisa terus mengikuti perkembangan aktivitas teman-temanmu dan mulai mengelola uang yang terkumpul untuk melakukan lebih banyak hal seru bersama!

Apakah ada batasan jumlah hubungan yang bisa saya miliki?

Anda hanya bisa mengundang satu orang tua untuk menautkan akun sebagai Orang Tua. Dan akun Orang Tua dapat menghubungkan hingga 5 anak. Namun, tidak ada batasan jumlah teman yang dapat Anda tambahkan.

Bagaimana cara menghubungkan akun orang tua dan anak?

1. Klik ikon ‘Profile’
2. Klik ikon ‘Pengaturan’ di kanan atas
3. Pilih ‘Kelola Hubungan’
4. Pilih akun yang ingin dihubungkan, akun Anak atau Orang tua
5. Masukkan nomor HP Anak atau Orang Tua yang hendak dihubungkan
6. Klik tombol ‘Hubungkan Akun’

Pastikan Orang Tua atau Anak Anda sudah mengunduh dan melakukan registrasi akun Whiz. Setelah itu, mereka akan mendapatkan notifikasi untuk menyetujui penghubungan akun, dengan klik ‘Terima Undangan’.

Bagaimana cara melakukan upgrade akun?

1. Klik ikon ‘Profil’
2. Klik ikon roda gigi di kanan atas
3. Pilih ‘Upgrade Akun’
4. Ikuti instruksi pada halaman dengan mengunggah dokumentasi yang diperlukan

Jika Anda berusia di atas 17 tahun, unggah kartu identitas (KTP) dan foto selfie Anda yang sedang memegang KTP.
Jika Anda berusia 17 tahun ke bawah, unggah Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) Anda. Pastikan akun Anda sudah ditautkan ke Orang Tua. Jika tidak, mintalah orang tua Anda untuk mengunggah kartu identitas (KTP), foto diri Anda yang sedang memegang kartu identitas, kartu keluarga (KK), atau kartu identitas anak (KIA).

Semua permintaan upgrade akan diperiksa oleh tim Whiz dalam waktu 1×24 jam. Anda akan menerima notifikasi di dalam aplikasi mengenai hasil dari permintaan upgrade tersebut.

Kenapa permintaan upgrade akun (Whiz verified) saya ditolak?

Jika upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak, Anda akan mendapatkan notifikasi dan pesan inbox di aplikasi Whiz yang menjelaskan mengapa upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak.

Ini adalah beberapa alasan mengapa upgrade akun Anda ke Whiz Verified ditolak –

1. Dokumen yang Anda unggah dianggap rusak (font, tAnda tangan, dan foto tidak dapat dibaca dan diverifikasi).
2. Selfie Anda dengan kartu identitas buram (tidak fokus dan terbaca)
3. Foto Selfie dan kartu identitas Anda tidak terlihat sepenuhnya (foto tertutup flash, foto gelap, foto selfie terhalang identitas)
4. Foto/dokumen yang Anda unggah tidak sesuai dengan ketentuan kami
5. Data e-KTP yang digunakan untuk upgrade Whiz Verified tidak terdaftar/cocok dengan data Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Selain PIN, apa yang bisa saya gunakan untuk otentikasi transaksi?

Anda dapat menggunakan otentikasi biometrik – baik otentikasi sidik jari atau Face ID

Bagaimana cara mengaktifkan otentikasi biometrik?

1. Klik bagian ‘profil’ pada homepage Whiz
2. Klik ikon roda gigi di kanan atas
3. Pada bagian ‘Keamanan’ terdapat pilihan ‘Gunakan Biometrik’
4. Aktifkan tombol ‘Gunakan Biometrik’ dan verifikasi sensor sidik jari Anda atau otentikasi face ID Anda
Autentikasi Biometrik sudah aktif, Anda tidak perlu lagi memasukkan PIN untuk masuk ke akun Whiz atau saat transaksi

Mengapa saya tidak dapat menggunakan otentikasi biometri?

Fitur ini hanya tersedia jika perangkat Anda mendukung otentikasi Face ID/Sidik Jari.

Anda dapat mengatur fitur ini, seperti menonaktifkan atau mengaktifkannya kembali melalui halaman ‘Profil’ di aplikasi. Jika Anda tidak dapat menggunakan sidik jari/Face ID saat melakukan transaksi, Anda hanya perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Bagaimana jika saya merasa akun Whiz saya disalah gunakan oleh orang lain?

Jika Anda merasa seseorang menggunakan akun Whiz Anda tanpa sepengetahuan Anda, seperti:

– Anda menerima notifikasi yang berisi bahwa seseorang sudah mengubah profil seperti nama, nomor telepon, atau alamat email Anda di aplikasi Whiz. Anda dapat memeriksa halaman ‘Profil’ untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak. Jika profil Anda tidak berubah, berarti akun Whiz Anda aman. Tetapi, Anda harus selalu waspada dan jangan memberikan izin kepada orang lain untuk mengakses akun Anda.
– Ada yang meminta kode OTP akun Whiz Anda karena berbagai alasan atau berpura-pura berasal dari Whiz. Whiz tidak pernah meminta kode OTP dengan alasan apapun.

Anda juga bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]

Bagaimana jika saya merasa mengalami penipuan?

Jika Anda mengalami scam untuk kasus seperti:
– Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz dan memberitahu Anda bahwa Anda memenangkan kontes dan mendapatkan voucher, cashback, promo khusus, atau uang tunai sebagai hadiah
– Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang atau saldo dompet
– Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta Anda untuk membeli barang, jasa, atau top-up ke bank/rekening seseorang
– Seseorang yang mengaku sebagai karyawan Whiz meminta PIN atau OTP Anda.

Anda harus selalu waspada terhadap mereka yang mengaku sebagai Whiz melalui media sosial atau email. Akun resmi kami hanya-
Instagram: @whiz.idn
Email: [email protected]

Jika Anda mendapatkan pesan dari akun selain yang disebutkan di atas, jangan ditanggapi! Terlebih jika mereka meminta data pribadi Anda, segera laporkan melalui [email protected].

Kenapa saldo dompet saya berkurang, padahal saya tidak melakukan transaksi apapun?

Jika Anda merasa saldo dompet Anda berkurang atau tidak menunjukkan jumlah yang benar saat Anda tidak melakukan transaksi apapun, laporkan hal tersebut melalui [email protected]

Mengapa perlu melakukan verifikasi pelajar?

Verifikasi pelajar diperlukan untuk memastikan kelayakan Anda untuk mendapatkan keuntungan khusus pelajar. Banyak perusahaan dan organisasi yang menawarkan diskon, promosi, atau keuntungan khusus untuk pelajar. Dengan memverifikasi status pelajar Anda, perusahaan-perusahaan tersebut dapat memastikan bahwa hanya yang memenuhi syarat yang dapat memanfaatkan penawaran ini. Hal tersebut akan membantu mencegah penyalahgunaan atau penipuan oleh orang yang sebenarnya bukan pelajar.

Siapa saja yang bisa melakukan verifikasi pelajar?

Pelajar dan mahasiswa aktif yang memiliki kartu pelajar atau email dengan domain sekolah, seperti “.ac.id” or “.sch.id”.

Bagaimana cara melakukan verifikasi pelajar?

Terdapat dua cara melakukan verifikasi pelajar:

Melalui email sekolah –
1. Klik ‘Profil’ dan klik ikon pengaturan
2. Pada menu Akun, klik ‘Status Pelajar’. Kemudian klik ‘Verifikasi Pelajar’
3. Pilih verifikasi menggunakan email sekolah
4. Masukkan email yang berakhir dengan domain sekolah, seperti “.ac.id” atau “.sch.id”
5. Kami akan mengirimkan email kode verifikasi ke alamat email tersebut
6. Input kode verifikasi yang sudah dikirimkan
7. Proses verifikasi pelajar selesai, status pelajar divalidasi

Melalui foto kartu pelajar
1. Klik ‘Profil’ dan klik ikon pengaturan
2. Pada menu Akun, klik ‘Status Pelajar’. Kemudian klik ‘Verifikasi Pelajar’
3. Pilih verifikasi menggunakan foto kartu pelajar
4. Unggah foto pelajar dengan jelas dan terlihat dengan baik
5. Isi form verifikasi dengan informasi yang diminta
6. Klik ‘Konfirmasi Data’
7. Tim kami akan memeriksa verifikasi dalam 1×24 jam

Apa yang harus saya lakukan jika email pelajar tidak valid dan kode verifikasi tidak terkirim?

Jika email pelajar Anda tidak menggunakan domain sekolah yang valid, maka verifikasi pelajar tidak dapat dilakukan melalui metode ini. Anda bisa mencoba metode verifikasi lainnya dengan menggunakan foto kartu pelajar.

Bagaimana jika saya menginput informasi yang salah saat proses verifikasi pelajar?

Jika Anda memasukkan informasi yang salah selama proses verifikasi pelajar, kemungkinan besar permintaan verifikasi Anda akan ditolak. Verifikasi pelajar melibatkan pengecekan kembali informasi yang Anda berikan dengan data pada kartu pelajar.

Jika permintaan verifikasi Anda ditolak karena informasi yang tidak benar, disarankan untuk memeriksa kembali detail yang Anda berikan dan membandingkannya dengan kartu pelajar milikmu.

Berapa lama proses verifikasi pelajar melalui foto pelajar selesai diverifikasi?

Tim Whiz akan memproses verifikasi dalam 1×24 jam kerja. Anda akan menerima notifikasi terkait pembaharuan status akun Anda setelah proses selesai

Bagaimana cara mengatur batas pengeluaran mingguan?

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’, kemudian atur berapa nominal yang Anda ingin batasi

Apa saja yang termasuk dalam batas pengeluaran mingguan?

Seluruh pembayaran untuk barang dan jasa, hingga transfer keluar antar akun Whiz.

Kapan limit pengeluaran anak di-reset?

Batasan pengeluaran mingguan akan secara otomatis di-reset setiap hari Senin, pukul 12:01 WIB.

Bagaimana cara saya mengatur ulang/menghapus batas pengeluaran?

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol on menjadi off pada ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’

Bagaimana cara saya mengakses parental control?

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’

Sebagai seorang orang tua, bagaimana cara saya membatasi anak untuk membelanjakan uangnya?

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kunci sementara transaksi akun anak’

Apa yang dimaksud dengan sebuah transaksi akun telah terkunci?

Akun tersebut tidak dapat melakukan seluruh pembayaran untuk barang dan jasa, hingga transfer keluar antar akun Whiz.

Mengapa saya melihat notifikasi "Transaksi Dikunci" pada homepage?

Penyebab terkuncinya transaksi akun anak sebagai berikut –
1. Pengeluaran akun anak telah melewati batas pengeluaran mingguan
2. Orang tua yang mengunci transaksi akun anak secara manual

Bisakah saya membuka kunci akun anak saya?

Hanya akun orang tua yang dapat membuka kunci transaksi akun anak dengan cara berikut –

Jika transaksi akun anak telah terkunci karena telah melewati batas pengeluaran mingguan,
1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Pada menu ‘Kunci pengeluaran setelah melewati limit mingguan’, tingkatkan jumlah nominal batas pengeluaran

Jika transaksi akun anak telah terkunci karena orang tua yang mengunci transaksi akun anak secara manual,
1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol on menjadi off pada ‘Kunci sementara transaksi akun anak’

Bagaimana cara mengatur notifikasi untuk transaksi yang melebihi batas?

1. Klik ikon ‘Pantauan’ di bar navigasi bagian bawah
2. Pilih anak yang ingin diatur parental control
3. Klik ‘Parental Controls’
4. Ubah tombol off menjadi on pada ‘Kirim notifikasi setiap anak bertransaksi’, kemudian atur berapa nominal yang Anda ingin beri notifikasi

Mengapa saya tidak menerima notifikasi dari aplikasi?

Anda dapat mengaktifkan notifikasi aplikasi Whiz pada smartphone Anda. Instruksi per masing-masing jenis smartphone dapat ditemukan dibawah ini –

Android: https://support.google.com/android/answer/9079661?hl=en#zippy=%2Cturn-notifications-on-or-off-for-certain-apps
iOS: https://support.apple.com/guide/iphone/change-notification-settings-iph7c3d96bab/ios

Di mana saja saya dapat melakukan top-up saldo Whiz?

Top-up saldo dapat dilakukan di ATM, Internet-/Mobile- banking, kantor cabang dengan melakukan transfer bank atau melalui gerai Alfamart/Alfamidi.

Bagaimana cara top-up saldo?

1. Klik ikon ‘Top-up’ pada homepage
2. Pilih cara Top-up yang diinginkan
3. Masukkan jumlah nominal top-up, klik tombol ‘Konfirmasi Nominal Top-up’
4. Akan muncul detail instruksi dan waktu pengisian
5. Selesaikan instruksi top-up sebelum waktu top-up habis
6. Ketika sudah selesai, saldo di dompet Anda akan otomatis bertambah.

Sebagai catatan:
1. Waktu pembayaran menggunakan bank selama (60 menit), sedangkan waktu pembayaran melalui Alfamart/Alfamidi valid hingga 24 jam. Setelah itu, lakukan input ulang permintaan top-up pada aplikasi Whiz sebelum melakukan transfer.
2. Harap lakukan top-up sesuai dengan nominal yang diinput di aplikasi Whiz
3. Jika Whizmates memilih bank baru, memasukkan nominal baru, dan membuat permintaan top-up baru, permintaan top-up sebelumnya akan dibatalkan secara otomatis.

Apa yang terjadi saat saya tidak mentransfer nominal yang tepat? Atau saat saya mencoba untuk mentransfer setelah waktu habis?

Pembayaran Anda akan gagal. Tetapi, jika terjadi kasus bahwa transfer berhasil diterima, Anda perlu menghubungi CS untuk mengonfirmasi nominal/waktu/tanggal transfer.

Apakah saya bisa top-up dari bank lain? misalnya Saya pilih Mandiri tapi saya mau transfer dari Bank BRI?

Ya, tetapi Anda dapat dikenakan biaya oleh bank tersebut.

Berapa jumlah minimum dan maksimum top-up saldo?

Untuk minimal top-up Rp50.000, dan maksimal top-up sesuai jenis akun (Unverified Rp2.000.000, Verified Rp20.000.000).

Harap dicatat bahwa limit batas kumulatif untuk saldo Whiz dari seluruh transaksi (top-up, transfer, etc.) adalah Rp40.000.000/bulan untuk akun verified dan Rp20.000.000/bulan untuk akun unverified. Limit akan diperbaharui secara otomatis setiap tanggal 1 setiap bulan. Anda tidak akan dapat melakukan top-up atau menerima saldo Whiz (termasuk cashback) jika nominal top-up atau saldo yang diterima melebihi batas yang ditentukan.

Kenapa ketika saya memasukkan nominal, tertulis “Saldo Penerima sudah melebihi batas maksimal"?

Saldo maksimal yang dapat dimiliki pengguna adalah Rp2.000.000 untuk akun yang belum diverifikasi dan Rp20.000.000 untuk akun yang diverifikasi. Jika sudah melebihin batas, permintaan top-up tidak akan bisa dilakukan.

Adakah biaya admin untuk top-up?

Tidak ada biaya admin yang dibebankan dari Whiz.

Kenapa saya tidak bisa top-up ke akun Whiz saya?

Saat mengalami masalah, seperti tidak bisa melakukan top-up Whiz, terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab masalah tersebut, seperti:

– Jumlah isi ulang melebihi batas transaksi bulanan dompet
– Nomor telepon yang dimasukkan tidak terdaftar di Whiz
– Jaringan internet tidak stabil

Bagaimana meminta saldo dari pengguna Whiz lainnya?

1. Klik ikon ‘Minta’ pada homepage
2. Masukkan nomor HP akun yang ingin diminta, Nominal permintaan, Tujuan Dana Permintaan, dan Pesan (apabila ada)
3. Klik ‘Konfirmasi’
4. Permintaan Anda telah diajukan. Saldo akan masuk setelah disetujui oleh akun yang diminta.

Bagaimana cara melihat dan memenuhi permintaan saldo yang masuk?

1. Akan ada notifikasi permintaan pada ikon ‘Minta’
2. Pilih ‘Permintaan’ dan akan muncul informasi permintaan ‘Masuk’.
3. Klik pada permintaan yang diinginkan untuk mendapatkan detail lebih lanjut, seperti nama peminta, nomor ponsel, tanggal, waktu dan jumlah yang diminta. Klik ‘Setujui Permintaan’ atau ‘Tolak Permintaan’.
4. Jika ‘Setujui Permintaan’, akan muncul halaman konfirmasi transaksi yang berisi nomor handphone penerima, jumlah yang ditransfer, dan sumber dana. Klik ‘Konfirmasi’ jika Anda ingin melanjutkan dan mentransfer dana
5. Masukkan PIN dan transfer saldo berhasil, saldo akan masuk ke dompet penerima.

Catatan: Saldo yang telah ditransfer tidak dapat dikembalikan, jadi pastikan Anda memasukkan nomor HP dan jumlah transfer yang benar. Pastikan juga saldo penerima tidak melebihi batas limit akun.

Apa Itu Fitur Penambahan Saldo?

Layanan Tambah Saldo memungkinkan pengguna mengisi saldo Whiz dari mana saja secara gratis, tanpa perlu memiliki akun Whiz sendiri.

Pengirim juga dapat menambahkan catatan personal saat menambah saldo, membuat layanan ini cocok untuk berbagi momen penting dan berterima kasih! 🙂

Apa Saja Metode Pembayaran yang Didukung?

Whiz menerima pembayaran melalui QRIS, VA Transfer (BRI, Mandiri, BNI, Permata, BSI, CIMB, Danamon).

Berapa Lama Sampai Saldo Masuk ke Akun Penerima?

Saldo akan langsung diterima setelah Anda menyelesaikan pembayaran.

Bagaimana saya tahu penambahan saldo berhasil?

Setelah pembayaran untuk menambahkan saldo selesai, Anda akan menerima bukti transaksi sukses dan penerima sudah menerima saldo.

Apakah Ada Biaya Tambahan Untuk Penambahan Saldo?

Tidak ada biaya admin yang dibebankan dari Whiz.

Kenapa penerima tidak menerima saldo Whiz yang saya transfer?

Jika Anda telah mentransfer saldo Whiz dari akun Anda ke akun penerima, tetapi penerima belum menerimanya, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

– Cek halaman “Riwayat” apakah transfer sudah berhasil atau belum
– Cek kembali saldo dompet Anda, apakah sudah berkurang atau belum, karena jika gagal melakukan transfer, saldo dompet Anda akan segera di-refund.
– Pastikan nomor tujuan transfer yang dimasukkan sudah benar.
– Jika setelah memastikan hal-hal di atas, transfer sudah berhasil, mohon beritahu penerima untuk mengecek history saldo yang tertera di halaman “History”.

Tetapi jika saldo Whiz belum diterima oleh penerima, laporkan hal tersebut kepada kami melalui [email protected]

Bisakah saya mengirimkan uang ke akun Whiz lain?

Ya, cukup dengan menggunakan nomor hp yang sudah registrasi Whiz.

Harap dicatat bahwa ini hanya berlaku untuk pengguna yang telah terverifikasi. Lihat “Bagaimana cara melakukan verifikasi akun?”

Bagaimana cara melakukan transfer saldo ke akun Whiz lain?

1. Klik ikon ‘Transfer’ pada homepage
2. Masukkan tujuan transfer, jumlah uang dan kategori kemudian klik tombol ‘Konfirmasi’
3. Otorisasi transaksi dengan PIN dan terima tAnda terima transfer

Berapa jumlah minimum dan maksimum transfer saldo?

Minimal transfer Rp 10.000, dan maksimal transfer sesuai jenis akun (Unverified Rp 2.000.000, Verified Rp 20.000.000)

Adakah biaya untuk pengiriman saldo ke akun Whiz lain atau transfer ke Bank/VA?

Tidak ada biaya untuk transfer ke sesama pengguna Whiz.

Untuk transfer ke Bank atau Virtual Account (VA), setiap pengguna berhak mendapatkan satu kali transfer gratis setiap bulannya sebelum dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.500 untuk setiap transaksi berikutnya. Kuota gratis transfer akan di-reset setiap bulannya.

Kenapa saya tidak bisa mentransfer saldo ke dompet saya?

Pastikan Anda telah mengupgrade akun Whiz Anda menjadi Whiz Verified, karena transfer saldo hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang telah melakukan upgrade akun.

Bagaimana cara melakukan transfer keluar saldo Whiz?

1. Klik ikon ‘Transfer’ di homepage
2. Klik ‘Kirim ke Akun Bank/Virtual Account’
3. Masukkan bank tujuan, nomor rekening bank, nama pemilik rekening bank, dan nominal, lalu klik ‘Konfirmasi’
4. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tAnda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Catatan: Fitur transfer bank hanya dapat digunakan oleh pengguna Whiz. Harap tingkatkan akun Anda terlebih dahulu.

Bisakah saya melakukan transfer keluar saldo Whiz?

Ya, lihat caranya pada pertanyaan FAQ “Bagaimana cara melakukan transfer keluar saldo Whiz?”.

Apa itu fitur Transfer Otomatis Whiz?

Transfer Otomatis adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengatur dan mengotomatisasi pengisian rutin ke akun teman atau keluar dan Kantong Whiz secara langsung dari dompet utama.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur transfer otomatis?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pilih ‘Transfer ke Pengguna Lain’
3. Pilih Akun
4. Masukkan Pesan dan Nominal Transfer
5. Atur jadwal dan waktu transfer, klik ‘Lanjut’
6. Periksa rincian Transfer, Klik ‘Buat Transfer’
7. Masukkan PIN

Catatan: Anda hanya dapat mengirim uang ke pengguna Whiz lainnya jika akun Anda sudah diverifikasi.

Bisakah mengatur jumlah dan frekuensi transfer?

Ya, Anda bisa mengatur frekuensi dan melakukan custom interval transfer saat mengatur jadwal transfer

Bagaimana cara mengubah/mengedit otomatis?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pada Jadwal Transfer Otomatis, pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih Akun transfer otomatis yang ingin diubah
4. Klik ‘Edit Settings’

Bagaimana cara membatalkan/menghapus transfer otomatis?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pada Jadwal Transfer Otomatis, pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih Akun transfer otomatis yang ingin dihapus
4. Klik ‘Hapus’
5. Klik ‘Ya, Hentikan transfer’

Bisakah mengaktifkan fitur transfer otomatis untuk transaksi ke luar Whiz, misal ke akun Bank?

Tidak, saat ini fitur transfer otomatis hanya bisa digunakan untuk mengirimkan uang ke sesama akun Whiz dan ke Kantong Whiz.

Catatan: Anda hanya dapat mengirim uang ke pengguna Whiz lainnya jika akun Anda sudah diverifikasi.

Apakah fitur transfer otomatis memiliki batasan jumlah transfer yang dapat dilakukan?

Tidak ada batasan jumlah transfer. Anda bisa melakukan transfer selama saldo dan limit akun Anda cukup

Apakah saya dapat mengatur jumlah transfer yang berbeda untuk setiap periode dengan fitur auto transfer?

Anda bisa mengatur jumlah transfer yang berbeda ke akun yang berbeda.

Apakah ada batasan jumlah akun yang dapat saya atur untuk transfer otomatis?

Tidak ada batasan jumlah akun yang dapat Anda atur untuk transfer otomatis. Anda dapat mengatur transfer otomatis ke sebanyak mungkin akun Whiz yang Anda inginkan.

Apakah saya perlu persetujuan atau otorisasi tambahan dari teman saya untuk melakukan transfer otomatis ke akun mereka?

Tidak, Anda bisa langsung mengatur transfer otomatis ke akun teman tanpa persetujuannya.

Catatan: Transfer akan secara otomatis terjadi pada tanggal dan waktu yang dijadwalkan. Whiz tidak bertanggung jawab atas kesalahan permintaan yang dilakukan oleh pengguna. Mohon periksa kembali permintaan Transfer Otomatis sebelum menyetujuinya.

Kenapa saat saya transfer ke bank, saldo saya sudah terpotong, tetapi penerima belum menerima saldo?

1. Pastikan bank tujuan dan nominal saat melakukan transaksi sudah benar.
2. Cek mutasi rekening bank penerima apakah ada saldo masuk sesuai jumlah yang diminta dari “”ATM Bersama Midazpay””.

Jika dalam 1×24 jam saldo masih belum diterima, Anda bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur transfer otomatis ke kantong Whiz?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pilih ‘Transfer ke Kantong’
3. Pilih Kantong
4. Pilih Metode Penyisihan, klik ‘Lanjut’
5. Pada Rincian Transfer, Klik ‘Buat Transfer’
6. Masukkan PIN

Bisakah saya mengatur metode penyisihan yang berbeda untuk setiap kantong yang saya pilih?

Ya, Anda bisa mengatur metode penyisihan yang berbeda untuk setiap kantong

Apa yang dimaksud dengan metode "jumlah tetap per periode" pada transfer otomatis Kantong Whiz?

Metode “jumlah tetap per periode” memungkinkan Anda untuk menentukan nominal pengisian yang tetap akan ditransfer ke Kantong Whiz pada setiap periode tertentu. Anda dapat mengatur jadwal transfer dan durasi pengulangan sesuai dengan preferensi Anda.

Apa yang dimaksud dengan metode "persentase dari uang yang masuk" pada transfer otomatis Kantong Whiz?

Dalam metode “”persentase dari uang yang masuk””, Anda akan mengatur persentase tertentu dari total uang yang masuk ke akun Whiz yang akan ditransfer otomatis ke Kantong Whiz.

Misalnya, Anda mengatur persentase 10% dan Anda melakukan top-up atau terdapat transfer masuk dari teman/keluarga sebesar Rp1.000.000, maka Rp100.000 akan secara otomatis ditransfer ke Kantong Whiz.

Apa yang dimaksud dengan metode "pembulatan transaksi ke nominal terdekat" dalam transfer otomatis Kantong Whiz?

Metode “pembulatan transaksi ke nominal terdekat” memungkinkan setiap transaksi yang Anda lakukan dibulatkan ke nominal terdekat, dan selisihnya akan ditransfer otomatis ke Kantong Whiz.

Misalnya, jika Anda melakukan transaksi sebesar Rp27.000 dan mengatur pembulatan ke nominal terdekat Rp5.000, maka Rp3000 akan ditransfer ke Kantong Whiz dan jumlah saldo yang akan dipotong dari dompet Anda sebesar Rp30.000.

Apakah saya akan menerima notifikasi setelah transfer otomatis ke kantong Whiz selesai dilakukan?

Ya, Anda akan menerima notifikasi setiap transfer otomatis dilakukan

Bagaimana cara mengubah jadwal transfer otomatis ke kantong Whiz setelah diatur?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pada Jadwal Transfer Otomatis, pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih kantong transfer otomatis yang ingin diubah
4. Klik ‘Edit Settings’

Bagaimana cara membatalkan pengaturan transfer otomatis ke kantong setelah diatur?

1. Klik ikon ‘Transfer Otomatis’
2. Pada Jadwal Transfer Otomatis, pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih kantong transfer otomatis yang ingin dihapus
4. Klik ‘Hapus’
5. Klik ‘Ya, Hentikan transfer’

Berapa batas nominal transaksi QRIS pada aplikasi Whiz untuk sekali transaksi?

Nominal Transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) per transaksi. Namun demikian, Whiz dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas Transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap Pengguna QRIS, yang ditetapkan berdasarkan manajemen risiko Whiz, sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan Bank Indonesia.

Bisakah Whiz digunakan untuk membayar di merchant online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan lainnya?

Whiz dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant online favorit Anda dengan menggunakan fitur “”Pembayaran”” atau “”transfer””

1. Sebelum pembayaran, lakukan pemesanan di situs/aplikasi merchant online Anda
2. Saat memilih metode pembayaran, pilih “”Transfer Bank””. Pilih rekening bank yang saat ini dapat diproses oleh Whiz, seperti yang terdapat di bawah ini –
E-wallet:
– OVO: Nobu VA, BNI VA
– Gopay: CIMB VA
– LinkAja: LinkAja/TCASH VA
– DANA: BRI VA, BNI VA, Mandiri VA, CIMB VA, Permata VA, BTPN VA
– ShopeePay: Mandiri VA
E-commerce:
– Tokopedia: Mandiri VA, BRI VA, Danamon VA, CIMB VA
-Shopee: BNI VA
– Bukalapak: Danamon VA, Permata VA, BRI VA
Kemudian, klik konfirmasi dan buat pesanan
3. Anda akan mendapatkan detail pembayaran Virtual Account. Catat nomor Virtual Account tersebut.
4. Buka aplikasi Whiz
5. Pilih “”Pembayaran”” dan “”Akun Bank/Virtual Account””, lalu pilih bank tujuan yang telah dipilih sebelumnya di situs/aplikasi online merchant
6. Masukkan nomor virtual account pada detail rekening dan jumlah yang akan ditransfer. Pastikan jumlah tersebut sesuai dengan struk pembelian. Klik “”Lanjutkan””
7. Pastikan jumlah, nama penerima dan tujuan per struk pembelian. Klik “”Konfirmasi”” dan masukkan PIN. Pembayaran selesai.

Bagaimana jika saya salah melakukan transfer ke rekening bank yang salah?

Setelah selesai melakukan transfer dari Whiz, Anda dapat –
(1) Periksa rekening bank tujuan untuk melihat apakah saldo Whiz Anda sudah diterima atau belum, ATAU
(2) Refresh halaman pembayaran merchant online Anda untuk melihat apakah status pembayaran sudah diperbarui

Jika Anda mentransfer saldo Whiz Anda ke nomor rekening bank yang salah dan status transaksi “Gagal”, jangan khawatir, itu berarti saldo Whiz Anda tidak terpotong.

Namun apabila status transaksi “Berhasil”, mohon maaf, sesuai dengan syarat dan ketentuan Whiz yang berlaku, apabila terjadi kesalahan pada saat memasukkan jumlah nominal atau nomor rekening bank tujuan, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna dan transaksi yang berhasil tidak dapat dibatalkan.

Kenapa saya tidak dapat melakukan transfer ke bank?

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Anda belum upgrade akun Whiz menjadi Whiz verified. Upgrade dulu akun Whiz-mu dengan mengikuti langkah-langkah diatas, fitur transfer hanya bisa dilakukan oleh pengguna Whiz verified.
2. Jaringan internetmu tidak stabil atau sedang terjadi gangguan server pada aplikasi Whiz/bank tujuan. Coba lakukan transaksi kembali beberapa saat lagi.
3. Akun rekening bank penerima tidak valid. Coba periksa kembali nomor rekening tujuan dan pastikan rekening masih aktif.
4. Akun rekening bank penerima terblokir sehingga transfer tidak dapat dilakukan.
5. Virtual Account (VA) belum terdaftar di Whiz.
Jika Anda mengirim saldo Whiz ke nomor VA yang valid namun transaksi transfer gagal, hal ini kemungkinan terjadi karena nomor VA yang Anda tuju belum terdaftar di Whiz.

Berikut adalah Toko online (e-commerce) yang bisa diproses oleh Whiz saat ini:

Tokopedia: Mandiri VA, BRI VA, Danamon VA, CIMB VA
Shopee: BNI VA
Bukalapak: Danamon VA, Permata VA, BRI VA
*) Informasi mengenai nomor VA bisa dilihat di platform masing-masing Mitra Usaha.

Mengapa saya tidak bisa melakukan transaksi di merchant?

Jika Anda tidak dapat melakukan transaksi di merchant menggunakan Whiz, pastikan hal-hal berikut:
– Saldo dompet Anda cukup
– Anda memiliki koneksi internet yang stabil
– Anda menggunakan aplikasi Whiz versi terbaru
– Pastikan Anda telah memasukkan PIN dengan benar
– Memindai kode QR di posisi yang sesuai
– Jumlah pembayaran menggunakan scan kode QR tidak melebihi Rp10.000.000/ transaksi

Jika Anda telah memastikan hal-hal di atas, tetapi masih tidak bisa melakukan pembayaran, Anda bisa melaporkannya kepada kami melalui [email protected]

Mengapa saldo dompet saya tidak kembali, padahal saya gagal melakukan transaksi di merchant online?

Jika saldo dompet Anda terpotong karena transaksi gagal di online store/e-commerce, Anda bisa menghubungi online store/e-commerce terlebih dahulu.

Harap diperhatikan bahwa jika status transaksi gagal, saldo dompet akan dikembalikan secara otomatis maksimal 3×24 jam. Jika setelah waktu yang disebutkan, saldo dompet Anda belum dikembalikan, laporkan masalah Anda kepada kami melalui [email protected]. Kami dengan senang hati akan membantu.

Kenapa saldo saya tidak kembali saat gagal melakukan transaksi di toko offline?

Jika Anda mengalami kegagalan transaksi di toko offline menggunakan Whiz, maka saldo dompet yang sudah dipotong akan langsung dikembalikan ke dompet Anda.

Namun, jika saldo dompet Anda belum dikembalikan setelah transaksi gagal dan online store tidak dapat melakukan pengembalian dana, Anda dapat melaporkannya kepada kami melalui [email protected] maksimal 3×24 jam setelah transaksi dilakukan. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.

Apa itu Smart Saver?

Smart Saver adalah produk tabungan jangka panjang (deposito) dari Whiz yang bekerja sama dengan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dan menawarkan tingkat bunga tinggi yang dijamin LPS. Anda bisa menyimpan uangmu dalam jangka waktu tertentu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, hingga 12 bulan dengan opsi perpanjangan otomatis.

Apa itu BPR?

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan yang menawarkan layanan perbankan seperti tabungan, deposito, dan pinjaman. Dibandingkan dengan bank umum, BPR memiliki keunggulan dengan menawarkan bunga deposito yang lebih tinggi dan pelayanan yang lebih personal.

Selain itu, BPR fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama melalui pinjaman kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah sekitar.

Meskipun jumlah cabangnya lebih sedikit, semua BPR memiliki izin dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena deposito Anda aman dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 milyar.

Apakah Smart Saver Aman?

Ya, Smart Saver sangat aman karena deposito disimpan di BPR yang bekerjasama dengan Whiz.

Whiz memastikan bahwa setiap BPR yang tersedia mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), serta merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) – maka deposito Anda terjamin (s/d Rp2 miliar).

Apa yang dimaksud dengan simpanan yang dijamin LPS?

LPS menjamin simpanan di bank-bank di Indonesia hingga Rp2.000.000.000 per deposan per bank (apabila terjadi kegagalan bank). Jaminan ini mencakup jumlah simpanan dan bunga, asalkan bunga yang ditawarkan berada dalam tingkat bunga yang dijamin LPS.

Bagaimana jika BPR mengalami gagal bayar atau dilikuidasi?

Semua bank/BPR mitra Whiz adalah peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Oleh karena itu, deposito Anda dijamin oleh LPS.

Dapat disampaikan bahwa likuidasi bank di Indonesia merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi.

Jika terdapat bank/BPR mitra Whiz yang gagal bayar atau dalam proses likuidasi, tim Customer Service kami akan bekerja sama dengan Anda untuk membantu proses klaim ke LPS untuk memastikan bahwa deposito Anda akan dibayar kembali.

Bagaimana Cara Membuat Smart Saver?

Berikut cara membuat Smart Saver.
1. Klik ‘Kantong’ pada homepage Whiz
2. Pilih ‘Smart Saver’
3. Tentukan jumlah yang akan ditabung dan pilih tenor
4. Klik ‘Konfirmasi Nabung’
5. Lakukan verifikasi email dan verifikasi akun Whiz
6. Isi dan lengkapi Formulir Tabungan
7. Isi email aktif, Whiz akan mengirimkan formulir via email untuk ditAndatangani
8. Ikuti petunjuk dan lakukan tanda tangan dokumen secara online
9. Anda akan menerima notifikasi pembukaan tabungan berhasil
10. Segera lakukan top-up sesuai jumlah tabungan yang dipilih
11. Smart Saver Anda berhasil dibuat!

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima informasi mengenai status verifikasi pendaftaran?

Setelah Anda melengkapi semua persyaratan, proses verifikasi akan memakan waktu hingga 1×24 jam (berlaku untuk hari kerja).

Apa yang terjadi jika pengajuan saya ditolak oleh BPR?

Apabila pengajuan pembukaan deposito Anda ditolak oleh BPR, Anda akan menerima notifikasi penolakan.

Biasanya ini terjadi karena terdapat data yang tidak lengkap atau tidak sesuai. Anda dapat melakukan pengajuan kembali atau menghubungi tim Customer Service untuk panduan lebih lanjut.

Apa Keuntungan Menggunakan Smart Saver?

Keuntungan yang Anda dapatkan:
1. Suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan bank konvensional.
2. Aman. Semua mitra BPR diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menjadi peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
3. Aplikasi yang mudah digunakan dan mempermudah Anda dalam menabung.

Apa itu ARO?

Automatic Roll Over (ARO) adalah sistem perpanjangan deposito di Whiz. Anda bisa melakukan perpanjangan deposito secara otomatis berdasarkan jangka waktu yang sudah dipilih pada awal pembukaan deposito. Nikmati tambahan uang dari bunga yang berbunga (compound interest).

Bagaimana jika saya tidak menonaktifkan ARO?

Jika Anda tidak menonaktifkan ARO pada deposit Anda, maka secara otomatis akan diperpanjang terus menerus sampai Anda menonaktifkan ARO untuk deposit tersebut.

Apa yang terjadi jika saya mengatur ARO menjadi "Non-Aktif"?

Saat deposito jatuh tempo, nilai pokok uangmu dan bunga deposito akan dicairkan ke dompet utama Whiz atau rekening tujuan Anda.

Apa yang terjadi jika saya mengatur ARO menjadi "Pokok & Bunga"?

Saat deposito jatuh tempo, nilai pokok uangmu dan bunga deposito akan otomatis diperpanjang sesuai jangka waktu yang Anda pilih sebelumnya.

Bisakah saya mengubah status ARO?

Ya, Anda bisa melakukan perubahan ARO di halaman Rincian Smart Saver. Anda bisa melakukan perubahan ARO maksimal H-7 sebelum jatuh tempo.

Bagaimana cara mengubah status ARO?

Berikut cara mengubah status ARO.
1. Klik ‘Kantong’ pada homepage Whiz
2. Pilih Smart Saver yang ingin Anda ubah
3. Pada rincian Smart Saver, klik pilihan Auto Rollover
4. Pilih status ‘Tidak Aktif’ untuk menghentikan rollover atau pilih ‘Pokok + Bunga’ untuk perpanjang Smart Saver

Apakah saya bisa melakukan pencairan sebelum tanggal jatuh tempo?

Ya, jika Anda memenuhi kriteria pencairan sebelum jatuh tempo. Harap hubungi [email protected] untuk mengetahui apakah Anda memenuhi kriteria tersebut.

Jika disetujui, maka Anda tidak akan mendapatkan bunga untuk bulan berjalan tersebut. Akan tetapi Anda akan mendapatkan seluruh pokok dan akumulasi bunga dari bulan-bulan sebelumnya.

Bagaimana bunga akan diberikan?

Bunga deposito Anda akan berakumulasi dan akan dibayarkan seluruhnya bersamaan dengan pokok deposito Anda pada saat jatuh tempo.

Apakah saya akan dikenakan pajak atas bunga yang saya peroleh?

Ya, pengguna dengan jumlah deposito mulai dari Rp 7.500.000 akan dikenakan pajak bunga sebesar 20%.

Bagaimana saya menerima pencairan Smart Saver?

Saldo Smart Saver akan ditransfer ke dompet utama Whiz Anda atau ke rekening bank yang Anda pilih sebelumnya. Saldo akan ditransfer pada saat tanggal jatuh tempo sesuai yang sudah ditentukan pada saat pembukaan deposito.

Jika pencairan gagal karena masalah dengan dompet Whiz atau rekening bank yang dipilih, Anda bisa melakukan pencairan secara manual. Lihat pertanyaan ‘Bagaimana jika pencairan saya gagal?

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses pencairan deposito?

Saldo akan diterima pada sore hari saat tanggal jatuh tempo.

Catatan:
1) Jika tanggal jatuh tempo pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin, pencairan akan diproses pada hari Senin
2) Jika tanggal jatuh tempo pada hari libur nasional, pencairan akan diproses keesokan harinya (pada hari kerja).

Bagaimana jika pencairan saya gagal?

Jika Anda menerima notifikasi pencairan gagal, Anda perlu mengikuti langkah berikut.
1. Buka Kantong Whiz
2. Pilih Smart Saver yang akan dicairkan
3. Klik ‘Tarik Saldo’ pada rincian Smart Saver
4. Perbarui tujuan pencairan atau ubah rekening tujuan bank lain. Pastikan nama pemilik rekening sesuai dengan data KTP yang sudah diverifikasi
5. Klik ‘Konfirmasi Tarik Saldo’
6. Pencairan Anda sedang diproses, maksimal 2×24 jam pada hari kerja

Apa penyebab pencairan saya gagal?

Pencairkan Anda mungkin gagal karena alasan-alasan berikut:
1. Saldo Whiz atau saldo top-up akumulatif dompet Whiz.
2. Informasi rekening bank yang diberikan salah/tidak aktif/tidak terdeteksi.

Apakah saya akan menerima Bilyet Deposito?

Ya, BPR akan melakukan proses penerbitan bilyet dalam 5 hari kerja. Jika bilyet sudah terbit, Anda dapat melihan informasi bilyet tersebut dalam Aplikasi Whiz.

Apa itu Kantong?

Fitur Kantong memungkinkan pengguna untuk menyisihkan uang dan mencapai suatu target tertentu atau produk tertentu dengan Kantong yang berbeda.

Apa itu Kantong Target Sendiri?

fitur yang bertujuan untuk membantu pengguna menabung dan mendapatkan saldo bonus untuk mencapai target/tujuan mereka.

Apakah ada batasan jumlah barang di Kantong Whiz?

Pengguna dapat membuat maksimal 3 Kantong pribadi di Whiz. Kantong tersebut sudah mencakup semua jenis kantong.

Adakah biaya admin atau biaya bunga untuk Kantong Whiz?

Tidak ada biaya tambahan. Anda hanya perlu menabung untuk mencapai target yang diinginkan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung di Kantong Whiz?

Kami memberikan fleksibilitas penuh kepada pengguna untuk memutuskan seberapa sering mereka ingin mengisi Kantong.

Bagaimana cara membuat Kantong Target Sendiri?

1. Klik ikon Kantong
2. Pilih ‘Target Sendiri’
3. Isi detail kantong
4. Klik ‘Buat Kantong’

Bagaimana membuat perubahan pada Kantong yang sudah ada?

Untuk mengedit semua informasi lainnya, berikut ini caranya –
1. Klik ikon ‘Kantong’
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang Anda ingin ubah
3. Klik titik tiga di kanan atas
4. Klik tombol ‘Edit Kantong’
5. Ubah detail Kantong berupa nama, gambar, deskripsi
6. Klik ‘Konfirmasi Perubahan’

Bagaimana cara menambahkan uang dalam Kantong?

1. Klik ikon ‘Kantong’
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang Anda ingin tambah uang dan klik tombol ‘Isi Kantong’
3. Masukkan nominal top-up dan klik ‘Konfirmasi’

Bagaimana memindahkan uang dari Kantong?

Untuk memindahkan uang dari Kantong, untuk saat ini, Anda harus menghapus Kantong.
1. Klik ikon ‘Kantong’
2. Klik Kantong yang Anda inginkan ambil saldonya
3. Klik tombol ‘Hapus Saku’ dan konfirmasikan tindakan. Saldo kantong akan secara otomatis dipindahkan ke saldo dompet utama

Bisakah saldo dalam Kantong digunakan?

Saldo Kantong tidak dapat digunakan. Apabila Anda ingin menggunakanknya, tolong pindahkan saldo ke dompet utama. Lihat caranya pada pertanyaan “Bagaimana cara memindahkan uang keluar Kantong”.

Bagaimana cara saya menghapus Kantong?

1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage
2. Di dalam ‘Daftar Kantong’, cari Kantong yang Anda ingin ubah
3. Klik tombol ‘Hapus Kantong’
4. Halaman konfirmasi akan muncul dan klik tombol ‘Hapus Kantong’. Saldo kantong akan secara otomatis dipindahkan ke saldo dompet utama.

Sebagai seorang orang tua, bisakah saya melihat seberapa banyak anak saya sisihkan dalam Kantong secara menyeluruh?

Ya, Anda bisa melakukannya jika telah menghubungkan akun Anda dengan Anak Muda Anda!

Ketika akun terhubung, klik ikon “”Pantauan”” untuk melihat perkembangan dan detail Kantong Anak Muda Anda.

Bagaimana cara membuat Kantong Bersama?

Untuk membuat kantong bersama, ikuti langkah berikut –
1. Klik ikon Kantong pada halaman homepage
2. Pilih halaman Kantong Bersama dan klik ‘Buat Kantong Bersama’
3. Lengkapi Kantong Bersama dengan mengisi nama, mengunggah foto, dan deskripsi kantong. Klik ‘Lanjut’
4. Tambah Anggota Kantong, klik ‘Lanjut’
5. Periksa kembali rincian kantong, klik ‘Buat Kantong’

Berapa jumlah maksimal Kantong Bersama yang bisa saya buat?

Anda bisa membuat maksimal 3 Kantong Bersama

Berapa jumlah maksimal anggota dalam Kantong Bersama?

Tidak ada jumlah maksimal anggota yang dapat diundang dalam satu Kantong Bersama.

Kenapa saya tidak bisa menambahkan akun orang tua ke Kantong Bersama?

Untuk saat ini, Kantong Bersama hanya bisa diakses oleh akun tipe Anak. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menambahkan akun orang tua ke Kantong Bersama.

Bagaimana cara keluar dari Kantong Bersama?

Sebagai anggota Anda bisa keluar dari Kantong Bersama, dengan mengikuti langkah berikut
1. Klik ikon ‘kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik Kantong Bersama pilihan Anda
3. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
4. Pilih ‘Keluar Kantong Bersama’
5. Klik ‘Keluar Kantong’

Bisakah saya menambahkan anggota ke Kantong Bersama?

Tambahkan anggota ke Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di homepage, dan pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Klik ‘Tambah Anggota Kantong’
4. Masukkan nomor telepon atau pilih dari buku alamat telepon.
5. Klik detail kontak yang akan ditambahkan ke dalam Kantong Bersama
6. Klik ‘Tambah x Anggota’. Pastikan data anggota sudah benar

Sesuai dengan pengaturan Kantong Bersama, hanya pemilik atau pemilik dan anggota yang dapat menambahkan anggota tambahan ke Kantong Bersama.

Bisakah saya menghapus anggota dari Kantong Bersama?

Hanya pemilik Kantong Bersama yang dapat menghapus anggota dari Kantong Bersama.

Jika Anda adalah pemilik Kantong Bersama, Anda bisa mengeluarkan anggota dari Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Klik ‘Hapus Anggota’
4. Pilih anggota yang ingin dihapus dengan klik ikon ‘Sampah’
5. Klik ‘Lanjut’
6. Anggota sudah dihapus dari Kantong Bersama

Bagaimana cara melihat aktivitas Kantong Bersama?

Pemilik dan anggota Kantong bisa memantau aktivitas Kantong Bersama dengan mengikuti langkah berikut.
1. Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong bersama’ pilihanmu
3. Akan muncul rincian Kantong Bersama
4. Gulir ke bawah untuk melihat aktivitas Kantong Bersama

Bagaimana cara menambahkan saldo ke Kantong Bersama?

Pemilik dan anggota Kantong Bersama dapat menambah saldo dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di berAnda, dan pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Masukkan Saldo’ dari Kantong Bersama yang ingin Anda tambahkan saldo
3. Masukkan nominal top-up dan klik ‘Isi Kantong’
4. Masukkan PIN Anda. Saldo akan ditransfer dari saldo dompet Anda ke Kantong Bersama

Catatan: Pastikan pemilik Kantong Bersama. Whiz tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Kantong Bersama.

Bagaimana cara menarik uang dari Kantong Bersama? Bisakah anggota menarik uang dari Kantong Bersama?

Hanya pemilik Kantong Bersama yang bisa menarik uang dari Kantong Bersama.
Jika Anda pemilik Kantong Bersama, berikut cara untuk menarik uang dari Kantong Bersama –
1.Klik ikon ‘Kantong’ pada homepage, pilih ‘Kantong Bersama’.
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Akan muncul rincian Kantong
4. Klik ‘Tarik Saldo’, pilih tujuan penarikan
5. Masukkan nominal penarikan
6. Klik ‘Tarik Saldo’ dan masukkan PIN

Catatan: Pastikan penarikan saldo berdasarkan kesepakatan bersama. Whiz tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan Kantong Bersama

Kenapa saya tidak bisa top-up ke Kantong Bersama?

Hal tersebut bisa saja terjadi karena saldo dompet Pemilik Kantong Bersama sudah mencapai batas maksimal. Silakan hubungi pemilik Kantong Bersama.

Jika saya keluar atau dikeluarkan dari Kantong Bersama, apakah saldo yang sudah saya top-up akan dikembalikan?

Tidak, saldo yang sebelumnya di top-up ke Kantong Bersama tidak bisa dikembalikan secara otomatis. Silakan hubungi pemilik Kantong Bersama untuk memproses pengembalian/penyelesaian lain.

Bagaimana cara menghapus Kantong Bersama?

Hanya pemilik Kantong Bersama yang dapat menghapus Kantong.

Jika Anda pemilik Kantong Bersama, hapus Kantong Bersama dengan mengikuti langkah-langkah berikut –
1. Klik ikon ‘Kantong’ di berAnda, dan pilih ‘Kantong Bersama.’
2. Klik ‘Kantong Bersama’ pilihan Anda
3. Akan muncul detail Kantong, klik 3 titik di sisi kanan atas.
4. Klik ‘Edit Kantong’
5. Klik ‘Hapus Kantong’.

Jika Kantong Bersama masih berisi saldo, Anda akan diminta untuk menarik semua saldo. Lihat pertanyaan “”Bagaimana cara menarik saldo dari Kantong Bersama?”” untuk cara menarik saldo. Jika Kantong tidak memiliki saldo, halaman konfirmasi akan muncul dan klik tombol ‘Hapus Saku’

Catatan: Pastikan untuk menghapus saldo berdasarkan kesepakatan bersama. Whiz tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Kantong Bersama.

Bagaimana cara membeli pulsa dan data?

1. Klik ikon ‘Pulsa & Game’ pada homepage
2. Klik ikon ‘Pulsa’
3. Masukkan nomor telepon atau pilih dari Kontak Anda
3. Pilih nominal/paket yang diinginkan
4. Klik ‘konfirmasi pembelian’
5. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tAnda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Apa yang terjadi jika pembelian pulsa dan data saya gagal?

Jika pembelian pulsa gagal, saldo akan dikembalikan ke dompet Whiz Anda. Anda dapat memastikan bahwa nomor yang Anda masukkan benar, dan coba lagi.

Bagaimana jika saldo Whiz saya sudah terpotong, tetapi pulsa tidak masuk atau status masih "diproses"?

Saat melakukan pembelian pulsa:
1. Pastikan nomor dan nominal sudah benar
2. Cek secara berkala dan tunggu 1×24 jam sampai pulsa diterima.

Jika setelah itu pulsa masih belum diterima, Anda bisa melaporkan kepada kami melalui [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Apakah pembelian pulsa/paket data yang sudah berhasil dapat dibatalkan?

Tidak bisa. Jika pembelian pulsa/paket sudah sukses, Anda tidak bisa melakukan pembatan dan kami tidak bisa mengembalikan dana. Proses refund hanya diberikan jika pembelian pulsa/paket data gagal.

Apakah ada biaya tambahan saat membeli pulsa/paket data di Whiz?

Tidak ada. Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap pembelian pulsa/paket data di Whiz

Bagaimana cara melakukan top-up game dan voucher?

1. Klik ikon ‘Top-up Pulsa & Game’ di Homepage
2. Pilih ‘Game Top-up & Voucher’
3. Pilih Games dan Item Games yang ingin dibeli
4. Klik ‘Lanjutkan Pembelian’
5. Isi Form Pembelian Top-up Games dan Klik ‘Konfirmasi Pembelian’. Pastikan Anda memasukkan data yang benar, kesalahan dalam input data bukan tanggung jawab Whiz
6. Masukkan PIN Whiz Anda. Jika berhasil, Anda akan mendapat tAnda terima bahwa transaksi sudah berhasil.

Bagaimana cara redeem/menggunakan game voucher?

Untuk melakukan redeem voucher, buka tAnda terima pembelian/struk transaksi voucher game yang Anda miliki. Akan ada kode voucher di dalam struk transaksi tersebut. Salin kode voucher yang Anda terima dan masukkan kode voucher pada game yang Anda beli.

Di mana Saya bisa melihat voucher yang sudah dibeli?

Untuk melihat pembelian voucher sebelumnya, buka struk pembelian/struk transaksi voucher game yang Anda miliki. Anda akan melihat kode voucher di struk transaksi tersebut.

Voucher/Item Game/Streaming yang saya beli belum masuk

Voucher/item game/streaming akan langsung Anda terima maksimal 2×24 jam di hari kerja setelah Anda melakukan pembelian.
Bila Anda belum menerima voucher/item game/streaming lebih dari waktu tersebut, silakan hubungi [email protected]. Kami akan segera membantu Anda.

Kode Voucher yang saya beli tidak bisa di-reedem

Pastikan hal-hal berikut ini –
1. Pastikan Anda memasukkan kode voucher sesuai yang didapatkan
2. Tidak menyisipkan spasi di awal atau di akhir kode
3. Re-login dan coba reedem kembali

Jika Anda sudah melakukan 3 cara di atas namun masih tidak berhasil, Anda dapat menghubungi [email protected] dengan mengirimkan bukti transaksi dan screenshoot pesan eror yang diterima.

Apa yang terjadi jika pembelian top-up atau voucher games saya gagal?

Jika pembelian top-up atau voucher games gagal, saldo akan dikembalikan ke dompet Whiz Anda. Jika dalam 2×24 jam kerja saldo tidak diterima, hubungi [email protected], kami akan segera membantu Anda.

Game yang ingin saya top-up tidak tersedia di Whiz

Anda bisa email ke [email protected] dengan memberitahukan games apa yang Anda inginkan. Kami akan coba menghadirkan games keinginan Anda.

Apa itu fitur Split Bill?

Split Bill merupakan fitur untuk membagi total pembayaran yang sudah Anda lakukan bersama teman dan meminta mereka untuk membayar bagian mereka kepada Anda.

Bagaimana cara membagi tagihan melalui Split Bill?

Anda dapat menggunakan Split Bill melalui tiga cara –
1. Melalui struk transaksi berhasil, klik ‘Split Bill Transaksi Ini’
2. Melalui ikon ‘Permintaan Split Bill’ di Homepage
3. Melalui fitur Permintaan, klik ‘Permintaan, kemudian klik ‘Ajukan Permintaan dengan Split Bill’. Isi jumlah nominal yang ingin dibagi.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah selanjunya –
1. Scan Split Bill atau Split Bill secara manual
2. Tambah teman untuk Split Bill
3. Akan muncul hasil pembagian tagihan, Klik ‘Konfirmasi Split Bill’
4. Permintaan tagihan terkirim

Catatan: Saat ini, Anda hanya bisa menambahkan teman yang sudah menggunakan Whiz untuk membagi tagihan.

Mengapa saya tidak bisa mengubah total nominal tagihan?

Saat Anda melakukan Split Bill dari struk transaksi, maka jumlah tagihan akan terkunci.
Untuk melakukan Split Bill dengan jumlah yang berbeda, Anda dapat melakukannya melalui ikon ‘Permintaan Split Bill’ di homepage atau melalui halaman ‘Permintaan’ dan masukkan jumlah yang diinginkan

Ketika saya mencari nomor teman saya, nomornya tidak muncul

Saat ini fitur Split Bill hanya bisa digunakan untuk pengguna Whiz. Pastikan teman Anda sudah mendaftarkan nomornya di Whiz.

Bisakah kami menggunakan Split Bill, tetapi total tagihan tidak dibagi rata?

Ya, Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin membagi tagihan: membagi total biaya secara merata untuk setiap orang atau membagi jumlah yang berbeda untuk setiap orang. Jika Anda memilih untuk membagi secara berbeda, masukkan jumlah yang harus dibayar untuk setiap orang.

Ketika nominal seseorang diubah, maka nominal orang lain yang tidak berubah akan dibagi rata.

Bisakah saya menghapus diri saya sendiri dari Split Bill?

Tidak, tapi total pembayaran bisa dibagikan kepada teman-teman Anda sehingga nominal yang harus Anda bayar menjadi nol.

Bagaimana cara membatalkan permintaan Split Bill?

Anda dapat menemukan riwayat permintaan keluar melalui fitur ‘Permintaan’.
1. Klik ikon ‘Permintaan’
2. Pilih halaman ‘Keluar’
3. Pilih dan tekan permintaan yang ingin dihapus
4. Klik ‘Hapus’

Bagaimana cara saya mengirim uang apabila saya menerima permintaan Split Bill?

Akan muncul notifikasi permintaan uang, klik notifikasi tersebut atau ikuti langkah berikut.
1. Klik ikon ‘Permintaan’ pada menu homepage
2. Pilih halaman ‘Masuk’
3. Pilih permintaan yang ingin dibayar
4. Klik ‘Penuhi Permintaan’
5. Periksa detail di halaman Transfer, klik ‘Konfirmasi’ dan selesaikan transaksi Anda
6. Setelah selesai, Anda akan melihat bukti transfer berhasil

Catatan: Pastikan Anda telah mengupgrade akun Whiz Anda menjadi Whiz Verified, karena transfer saldo hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang sudah mengupgrade akun.

Teman saya mengaku sudah membayar, tetapi saya masih melihat namanya di permintaan keluar saya.

Pembayaran mungkin sudah dilakukan menggunakan fitur Transfer, harap periksa apakah terdapat transfer yang masuk dengan nominal yang ditagihkan.
Jika pembayaran selesai, permintaan keluar dapat dibatalkan. Lihat pertanyaan “Bagaimana cara membatalkan permintaan Split Bill?” untuk membatalkan permintaan.

Apa itu Tugas?

Fitur Tugas adalah sebuah daftar berisi tugas yang dapat dibuat secara custom, dimana dapat diberikan imbalan jika diselesaikan.

Siapa yang bisa membuat Tugas baru?

Orang Tua yang telah menghubungkan akunnya dengan akun Anak Muda.

Bagaimana cara membuat Tugas baru?

Menggunakan akun Orang Tua dalam aplikasi Whiz,
1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Klik tombol ‘Buat Tugas’
3. Isi detail tugas, reward (jika ada), masa berlaku dan centang nama Anak Muda yang telah terhubung untuk diberikan tugas
4. Klik tombol ‘Buat Tugas’

Sebagai anak, apa yang harus saya lakukan ketika telah selesai mengerjakan tugas?

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Pada ‘List Tugas Aktif’, cari kartu tugas yang telah diselesaikan, klik tombol ‘Tugas Sudah Selesai’
3. Status kartu akan berubah menjadi pending approval. Dan ketika disetujui oleh Orang Tua, reward akan secara otomatis ditransfer/tercatat

Sebagai orang tua, apa yang harus saya lakukan ketika anak saya telah menyelesaikan tugas?

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Dalam widget ‘Menunggu Persetujuan’, akan terlihat seluruh tugas yang telah selesai
3. Verifikasi tugas dengan melakukan klik pada ‘Setujui Tugas’ atau apabila tugas belum selesai, klik ‘Tolak Tugas’

Skenario 1 –
4. Jika ‘Setujui Tugas’ dipilih, tugas yang memiliki reward berupa saldo, Anda akan diarahkan ke halaman ‘Transfer’
5. Klik ‘Konfirmasi’ dan otorisasi transaksi menggunakan PIN untuk melakukan transfer saldo ke Anak Muda

Skenario 2 –
4. Jika ‘Setujui Tugas’ dipilih, tugas yang memiliki reward bukan berupa saldo, reward akan otomatmis tercatat

Skenario 3 –
4. Jika ‘Tolak Tugas’ dipilih, tugas tersebut akan kembali ke daftar tugas aktif pada aplikasi Orang tua dan Anak Muda

Sebagai anak, dimana saya dapat melihat seluruh daftar tugas?

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Anda dapat melihat seluruh tugas pada ‘List Tugas Aktif’

Sebagai orang tua, dimana saya dapat melihat seluruh daftar tugas?

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Klik tombol ‘Cek Detail Semua Tugas’

Siapa yang dapat mengubah atau menghapus List Tugas Aktif?

Orang Tua.

Bagaimana cara mengubah atau menghapus List Tugas Aktif?

1. Klik ikon ‘Tugas’
2. Klik tombol ‘Cek Detail Semua Tugas’
3. Pilih tugas yang ingin diubah dan klik pada ikon ‘pensil’ atau ikon ‘tempat sampah’ untuk tugas yang ingin dihapus

Bagaimana cara mengatur Uang Saku?

1. Klik ikon ‘Info Uang Saku’ di berAnda
2. Klik ‘Buat Jadwal Uang Saku’
3. Masukkan judul, jumlah, jadwal uang saku, periode pengulangan, dan tujuan. Centang kotak ‘Transfer Uang Saku Secara Otomatis’ jika Anda ingin saldo ditransfer dari saldo dompet Anda ke penerima secara langsung berdasarkan jadwal.
4. Setelah selesai, klik tombol ‘Atur Uang Saku’ dan klik ‘Konfirmasi’ untuk transfer otomatis.

Jika saya menerima notifikasi pemberian Uang Saku, apakah Uang Saku akan secara otomatis ditransfer ke akun anak?

Tidak. Anda tetap perlu memenuhi langkah-langkah transfer berikut –
1. Klik notifikasi pengingat uang saku
2. Pastikan tujuan, jumlah dan kategori transfer, klik tombol ‘Konfirmasi’
3. Otorisasi transaksi dengan PIN Anda dan terima bukti transfer

Apa yang terjadi jika saya tidak memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transfer Uang Saku? Apakah saya akan menerima reminder selanjutnya?

Tidak. Namun Anda tetap dapat melihat pengaturan Uang Saku yang telah Anda buat.

Apa yang terjadi saat orang tua tidak memiliki cukup uang untuk mengirim uang saku kepada semua anak yang dipilih?

Tidak ada uang saku yang akan dikirim ke salah satu anak. Orang tua harus secara manual mengirim uang saku kepada semua anak untuk periode tersebut.

Bagaimana cara mengubah uang saku dari transfer otomatis ke transfer manual (hanya reminder)? Atau dari transfer manual ke transfer otomatis?

Menggunakan akun orang tua,
1. Klik ikon ‘Uang Saku’
2. Di bawah bagian ‘reminder uang saku’, klik tombol ‘Edit’
3. Untuk membuat transfer uang saku otomatis, centang kotak “Transfer uang saku secara Otomatis”, dan untuk mentransfer uang saku secara manual, hapus centang pada kotak. Klik ‘Simpan’

Bagaimana cara mengirim nominal yang berbeda untuk setiap anak?

Untuk saat ini Anda tidak bisa mengirim nominal yang berbeda dalam satu Uang Saku. Anda bisa melakukannya dengan membuat Uang Saku secara terpisah.

  1. Klik ikon ‘Tugas’
  2. Pada ‘Daftar Tugas Aktif’, cari kartu tugas yang telah diselesaikan, klik tombol ‘Tugas Sudah Selesai’
  3. Status kartu akan berubah menjadi pending approval. Dan ketika disetujui oleh Orang Tua, reward akan secara otomatis ditransfer/tercatat